Mengenal Daftar Manfaat Kelabang untuk Burung

Ketika mendengar kata kelabang, sebagian besar orang pasti merasakan efek ketakutan. Sebab, hewan ini terkenal dengan gigitannya yang menyakitkan, meskipun gigitan ini tidak mematikan. Namun, di sisi lain, terdapat dampak positif atas keberadaan kelabang ini. Salah satunya adalah adanya beberapa manfaat kelabang untuk burung.

Bagi burung, kelabang dikenal memiliki sejumlah manfaat untuk mendukung perkembangannya. Kelabang ini juga sering dimanfaatkan untuk berbagai jenis burung kicau maupun burung pemakan serangga. Nah, untuk lebih mengenal manfaat kelabang untuk burung, yuk simak informasi berikut ini!

Menjadi Sumber Pangan Tambahan bagi Burung

Bagi para pemilik burung kicauan, mereka akan merasa beruntung ketika melihat kelabang di sekitar rumah. Berbeda dengan kalangan lain yang merasa ketakutan, para pemilik burung kicauan justru akan memanfaatkan hewan ini untuk diberikan sebagai pakan burung. Pasalnya, kelabang mudah ditangkap dan seketika bisa langsung diberikan untuk pakan burung.

manfaat kelabang untuk burung

Khususnya burung pemangsa serangga, kelabang dapat dijadikan pakan unggulan. Bahkan, burung pemakan serangga ini akan memangsa kelabang saat di habitat asli kelabang tersebut. Nah, ternyata inilah sisi positif manfaat kelabang untuk burung, utamanya bagi burung kicau saat akan mengikuti kontes, biasanya kelabang sangat ampuh melengkingkan suara.

Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi sehingga Membuat Burung Lebih Segar

Ada yang menyebutkan pula bahwa kelabang merupakan hewan yang mengandung protein tinggi. Dibandingkan jenis serangga lainnya seperti jangkrik, protein yang terkandung dalam kelabang lebih tinggi. Alhasil, protein ini dapat membuat burung yang awalnya loyo menjadi lebih bersemangat. Nah, efek ini ternyata dapat dilihat langsung setelah pemberian pakan tersebut kepada burung tersebut.

Selain itu, kandungan protein tinggi yang dimiliki kelabang cocok untuk burung yang kurang gacor, bermental lemah, kurang naik birahi, dan lain sebagainya. Burung-burung kategori seperti inilah yang bisa diberi makan kelabang agar terlihat lebih segar.

Mendukung Burung yang Akan Mengikuti Lomba untuk Tampil Maksimal

Para pencinta burung tentu tidak asing lagi dengan adanya kontes burung. Selain karena hobi, seseorang yang memelihara burung biasanya juga ingin mendapatkan penghasilan melalui kontes burung atau jual beli burung itu sendiri. Nah, sebelum hari H kontes, sang pemilik biasanya akan memberikan makan kelabang pada burung mereka.

Hal ini disinyalir dapat memberikan dampak yang cukup baik ketika burung tampil dalam perlombaan. Misalnya saja burung yang awalnya loyo, seketika menjadi sangar dan bersemangat. Inilah efek yang ditimbulkan karena kelabang memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi burung. Khususnya bagi burung kicau, hal ini tentu akan membuatnya lebih maksimal ketika unjuk aksi di perlombaan nantinya.

Membakar Suhu Tubuh Burung

Untuk menjaga penampilan dan meningkatkan harga jual, burung harus selalu tampil segar bukan? Kandungan yang dimiliki kelabang ternyata dapat membakar suhu tubuh si burung. Hal ini akan memberikan dampak pada burung untuk bergerak lebih cepat. Nah, kelabang ini sangat cocok diberikan kepada burung-burung loyo.

Burung-burung bermental lemah juga bisa mendapatkan manfaat hebat dengan pemberian kelabang ini. Singkatnya, kandungan kelabang yang dapat membakar suhu tubuh burung menjadikan burung bergerak lebih cepat dalam melakukan sesuatu. Hal ini termasuk dalam hal kesehatan mental sehingga burung lebih responsif.

Nah, itulah daftar manfaat kelabang untuk burung. Ternyata hewan yang ditakuti manusia ini sangat berguna bagi burung, khususnya burung kicau yang akan mengikuti perlombaan. Kelabang bisa dijadikan pakan tambahan untuk burung. Hal ini juga dapat mendukung performa burung agar lebih optimal.