Daftar Jenis Makanan Burung Cendet Sehari-hari

Rajakicau.com – Jika kalian merupakan pecinta burung dan sering mengikuti perlombaan berkicau, pasti hewan ini menjadi salah satu yang disukai. Namun makanan apa yang cocok untuk burung pentet? Berikut ini daftar jenis makanan burung cendet. Baca Juga: Tips Pemberian Makanan Burung Cendet Anakan

Burung condet memiliki suara yang merdu, namun jangan sampai salah pilih jenis kelamin burung ini, karena yang memiliki suara merdu yang pejantan. Ciri-ciri burung cendet jantan adalah memiliki bulu yang hitam gelap dan aktif berkicau, berbeda dengan betina yang cenderung pasif.

Makanan Burung Cendet Harian

 

jenis makanan burung cendet

Agar memiliki suara yang merdu, hewan ini harus diberi makanan yang terbaik seperti berkabohidat dan bervitamin. Inilah daftar jenis makanan burung cendet.

1. Buah

Seperti yang ditulis diatas, burung cendet membutuhkan makanan bervitamin agar memiliki suara yang merdu dan tetap sehat. Serat pada buah-buahan juga berguna agar pencernaan burung ini tidak sakit dan tetap bisa aktif berkicau. Bulu-bulu pada burung cendet juga membutuhkan vitamin yang ada pada buah-buahan agar tak terlihat kusam.

Buah-buahan sangat baik untuk burung, salah satunya burung cendet. Ada beberapa buah yang memiliki manfaat sangat baik untuk hewan unggas anda.

Pepaya

Pertama adalah buah pepaya, kegunaan buah yang memiliki warna merah untuk burung ini adalah Mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, asam panthotenic,dan flavanoid.. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan burung berkicau.

Pisang

Kedua adalah buah pisang, buah berwarna kuning ini sangat cocok untuk burung berkicau seperti burung cendet. Pisang dapat meningkatkan stamina terutama untuk burung berkicau.

Namun disarankan jangan terlalu banyak memberi buah ini kepada hewan anda, karena dapat menjadi gemuk dan malas. Hal ini terjadi karena buah pisang mengandung kadar karbohidat yang tinggi.

Apel

Buah yang ketiga adalah apel, buah ini memang mengandung kadar vitamin yang sangat tinggi. Apel berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh burung cendet anda karena mengandung banyak vitamin dan gizi yang baik untuk perkembangan burung berkicau anda.

2. Serangga

Sebenarnya serangga bukanlah makanan pokok yang harus diberikan kepada burung condet, karena itu dalam pemberiannya harus dibatasi dan secukupnya saja. Hal ini dikarenakan serangga mengandung protein yang tinggi dan apabila burung cendet terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi protein, hewan ini gampang sekali mengalami over birahi.

Sebaliknya, jika kekurangan protein, burung susah mencapai kondisi birahi optimal sehingga tidak bisa nampil seperti yang kita harapkan ketika kontes berkicau. Jenis serangga yang bisa diberikan ke burung cendet adalah telur kroto, cacing, ulat bambu, belalang, orong-orong, dan juga jangkrik.

3. Voer

Voer merupakan makanan pokok yang biasa diberikan kepada burung termasuk burung cendet. Makanan ini sudah diteliti sebagai pakan yang cocok untuk hewan unggas karena banyak mengandung vitamin, mineral serta beberapa protein yang sangat diperlukan atau dibutuhkan oleh semua burung.

Tapi perlu diperhatikan, tidak semua voer cocok untuk burung cendet. Hanya voer yang mengandung kadar protein sebanyak dua belas hingga delapan belas persen yang cocok untuk burung yang mempunyai suara yang merdu ini. Karena itu anda harus memperhatikan kadar protein voer ketika memberi makanan ini untuk burung cendet.

Dalam memilih voer yang baik anda bisa menelitinya dengan melihat kemasannya yang masih bagus atau sudah rusak. Setelah itu lihatlah kandungan gizi yang ada dalam voer pilihan anda, untuk burung cendet, disarankan mengandung kadar protein sebanyak dua belas hingga delapan belas persen.

Jika anda masih kesulitan, tanyalah kepada penjual voer agar dipilihkan yang cocok untuk burung cendet anda.

4. Pakan Racikan Burung Cendet

Jika anda lebih suka meracik makanan sendiri untuk burung cendet agar kandungan gizi untuk hewan ini lebih baik, anda bisa mencoba resep pakan racikan berikut ini. Pertama-tama anda bisa siapkan tiga sampai sepuluh butir telur ayam, tahu, ikan segar berukuran sedang sebanyak tiga kilogram, tiga kilogram tepung jagung, dan tiga tomat segar.

Setelah mempunyai bahan diatas anda bisa campurkan semua dan menggilinya dengan alat giling atau blender. Setelah digiling, lalu tunggu adonan sampai kering dengan menggunakan oven atau menjemurnya jika tidak punya oven. Baca Juga: Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Jika pakan racikan sudah dikeringkan anda bisa menyajikannya kepada burung cendet, ada baiknya disajikan ketika voer sudah habis. Itulah daftar jenis makanan burung cendet, berilah makanan yang terbaik untuk hewan anda agar bisa sehat dan berkicau dengan merdu.