5 Manfaat Cacing Untuk Murai Batu

Rajakicau.com – Pemberian pakan yang tepat sangat penting untuk perkembangan dan pemeliharaan murai batu. Salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi murai batu adalah cacing. Lalu, apa saja manfaat cacing untuk murai batu ini? Ini ulasan mengenai daftar manfaatnya. Baca Juga: Mengenal Manfaat Daun Gingseng Untuk Murai Batu

Manfaat Cacing Untuk Murai Batu

Memperindah Bulu Murai Batu

Manfaat yang pertama dari cacing adalah menjaga keindahan bulu murai batu. Perawatan murai batu memang tidak bisa dianggap mudah. Kesalahan dalam memeliharanya bisa membuat bulu murai batu menjadi rusak dan kasar.

manfaat cacing untuk murai batu

Merawat murai batu dapat dilakukan dengan pemberian pakan cacing tanah. Pakan ini dapat membantu Anda merawat bulu murai batu menjadi lebih mengkilap dan halus sehingga terlihat indah. Akan tetapi, pemberian cacing tanah juga perlu diperhatikan. Pasalnya, pemberian yang berlebihan akan memicu masalah kesehatan pada murai batu.

Meningkatkan Perkembangbiakan Murai Batu

Cacing ternyata bermanfaat untuk meningkatkan perkembangbiakan murai batu. Pakan ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menghasilkan indukan murai batu. Cacing  memiliki kandungan arigin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada murai batu. Namun, takaran yang diberikan harus tepat.

Pemberian cacing dengan takaran yang tepat juga dapat meningkatkan produksi telur murai batu. Hal ini dikarenakan cacing bisa meningkatkan gairah sehingga perkembangbiakan murai batu lebih meningkat dan berkualitas.

Meningkatkan Kualitas Istirahat Murai Batu

Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kesehatan dan stamina murai batu adalah istirahat yang berkualitas. Apalagi murai batu memiliki sifat yang mudah terganggu ketika tidur.  Maka, extra food cacing dapat membuat murai batu memiliki kualitas tidur yang baik.

Pemberian cacing dapat membantu otak murai batu merasa rileks saat tidur. Hal ini dikarenakan cacing memiliki kandungan tryptophan yang dapat membuat murai batu tidur dengan nyenyak. Dengan tidur yang berkualitas, murai batu akan terhindar dari stress.

Meningkatkan dan Menjaga Stamina Murai Batu

Manfaat cacing untuk murai batu selanjutnya adalah meningkatkan dan menjaga stamina. Murai batu merupakan burung pentas yang harus dijaga staminanya. Pemberian pakan cacing dapat meningkat stamina dan kekebalan tubuh murai batu.

Kandungan arigin yang tinggi pada cacing sendiri sekitar 10 persen. Zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh murai batu. Anda bisa memberikan pakan cacing secara rutin agar murai batu Anda berada pada kondisi terbaik.

Membuat Murai Batu Menjadi Lebih Aktif

Manfaat cacing bagi burung murai batu ternyata tidak sampai disitu saja. Cacing menjadi pakan yang bergizi dan bernutrisi untuk murai batu. Karena itu, murai batu akan berada pada kondisi terbaik dan menjadi lebih aktif. Cacing dapat membuat tubuh murai batu memiliki stamina yang baik.

Keadaan tersebut tentu berbeda apabila murai batu mengalami masalah kesehatan. Murai batu akan malas bergerak dan kicauan yang dikeluarkan pun tidak akan semerdu biasanya. Jadi, berikan murai batu cacing sebagai makanan tambahan yang memiliki segudang manfaat.

Meningkatkan Kualitas Suara dan Pertumbuhan Murai Batu

Manfaat cacing untuk murai batu yang terakhir yaitu meningkatkan kualitas suara dan pertumbuhannya. Pemberian pakan cacing pada anakan murai batu dapat memaksimalkan pertumbuhan sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Pertumbuhan yang baik akan berpengaruh pada kualitas kicauan burung murai batu. Suara yang dihasilkan pun menjadi lebih merdu dan nyaring. Sehingga saat pementasan berlangsung, murai batu milik Anda dapat memberikan performa terbaik.

Manfaat cacing yang banyak untuk burung murai batu ini membuatnya dijadikan sebagai pakan wajib yang diberikan. Namun, pemberiannya juga jangan terlalu berlebihan.