Manfaat Bawang Putih untuk Burung Kicau

Sejatinya, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, sebagian besar orang belum memanfaatkannya dengan maksimal. Hal ini disebabkan oleh karena bawang putih memiliki bau yang menyengat sehingga kurang disukai. Selain untuk manusia, manfaat bawang putih untuk burung kicau juga tak kalah besar.

Akan tetapi manfaat bawang putih untuk kesehatan pada manusia dan burung bisa saja berbeda. Hal ini disebabkan karena manusia dan burung memiliki organ tubuh yang berbeda. Namun, pada intinya, burung juga bisa memperoleh manfaat bawang putih, seperti dalam ulasan berikut ini.

Bawang Putih Mampu Menghambat Pembentukan Jamur

Bawang putih memiliki kandungan anti jamur. Hal ini membuat bawang putih berperan dalam mencegah ataupun menghambat pembentukan jamur pada burung. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab jika burung kicau terkena banyak jamur, pertumbuhan burung akan menjadi abnormal.

manfaat bawang putih untuk burung

Kondisi pertumbuhan yang abnormal ini dipicu oleh adanya mikotoksin. Mikotoksin dapat diartikan sebagai racun yang menghambat proses metabolisme sekunder pada burung. Proses yang seharusnya berperan pada pertumbuhan ini bisa terkendala karena adanya racun tersebut. Untuk itu, Anda bisa memberikan bawang putih kepada burung sebagai upaya pencegahannya.

Membantu Burung Kicau Tidak Mudah Terserang Bakteri

Selain mengandung anti jamur, bawang putih juga memiliki kandungan anti bakteri. Hal ini berarti bawang putih mampu mencegah timbulnya bakteri pada burung. Dengan mengkonsumsi bawang putih, burung  akan mendapatkan satu perisai pelindung dari serangan bakteri. Adapun zat yang berperan dalam anti bakteri oleh bawang putih adalah zat asilin.

Baca Juga  Cara Membuat Racikan Pakan Burung Cendet Yang Mudah

Cukup banyak bakteri jahat yang dapat ditangkal oleh zat asilin. Misalnya bakteri Eschericia, bakteri Streptococcus, bakteri Salmonella, bakteri Basilus, bakteri Klebsiella, dan sebagainya. Ketika burung kicau sakit, manfaat bawang putih untuk burung akan bekerja dengan memberikan penangkal yang mengusir bakteri penyebab penyakit tersebut.

Mencegah Berkurangnya Produktivitas

Produktivitas burung tercermin dari keaktifan burung sehari-hari. Burung kicau yang produktif tentu akan menghasilkan suara yang merdu sepanjang hari. Hal ini menjadikan burung sering diusulkan untuk mengikuti kontes. Namun, burung yang produktivitasnya rendah akan menjadi masalah bagi sang pemilik.

Burung kicau yang tidak produktif biasanya diindikasikan sebagai burung yang terkena penyakit. Hal tersebut dikarenakan parasit biasanya menempel pada burung hingga menyebabkan burung malas gerak ataupun malas beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memberikan bawang putih kepada burung.

Bawang putih juga mengandung zat alisin, dimana zat ini berfungsi untuk mengusir parasit jahat yang menurunkan produktivitas hewan peliharaan. Nah, parasit ini bisa saja menyerang burung kicau sampai kondisi burung menjadi sakit. Solusinya, cobalah untuk memberikan irisan bawang putih yang berfungsi sebagai antibodi bagi burung.

Mengobati Flu pada Burung

Burung juga bisa terserang flu. Apalagi saat kondisi lingkungan tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan. Kondisi ini dapat memicu burung terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan bawang putih sebagai obat maupun pencegahannya. Bawang putih memiliki kandungan anti virus flu yang mampu mencegah burung terkena penyakit flu.

Bahkan, dengan mengonsumsi bawang putih, kekebalan tubuh burung akan meningkat. Hal ini dikarenakan adanya antibodi yang terkandung dalam bawang putih. Dengan begitu, burung kicau pun akan aman dan terlindungi dari berbagai penyakit, khususnya serangan flu.

Baca Juga  WASPADA ! List Beberapa Penyakit Burung Cendet Yang Sering Datang

Manfaat bawang putih untuk burung sangat menarik bukan? Ternyata terbukti bahwa bawang putih sangat bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, meskipun memiliki manfaat yang sangat besar, Anda juga harus tetap memperhatikan porsi bawang putih yang diberikan.