Jenis Ramuan untuk Cucak Ijo Biar Gacor

Rajakicau.com – Cucak ijo, burung yang terkenal dengan suara merdunya ini menjadi favorit pecinta burung untuk dipelihara. Bagaimana agar burung cucak ijo bisa menjadi sehat dan menang dalam perlombaan, adalah dengan memberikan ramuan khusus. Berikut ini jenis ramuan untuk cucak ijo yang bisa membuat burung cucak ijo peliharaan jadi sehat dan menang di perlombaan.

Jenis Ramuan untuk Cucak Ijo Biar Gacor

Ramuan untuk Cucak Ijo
Ramuan untuk Cucak Ijo

Ramuan Jamu Gendong

Seperti halnya manusia, burung juga membutuhkan ramuan dari bahan tradisional untuk menjaga stamina dan meningkatkan kualitas suara. Baca Juga: Makanan Burung Cucak Ijo

Sebagaimana diketahui, burung cucak ijo merupakan jenis burung yang biasa diperlombakan karena kemerduan suaranya. Ramuan jamu gendong berguna untuk menjaga stamina dan juga meningkatkan kualitas suaranya agar bisa gacor dan menang di perlombaan.

Adapun bahan dari ramuan jamu gendong adalah 1 potong asam jawa dan 1 potong kecil gula merah yang dimasukkan dalam air yang sudah direbus mendidih. Kemudian diaduk hingga larut dan selanjutnya disaring. Pemberian jamu gendong ini cukup 2 kali seminggu dengan cara diberikan langsung dengan cara diminumkan atau ditambahkan pada makanan tambahan.

Ramuan untuk Burung Yang Bersuara Serak

Burung cucak ijo bisa juga mengalami serak pada suaranya. Hal ini sangat fatal, karena burung ini diperlihara untuk diperlombakan suaranya.

Suara serak pada burung bisa disebabkan masalah pada tenggorokannya. Hal ini bisa disembuhkan dengan cara memberikan ramuan yang terbuat dari teh yang tidak terlalu manis dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Ramuan ini bisa diberikan 2 kali seminggu.

Ramuan Madu

Ramuan madu mempunyai fungsi sama dengan ramuan jamu gendong, yaitu jenis ramuan untuk cucak ijo yang berguna untuk meningkatkan stamina burung dan juga membuat suara burung menjadi gacor.

Ramuan madu ini bisa diberikan dengan cara mencampurkan madu pada minuman burung. Atau bisa juga dengan cara mengoleskan madu pada buah pisang yang menjadi makanan burung cucak ijo.

Ramuan Rempah-rempah

Ramuan rempah-rempah ini terbuat dari bahan tradisional yang terdiri dari jahe, kunyit, dan kencur masing-masing satu ruas.

Ketiga bahan tersebut diparut halus dan ditambahkan air sedikit, lalu diambil airnya. Biasanya burung tidak mau minum ramuan ini, dan bisa disiasati dengan cara memberikan ramuan ini setelah burung dijemur. Pada kondsi haus, biasanya burung mau meminumnya.

Ramuan dari Bahan Alami Dan Hewani

Seperti namanya, ramuan ini terbuat dari bahan alami berupa 1 buah apel merah dan bahan hewani berupa 1 putih telur dan 2 sendok makan kroto.

Ketiga bahan ini dihaluskan dan dicampur jadi satu, lalu dimasukkan dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam kulkas. Pemberian ramuan ini cukup diberikan 1 sendok teh saja yang berguna untuk menjaga stamina dan kesehatan burung, dan juga meningkatkan kualitas suaranya agar lebih gacor.

Memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam memelihara burung yang diambil suaranya untuk diperlombakan. Kesehatan burung menjadi prioritas selain melatih burung agar bisa menang diperlombaan.

Beberapa jenis ramuan untuk cucak ijo yang telah diuraikan di atas bisa menjadi pilihan Anda agar burung cucak ijo peliharaan bisa sehat dan memiliki suara gacor serta menang di perlombaan. Selamat mencoba!