Ini 5 Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus! Kungmania Wajib Tau

Rajakicau.com – Sebagian orang ingin memiliki perkutut karena mudah dipelihara, tetapi tidak jarang dulunya dikaitkan dengan kepercayaan akan membawa keberuntungan. Baca Juga: Ini Ciri Perkutut Lurah Asli! Kung Mania Wajib Tau

Di balik alasan apa pun, seseorang perlu memahami ciri ciri perkutut lokal yang bagus agar tidak salah pilih.

Diketahui bahwa kualitas perkutut dapat dinilai dari ciri yang ada pada bentuk fisik sampai dengan corak warna bulu. Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang seperti apa ciri tersebut, tidak ada salahnya simak uraian berikut ini: Baca Juga: Ini 7 Cara Memilih Perkutut Katuranggan! Kungmania Wajib Tau

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus

Bentuk Fisik Perkutut

Perkutut merupakan salah satu hewan endemik di Indonesia yang sering dipelihara dan dilibatkan dalam kontes kicauan merdu. Dalam menentukan jenis perkutut lokal yang bagus, ada beberapa ciri dari bentuk fisik yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Kepala Besar

Sebagian orang beranggapan bahwa bentuk kepala perkutut lokal yang bagus untuk dipelihara adalah yang memiliki bentuk besar. Hal ini dianggap berbanding lurus dengan ukuran otak yang juga besar sehingga dikaitkan pada kepintaran perkutut untuk dilatih.

  • Paruh Panjang

Tidak jarang seseorang memiliki perkutut tidak hanya untuk peliharaan di rumah tetapi juga untuk diikutkan dalam suatu kontes suara. Biasanya, bentuk paruh yang panjang bisa menjadi indikator bahwa perkutut tersebut cenderung rajin mengeluarkan bunyi.

  • Mata Lebar

Ciri lain yang dapat terlihat dari perkutut ialah bola mata bulat dan tampak lebar yang mendukungnya melihat keadaan sekeliling. Dengan sorotan mata yang tajam sehingga memudahkan perkutut ketika sedang mengamati mangsa di tempat terbuka.

  • Badan Gagah

Secara umum, bentuk badan perkutut yang bagus dapat dilihat dari dada membusung sebagai tanda kemampuan pernapasan yang bagus. Walau tidak terlalu besar, tetapi bagian punggung tampak menonjol yang menunjukkan postur dan ketahanan tubuh yang baik.

  • Ekor Panjang
Baca Juga  Cara Menayuh Perkutut Agar Bisa Diketahui Yoninya (Khodam)

Tidak sedikit juga yang percaya bahwa ekor perkutut yang panjang dinilai sebagai jenis perkutut lokal yang berkualitas bagus. Bahkan ada juga yang dikaitkan dengan hal berbau mitos bila ekor panjangciri perkutut memiliki jumlah ganjil.

Ciri Perkutut dari Warna Bagian Tubuh

Selain bentuk fisik, seseorang juga dapat melihat ciri ciri perkutut lokal yang bagus dari corak warna pada bagian tubuh tertentu. Sebab warna bulu di bagian tubuh juga bisa menentukan kondisi perkutut yang sehat, simak berikut ini:

  • Motif Leher. Ciri perkutut lokal tidak hanya bentuk lehernya yang pendek tetapi juga memiliki motif garis hitam yang cukup rapat. Motif garis ini terbentuk secara penuh mengelilingi seluruh bagian leher dari depan dan belakang.
  • Pupur Wajah. Pupur adalah bagian bulu yang berada di bagian atas paruh hingga ke area sekitar mata burung perkutut. Corak yang terdapat pada bagian pupur perkutut yang bagus adalah memiliki warna abu-abu.
  • Corak Badan. Secara umum, corak pada bagian badan sedikit abu-abu berangsur ke cokelat, semakin gelap dari punggung sampai ekor. Dipadu dengan adanya motif garis yang tegas di sekitar bagian dada bahkan sampai ke perut secara horizontal.
  • Warna Kaki. Tidak hanya memiliki bentuk kaki yang pendek, tetapi juga dihiasi dengan warna yang berbeda dari bagian tubuh lainnya. Perkutut lokal yang bagus memiliki kaki berwarna merah campur kehitaman atau keunguan, serta adanya garis putih membentuk ruas-ruas.

Itulah penjelasan singkat tentang ciri ciri perkutut lokal yang bagus, baik dari bentuk fisik maupun corak warna di tubuhnya. Di kemudian hari seseorang tidak lagi kesulitan untuk menentukan pilihan pada perkutut yang ingin dipelihara di rumah.

Baca Juga  7 Arti Burung Perkutut Masuk Rumah! No 5 Bikin Merinding

Tinggalkan komentar