Penanganan yang Tepat Burung Ngedrop dan Stres

Rajakicau.comBurung ngedrop atau stres bagi kicaumania merupakan fase yang tidak bisa dihindari. Sebagai penikmat suara burung fase seperti ini merupakan tantangan tersendiri, berikut Penanganan yang tepat burung ngedrop dan stres

Untuk bisa membangkitkan kembali burung yang ngedrop agar bisa berkicau merdu seperti sediakala, sebelumnya berikut ini ciri ciri dan penyebab burung stress.

Ciri ciri Burung Ngedrop/ Stress

  • Burung yang biasanya rajin berkicau menjadi malas berkicau.
  • Pada burung paruh bengkok (Love Bird, Parkit, Nuri dsb) ditandai dengan suka menyakiti diri sendiri (Cabut bulu).
  • Sering mengembangkan bulu meski tingkah lakunya masih aktif dan masih doyan makan.
Penanganan yang tepat burung ngedrop dan stres
Murai Batu yang ngedrop

Penyebab Burung Ngedrop/ Stress

  • Burung merasa terancam dengan predator di sekitar sangkar (Tikus, Kucing, Tokek, Anjing).
  • Sangkar baru yang masih bau cat / plitur ditambah pergantian tangkringan yang membuat burung tidak nyaman.
  • Teknik cara memegang burung yang salah bisa membuat burung trauma.
  • Kendaraan yang berlalu lalang di sekitar sangkar bisa membuat burung stres terutama burung yang masih dalam kondisi penjinakan.
  • Suara yang keras seperti petasan dan knalpot brong yang membuat burung kaget.
  • Perjalanan jauh (Biasanya terjadi pada burung yang ikut dibawa mudik pemiliknya atau ikut lomba dilokasi yang jauh).
  • Pemberian suara masteran burung sejenis dengan menggunakan media elektronik tetapi dengan menggunakan volume yang keras.
  • Terlalu sering menggantang burung berdekatan dengan burung bertipikal fighter. Burung muda paling rentan mengalami stres ketika bersanding dengan burung bertipikal fighter.

Penanganan yang Tepat Burung Ngedrop dan Stres

Isolasi Burung

Isolasi burung yang ngedrop dan stres ditempat yang tenang dan teduh sambil dipasang kerodong. Lokasi yang ideal adalah dekat kamar mandi karena suara gemericik air bisa mempercepat pemulihan.

Baca Juga  Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Stress

Pengembunan

Burung diembunkan ketika subuh. Kandungan air diudara di pagi hari bisa membuat burung serasa dialam liar yang bisa membuat burung nyaman.

Pemandian Burung

Sekitar pukul 07.00 burung dimandikan. Memandikan burung jangan menggunakan media semprot tapi berikan cepuk yang besar agar burung bisa mandi sendiri. Kemudian dijemur hingga bulu bulu burung benar benar kering.

Angin anginkan sekitar 15 menit sembari diberikan Extra Food dan vitamin yang banyak dijual di kios kios penjual burung. Ketika diangin anginkan usahakan jauh dari burung lainnya, Kembali ke poin 1 yakni mengisolasi burung dilokasi yang tenang dan teduh.

Lakukan tips diatas secara rutin, jika tidak dalam kondisi ngedrop/ stres akut cukup 3 hari saja perkembangan sudah bisa dilihat pada burung kesayangan anda.

Jika lebih dari 3 hari burung masih dalam kondisi yang sama sebagai kicaumania anda harus bisa bersabar karena disinilah ujian kita sebagai kicaumania sejati mengembalikan burung dalam kondisi prima.

Demikianlah cara penanganan yang tepat burung ngedrop dan stres yang bisa diterapkan pada semua jenis burung kesayangan anda. Semoga bermanfaat.