Tips Memilih Kroto Untuk Burung Peliharaan Anda

Rajakicau.com – Kroto memang sudah terkenal sebagai pakan burung yang bagus untuk kesehatan. Khasiat kroto berguna sebagai sumber protein dan energi yang bisa membuat burung peliharaan rajin berbunyi. Kroto juga bisa membuat burung peliharaan Anda lebih aktif lagi. Dalam memberikan pakan pada burung, Anda harus memperhatikan tips memilih kroto yang baik dan benar.

Tips Memilih Kroto Untuk Burung

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menjadi peternak kroto. Hal ini dikarenakan kepopuleran kroto bagi penggemar burung sebagai pakan semua jenis hewan ini. Kepopuleran ini juga menyebabkan kualitas kroto di pasaran beragam,mulai dari ada yang bagus hingga buruk. Berikut adalah tips untuk memilih kroto yang baik sebagai pakan burung peliharaan Anda.

Kroto Tampak Bersih

Memilih kroto yang baik sangat berpengaruh pada kesehatan burung peliharaan kesayangan Anda. Kroto dengan kualitas baik secara tampilan akan tampak bersih disertai sisa–sisa ranting atau potongan daun, serta telur–telur yang berukuran besar. Selain itu, dalam kroto tersebut juga terdapat semut-semut rangrang yang masih hidup.

Jangan Membeli Kroto Basi

Cara untuk membedakan kroto yang basi atau tidak sangatlah mudah. Kroto basi biasanya sudah berubah warna atau cenderung kekuningan. Kualitas kroto juga sudah tidak segar lagi dan disertai bau tidak sedap. Kroto yang basi akan berdampak buruk bagi kesehatan burung peliharaan Anda.

Hindari Kroto Yang Mengandung Formalin

Saat membeli kroto untuk pakan burung kesayangan Anda harus sangat cerdik. Tips memilih kroto selanjutnya adalah jangan sampai Anda salah pilih atau tertipu dengan ulah nakal penjual. Kroto yang mengandung formalin atau pengawet biasanya akan memiliiki warna lebih cerah. Kroto yang mengandung formalin juga akan tampak sangat bersih dan tidak ada kotoran sedikitpun.

Pilih Penjual Yang Tepat

Memilih penjual yang tepat juga sangat berpengaruh agar bisa mendapat kroto bagus untuk burung peliharaan Anda. Belilah kroto pada penjual yang memang menggelar dagangannya secara terbuka, sehingga terlihat sangat jelas masih banyak semut rangrang mengerubutinya. Hal ini bisa memastikan kualitas kroto yang akan dibeli sangat baik.

Terkadang meski Anda sudah berada di pasar burung, masih ada penjual yang menjajakan kroto dalam keadaan sudah terbungkus. Hal ini menyebabkan Anda tidak bisa mengetahui kondisi kroto yang dijual. Untuk mengatasi kesalahan dalam membeli kroto, Anda bisa membuka bungkusnya dan melihat kondisi pakan burung tersebut.

Perlu Anda ketahui, terkadang masih ada penjual kroto dalam keadaan sudah lama yang disimpan di lemari es atau pendingin. Kroto-kroto ini biasanya telah tercampur air yang bisa membuatnya cepat rusak dan berbau. Dengan demikian, akan membuat kualitas kroto memburuk dan dapat berbahaya bagi kesehatan burung kesayangan Anda.

Jangan Ditaruh Dikulkas

Kroto yang disimpan dalam kulkas akan menyebabkan kualitasnya kurang baik. Apabila burung diberikan kroto yang sudah disimpan di kulkas akan menyebabkannya bisa terkena flu. Lebih parahnya lagi, pita suara burung kesayangan Anda bisa rusak dan volumenya menurun.

Langsung Beli Di Peternak

Anda juga bisa membeli kroto pada peternaknya langsung, karena dijamin kualitasnya sangat bagus. Peternak kroto dan pembudidaya khusus juga sudah banyak dengan tujuan untuk mencegah kelangkaan. Budidaya kroto juga sudah menjadi trend seiring dengan susahnya pakan burung ini dari alam. Penjual kroto juga sudah mempromosikan pakan burung yang dijualnya secara offline dan online.

Tips memilih kroto dapat diterapkan agar Anda bisa mendapatkan pakan burung terbaik. Kroto yang berkualitas akan membantu menjaga kesehatan burung peliharaan Anda.