Daftar Manfaat Ulat Hongkong untuk Cucak Ijo

Rajakicau.com – Sebagai burung yang diperlombakan karena kemerduan suaranya, banyak cara yang dilakukan pemilik burung agar cucak ijo nya menang dalam pertandingan. Berikut Daftar Manfaat Ulat Hongkong untuk Cucak Ijo.

Selain dengan latihan, pemberian makanan tambahan yang bisa meningkatkan kualitas suara juga dilakukan. Diantara makanan tambahan yang diberikan adalah ulat hongkong dengan beragam manfaatnya. Adapun daftar manfaat ulat hongkong untuk cucak ijo adalah sebagai berikut.

Manfaat Ulat Hongkong untuk Cucak Ijo

Daftar Manfaat Ulat Hongkong untuk Cucak Ijo
Ulat Hongkong

Meningkatkan Kualitas Suara Agar Gacor

Burung cucak ijo adalah burung semi petarung. Burung ini akan mengeluarkan suaranya apabila emosinya naik yang berakibat pada peningkatan hormon adrenalinnya. Burung ini juga pandai sekali menirukan suara burung lain. Hal ini yang akhirnya menjadikan burung ini dijadikan burung aduan dengan menilai kualitas suaranya yang paling bagus dan gacor sebagai pemenang.

Untuk dapat menghasilkan burung yang mempunyai suara bagus dan gacor tidaklah mudah. Memerlukan latihan yang lama dan terus menerus. Faktor makanan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan. Untuk itu, para pemelihara burung cucak ijo biasanya memberikan makanan tambahan diantaranya berupa ulat hongkong.

Ulat hongkong kaya akan protein yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel burung juga bermanfaat untuk atasi cucak ijo macet bunyi. Selain sebagai asupan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan sel, kandungan protein dalam ulat hongkong juga bisa meningkatkan kualitas suara burung cucak ijo. Dengan sering diberikan ulat hongkong, burung akan rajin mengeluarkan suara / mengoceh, dan suaranya pun bagus dan nyaring.

Baca Juga  6 Manfaat Ulat Jerman Untuk Murai! No 4 JOSS

Meningkatkan Stamina

Ulat hongkong merupakan makanan tambahan yang mengandung protein hewani. Protein hewani sangat bagus untuk meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan burung. Apabila burung cucak ijo rutin diberikan makanan tambahan berupa ulat hongkong, burung akan kelihatan ceria, sehat dan bersemangat. Burung yang sehat dan ceria dapat dilihat dari gerakannya yang lincah dan energik.

Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melawan penyakit / kuman yang menyerang tubuh. Daya tahan tubuh ini sangat dipengaruhi oleh faktor makanan yang dikonsumsi atau yang masuk ke dalam tubuh. Bila makanan yang dikonsumsi sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh, maka daya tubuh akan bagus. Demikian juga sebaliknya yang terjadi.

Memberikan makanan yang cukup bergizi dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bagi burung cucak ijo, akan mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Manfaat ulat hongkong untuk cucak ijo diantaranya bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Memberikan makanan tambahan ini dengan teratur akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh burung cucak ijo.

Penghangat Tubuh

Selain sebagai sumber nutrisi, ulat hongkong juga bisa menjadi makanan tambahan yang bisa menghangatkan tubuh burung cucak ijo. Karenanya, memberikan makanan tambahan cucak ijo berupa ulat hongkong penting, terutama disaat musim dingin. Dengan memberikan makanan ini, burung akan terjaga kehangatan suhu tubuhnya, sehingga burung tidak akan mudah sakit.

Meningkatkan Birahi Cucak Ijo

Bagi burung yang sudah cukup umur dan waktunya untuk kawin, maka hendaknya burung cucak ijo segera dicarikan pasangannya. Masa kawin burung dapat dilihat dari gerak gerik burung pejantan yang berusaha menarik lawan jenisnya dengan gerakan-gerakan tertentu.

Tetapi terkadang ada burung yang sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda birahi meskipun sudah cukup umurnya. Hal ini tentu saja akan merugikan pemiliknya. Bila hal ini terjadi, maka burung juga tidak akan cepat berkebang biak. Disamping itu, keadaan dimana burung tidak menunjukkan birahinya akan berpengaruh pada kualitas suaranya.

Baca Juga  7 Jamu Perkutut Agar Gacor dan Siap Manggung Seharian

Gaya ngontrek atau gaya burung memamerkan keindahan suaranya sesungguhnya merupakan gejala alami yang terjadi apabila emosi burung dalam keadaan naik. Demikian juga saat burung salam masa birahi / masa kawin, emosi burung juga naik yang akan membuat burung cucak ijo memamerkan suaranya dengan ngontrek.

Oleh karena itu, keadaan dimana burung tidak menunjukkan gejala birahi meski sudah waktunya, akan berpengaruh pada kualitas suaranya. Memberikan ulat hongkong bisa dijadikan solusi untuk mengarasi hal ini. Karena ulat hongkong bisa meningkatkan kualitas suara dari burung cucak ijo. Apabila cucak ijo bisa meningkatkan birahinya, maka kualitas suaranya juga akan meningkat.

Memenuhi kebutuhan nutrisi memang harus dilakukan apabila menghendaki burung cucak ijo yang sehat dan memiliki suara yang bagus. Memberikan ulat hongkong bisa menjadi alternatif mengingat begitu banyak manfaat ulat hongkong untuk cucak ijo. Semoga apa yang sudah diuraikan ini bermanfaat dan menjadi referensi penting bagi Anda.