5 Manfaat Minyak Ikan untuk Murai Batu

Rajakicau.com – Bagi jenis burung kicau, minyak ikan menjadi vitamin penting yang memberikan banyak manfaat. Burung murai batu adalah salah satu jenis burung kicau yang bisa ditunjang dengan minyak ikan agar lebih sehat dan berstamina. Manfaat minyak ikan untuk murai batu ini ternyata sangatlah banyak. Berikut daftar manfaat penggunaan minyak ikan pada burung murai batu.

Manfaat Minyak Ikan untuk Murai Batu

Menjaga Kualitas dan Kesehatan Pita Suara Murai Batu

Sebagai jenis burung kicau, pita suara perlu sangat dijaga dan dirawat agar tidak terluka. Pemberian minyak ikan secara rutin pada burung murai batu ini dapat membantu menjaga kualitas pita suaranya agar bisa menghasilkan suara kicauan yang merdu.

Suara burung murai batu cukup rentan serak dan hilang. Untuk itu, perlu vitamin dan minyak ikan untuk menjaganya tetap stabil dan tidak terganggu.

Memperhalus Bulu Burung Murai Batu

Salah satu khasiat minyak ikan yang sudah sangat terkenal adalah membuat bulu burung murai batu menjadi lebih halus dan mengkilap. Terkait dengan waktu pemberiannya, saat burung sedang mabung adalah saat yang tepat. Manfaat minyak ikan akan lebih manjur jika diberikan saat burung sedang mabung.

Memperbaiki Sistem Metabolisme Tubuh

Burung perlu diberikan vitamin maupun suplemen agar metabolisme tubuhnya tetap terjaga dengan baik. Jika Anda menemukan vitamin penguat metabolisme burung murai batu di toko dengan harga yang cukup mahal. sebaiknya ganti saja dengan memberikan minyak ikan secara rutin.

manfaat minyak ikan untuk murai batu

Minyak ikan dijual dengan harga yang lebih terjangkau namun memiliki manfaat dan kualitas yang patut diacungi jempol. Selain dapat memperkuat sistem metabolisme dalam tubuh burung murai batu, minyak ikan juga bisa membantunya menjadi lebih gacor.

Burung Murai Batu Menjadi Semakin Cerdas

Termasuk dalam jenis burung kicau, murai batu perlu minyak ikan untuk menjadikannya burung yang semakin cerdas. Pemberian minyak ikan secara rutin akan membantu meningkatkan kinerja otak serta daya ingat pada burung ini.

Agar khasiat manfaat minyak ikan untuk murai batu semakin terlihat, Anda bisa memberikan minyak ikan secara rutin pada burung tersebut sejak masih anak-anak.

Menambah Nafsu Makan Burung

Makanan menjadi sumber nutrisi tinggi bagu burung murai batu. Jika digambarkan secara sederhana, makanan menjadi ‘bahan bakar’ tertinggi bagi burung. Jika makanan yang dimakan banyak, maka tenaga yang dimiliki juga semakin banyak.

Minyak ikan bisa menjadi ‘pelumas’ yang baik agar burung memiliki nafsu makan yang lebih baik. Jika nafsu makan baik dan burung menjadi hobi ‘makan’, tenaga dan stamina yang dihasilkan juga menjadi lebih baik. Meski begitu, Anda sebagai pemilik juga harus mengimbanginya dengan perawatan lain yang bagus.

Membuat Burung Tampak Lebih Muda

Pemberian minyak ikan secara rutin juga memiliki dampak yang cukup intens pada fisik burung murai batu. Murai batu yang diberikan minyak ikan secara rutin akan terlihat lebih muda meski usianya sudah cukup tua.

Hal ini dikarenakan bulu murai batu tersebut terlihat sangat halus dan mengkilap. Tidak hanya bulunya saja, murai batu tersebut juga tidak akan memiliki pedang maupun ndeker yang terletak pada kakinya.

Menghindarkan Burung Murai Batu dari Kaki Medang

Pada burung peliharaan, istilah medang ini sangat umum terjadi mengingat tempat tinggalnya yang berada di dalam sangkar. Dalam hal ini, manfaat minyak ikan untuk murai batu yang selanjutnya adalah mencegah burung tersebut mengalami kaki medang yang dapat menganggu aktifitas dan pergerakannya.

Kaki medang bisa dicegah asal pemberian minyak ikan dilakukan secara tepat dan rutin. Dengan begitu burung murai batu bisa beraktifitas dengan nyaman.