Ini 5 Manfaat Daun Ginseng Untuk Pakan Burung Murai Batu! No 4 Bikin Gacor Saat Lomba

Rajakicau.com – Burung Murai Batu atau burung kicauan hanya memakan makanan yang berasal dari hewani. Meskipun begitu Murai Batu juga suka memakan daun ginseng. Apa manfaat daun ginseng untuk pakan burung murai batu?

Daun ginseng mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk tetap menjaga stamina supaya kuat saat tampil di perlombaan. Oleh sebab itu, kami akan mengulas manfaat daun ginseng untuk pakan burung murai sebagai berikut.

Daun ginseng selain sebagai obat untuk mengatasi penyakit pada manusia, daun ini memiliki kandungan zat aktif yang dapat meningkatkan vitalitas pada Murai Batu. Apa sajakah manfaatnya, mari kita simak!

Daftar Manfaat Daun Ginseng Untuk Murai Batu

  1. Dapat meningkatkan daya tahan atau stamina pada burung.
  2. Birahi pada burung lebih stabil.
  3. Dapat meningkatkan energi sehingga burung akan menjadi sehat dan lebih aktif tentunya.
  4. Burung akan jauh lebih aktif.
  5. Dapat mengobati rasa stres burung kicauan.
  6. Daun ginseng mampu mengembalikan stamina pada burung yang telah drop, lesu dan letih.
  7. Meningkatkan power atau kekuatan pada burung saat lomba.
  8. Burung tidak akan mudah lelah.
  9. Ginseng dapat menghangatkan suhu tubuh pada burung bahkan saat musim dingin tiba.
  10. Sangat bagus untuk burung indukan yang sedang mengerami telur maupun yang masih dalam tahap mengeloloh anaknya.

Murai Batu biasanya memakan sayuran bisa melalui sebuah perantara jangkrik, namun sebaiknya memberi makan sayuran pada Murai Batu langsung dari tumbuhannya.

Burung jenis ini tidak semuanya menyukai makanan sayuran, tetapi jika diterapkan untuk menambah menu makannya, maka akan jadi kebiasaan dan tentunya Murai Batu akan suka makan sayur-sayuran.

Dalam pemberian daun ginseng untuk pakan burung, bisa dilihat dari alternatif caranya yang mudah dilakukan di rumah meliputi beberapa tahap.

Cara Pemberian Daun Ginseng Untuk Murai Batu Atau Burung Kicauan

  1. Daun ginseng bisa diberikan pada burung secara langsung dalam lembaran yang masih utuh.
  2. Cara lebih mudah yaitu dengan menggantungkan daun ginseng pada dinding sangkar.
  3. Daun ginseng diberikan ke burung setelah dipotong kecil-kecil.
  4. Bisa juga pemberian daun ginseng dikemas dalam bentuk makanan untuk jangkrik, lalu jangkrik tersebut akan dikonsumsi oleh Murai Batu.
  5. Adapun cara lainnya dengan penyajian daun ginseng diolah ke bentuk tepung kemudian dicampur menggunakan voer. Maka Murai Batu akan lebih menyukai daun ginseng.

Selain daun ginseng, daun lain yang dapat diberikan untuk jenis burung kicau meliputi daun singkong, daun binahong, dan lain-lain. Namun yang lebih mudah dicari ialah daun ginseng. Usahakan pemberian daun ginseng dengan waktu yang tepat, sehingga Murai Batu akan pulih dengan cepat dari rasa kelelahannya.

Waktu Yang Tepat Pemberian Daun Ginseng Untuk Murai Batu

Dalam pemberian daun ginseng pada burung sebenarnya waktu yang tepat adalah fleksibel atau bisa memberikan kapan saja, asalkan porsi daun ginseng hanya 1 lembar saja.

Akan tetapi jika ingin lebih baik dalam pemberian daun ginseng, maka disarankan setelah Murai Batu telah mengikuti ajang lomba, maupun setelah selesai dari perjalanan jauh dan ketika cuaca sedang dingin.

Dari artikel ini dapat menjadikan informasi sehingga Anda dapat mengetahui manfaat daun ginseng untuk pakan burung yang sedang dipelihara. Namun untuk aktif maupun tidaknya burung tersebut tergantung cara Anda merawatnya.

Merawat Murai Batu sangatlah mudah bahkan menyenangkan, karena burung ini merupakan burung yang dapat berkicau dengan cerdas dan mudah untuk bersosialisasi dan bahkan salah satu burung yang gampang jinak. Baca Juga: INI 7 Efek Ulat Hongkong Untuk Murai Batu

Jika dilihat dari jenisnya, Burung Murai Batu memiliki suara merdu bahkan bervariasi dan jenis yang banyak ditemukan di Indonesia misalnya, jenis Burung Murai Batu Medan, Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Jambi, Burung Murai Batu Lahat dan Burung Murai Batu Kalimantan.

Burung yang banyak dicari dengan ragam warna identik hitam dan orange dapat menjadi pilihan untuk Anda yang akan memelihara burung sebagai teman ataupun untuk mengikuti komunitas perlombaan burung. Dengan mendengar suara kicau burung ini dapat menjadikan suasana Anda menjadi nyaman. semoga segala informasi yang telah kami sajikan bermanfaat.