Ini Ciri Perkutut Lurah Asli! Kung Mania Wajib Tau

Rajakicau.com – Salah satu Perkutut yang banyak digemari karena memiliki sebuah cerita mitos adalah Perkutut Lurah. Burung ini bisa dikenali dari beberapa ciri Perkutut Lurah asli yang ditemui di tubuhnya. Artikel ini akan membahas selengkapnya tentang Perkutut Lurah. Baca Juga: Ini Arti Mimpi Menangkap Burung Perkutut dengan Tangan!

Mitos Burung Perkutut Lurah

Di kalangan pecinta burung Perkutut, Perkutut Lurah bisa dikatakan memiliki kasta yang tinggi. Hal ini dikarenakan Perkutut Lurah memiliki bulu dengan corak yang bagus. Banyak peminat burung Perkutut yang rela merogoh kocek untuk burung ini. Baca Juga: Ini 5 Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus! Kungmania Wajib Tau

Burung Perkutut Lurah bisa dikenali dari bulu dadanya. Warnanya lebih mencolok dan terang dibandingkan burung Perkutut lainnya. Motif bulunya juga unik, terlihat seperti sisik ular dan terlihat semakin mencolok pada area bulu yang warnanya terang.

Selain itu, ada cerita dibalik nama Perkutut Lurah. Burung Perkutut jenis ini tidak pernah mencari makan sendiri di tanah dan hanya akan menunggu di sarangnya. Berbeda dengan burung Perkutut jenis lainnya akan mencarikan dan membawakan makanan. Baca Juga: Ini 5 Ciri Perkutut Berkhodam! No 3 Sering Gasadar

Burung Perkutut Lurah Filosofi ini membuat Perkutut ini disebut dengan nama burung Perkutut Lurah, yaitu karena sifatnya yang dilayani seperti pejabat atau bangsawan. Perkutut dari jenis lainnya menjadi seperti bawahan atau pesuruh yang melayani para Perkutut Lurah.

Selain itu, burung Perkutut Lurah juga memiliki mitos dari filosofi yang dimiliki namanya. Banyak orang yang memelihara burung ini sebagai Katuranggan atau pembawa keberuntungan. Karena kehidupan burung ini yang seperti bangsawan, kehidupan pemiliknya akan menyerupainya.

Baca Juga  5 Jenis Burung Perkutut Pembawa Rejeki Bagi Pemiliknya

Jenis dan Ciri-ciri Burung Perkutut Lurah

Ternyata burung Perkutut yang tergolong dalam Perkutut Lurah tidak hanya ada satu saja. Perkutut Lurah memiliki beberapa jenis yang memiliki beberapa perbedaan juga. Mari simak beberapa jenis dan ciri Perkutut Lurah asli pada pembahasan berikut ini:

1. Perkutut Lurah Putih

Yang pertama, Perkutut Lurah yang dikenal dengan Perkutut putih. Dari semua burung Perkutut sultan, yang satu ini sulit didapat. Bukan hanya nama saja, pada zaman kerajaan dulu, Perkutut putih ini menjadi peliharaan kesukaan para raja dan bangsawan.

Seperti namanya, burung ini memiliki sekujur tubuh berwarna putih bersih. Paruhnya mudah dikenali dengan warna abu-abu dan sedikit aksen kemerahan. Matanya berwarna merah mencolok sedang kukunya sangat unik, warnanya putih menyerupai bulunya.

2. Perkutut Songgo Ratu

Kedua, Perkutut Lurah yang dinamakan Perkutut Songgo Ratu. Jambul di kepalanya yang terlihat seperti mahkota membuatnya disebut seperti itu. Burung ini suka menyendiri dan berada di tempat yang lebih tinggi dari Perkutut lain, persis seperti seorang ratu.

Perkutut Songgo Ratu bisa dikenali dari bulunya yang agak kehitam-hitaman. Selaras dengan bulunya, paruh dan kukunya berwarna hitam juga. Kemudian tak ketinggalan, jambul mahkotanya yang berwarna putih, membuat Perkutut lain tunduk padanya.

3. Perkutut Hitam

Selanjutnya adalah Perkutut Lurah dengan nama Perkutut hitam. Kebalikan dari Perkutut putih, seluruh tubuh Perkutut hitam berwarna hitam dan mengkilap. Bahkan kuku dan paruhnya ikut serta melengkapi nama Perkutut hitam ini.

Bukan raja melainkan para pejabat yang suka memelihara Perkutut ini. Orang-orang memelihara rajanya Perkutut ini karena konon katanya, Perkutut hitam bisa mendatangkan rezeki. Rezeki berlimpah akan mengalir ke pemilik burung Perkutut hitam ini.

Baca Juga  5 Cara Menjinakan Burung Perkutut! Mudah Kungmania Wajib Coba

4. Perkutut Sri Mangepel

Yang terakhir adalah Perkutut Sri Mangepel. Perkutut ini punya bulu yang berwarna putih. Namun bukan putih polos melainkan putih dengan corak hitam. Sedangkan paruh dan kuku jari kakinya berwarna putih selaras dengan bulunya. Matanya hitam legam dan bulat.

Jika Perkutut lain disukai oleh para raja, bangsawan, dan pejabat, Perkutut Sri Mangepel ini lebih disukai oleh masyarakat pekerja seperti petani. Hal ini dikarenakan mitos Perkutut Sri Mangepel ini bisa membawa kesehatan dan membuat cita-cita seseorang jadi terwujud.

Nah itu dia sekilas pembahasan ciri Perkutut Lurah asli, mitos yang dimiliki, dan jenis-jenis Perkutut Lurah. Dari ceritanya, banyak orang yang memelihara Perkutut ini untuk menjadi peruntungan. Namun di luar itu, Perkutut Lurah memiliki sisi keindahan juga tentunya.

 

Tinggalkan komentar