7 Makanan Burung Pijantung Agar Sehat dan Gacor

Rajakicau.com – Kini semakin banyak sekali jenis burung yang diminati oleh para pecinta burung, salah satunya adalah burung pijantung, apa saja sih makanan burung pijantung ini, yuk ketahui.

Burung pijantung adalah burung dari keluarga nectariniidae, seperti namanya burung ini merupakan pemakan nektar.

Banyak yang sering salah dalam memahami burung pemakan burung hanyalah kolibri, tentu salah karena pijantung berbeda dengan kolibri, baik dari karakteristik hingga fisik kedua burung ini sangat berbeda. Baca Juga: Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Ngeplong

Burung pijantung adalah burung pemakan nektar terbesar, memiliki ukuran tubuh dengan panjang 20 cm dan berat 50 gr.

Pijantung mempunyai jenis paruh panjang serta melengkung berwarna hitam disertai tubuh yang besar dan sedikit gemuk. Warna bulu burung pijantung adalah hijau tua, pada bagian dada terdapat warna abu-abu.

Selain nektar pijantung juga memangsa serangga serangga kecil seperti laba-laba, maka dari itu burung ini sering disebut sebagai spiderhunter.

Makanan Burung Pijantung Agar Gacor

Makanan Burung Pijantung Agar Sehat dan Gacor
Makanan Burung Pijantung Agar Sehat dan Gacor

Bagi kamu yang sudah memelihara atau ingin merawat burung pijantung ini sebagai tambahan peliharaan dirumah, maka perlu diketahui apa saja jenis makanan yang disukai oleh burung ini, simak ulasannya.

Makanan Di Habitat Asli

Burung pijantung masuk kedalam jenis burung omnivora, karena selain memakan nektar, burung ini memakan berbagai jenis serangga seperti laba-laba, kupu-kupu, hingga semut. 

Maka kamu bisa memberikan pakan serangga seperti kroto atau ulat sebagai extra fooding dan variasi makanannya. Di alam liar, pijantung memakan nektar dari pohon kelapa dan sari-sari bunga.

Makanan Racikan Agar Gacor

Bagi kamu yang masih awam dalam memelihara burung pijantung maka perlu diketahui pakan harian yang baik, sehat, dan tentunya aman serta bisa membuat burung lebih gacor dalam berkicau.

Sebagaimana yang sudah dibahas, makanan utama dari burung pijantung adalah nektar, akan tetapi burung kurang menyukai jenis nektar yang didapatkan dari pasaran yang merupakan nektar instan.

Hal ini karena nektar instan biasanya mengandung pengawet, hal ini yang membuat nektar siap saji kurang disukai oleh burung.

Solusi dari masalah tersebut adalah membuat racikan dengan bahan yang baik dan aman agar burung selalu sehat.

Cara membuat pakan utama dari burung pijantung adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 botol sirup merah atau cocopandan.
  • Siapkan juga 1 kaleng creamer kental manis.
  • Jangan lupa juga siapkan madu.
  • Dan tidak boleh tertinggal 2 butir kuning telur sebagai asupan vitamin.
  • Mangkok atau baskom.
  • Botol.

Setelah bahan-bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah meracik bahan tersebut untuk dijadikan makanan bagi burung pijantung, berikut caranya:

  • Campurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan menjadi satu kedalam baskom atau mangkok.
  • Aduk bahan hingga rata tanpa ditambah air, karena membuat adonan pakan menjadi cair.
  • Setelah tercampur rata, siapkan botol bersih, dan masukan racikan tersebut kedalam botol kemudian tutup dengan rapat.
  • Makanan sudah bisa disajikan pada burung.
  • Karena racikan terbuat cukup banyak, maka bisa digunakan kurang lebih hingga 1 bulan, maka sebaiknya simpan di tempat yang sejuk (lebih baik lagi simpan dalam kulkas).
  • Pastikan racikan makanan sudah tertutup rapat pada botol agar racikan pakan tidak rusak dan dapat membuat kesehatan burung terganggu.

Racikan tersebut juga bisa diberikan pada burung-burung pemakan nektar lainnya seperti burung kolibri. Baca Juga:  Makanan Burung Gagak Paling Disukai

Jadi seperti itu informasi mengenai makanan burung pijantung yang mana bisa menambah wawasan pengetahuan. Semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar