Cara Membuat Tepung Wortel Untuk Burung Kicau

Rajakicau.com – Burung banyak diminati sebagai peliharaan karena memiliki perawatan dan makanan yang mudah didapatkan. Makanan burung kicau seperti kroto, jangkrik, atau ulat hongkong adalah yang paling banyak diminati.

Selain itu, Anda tetap bisa berkreasi dengan jenis lain, seperti tepung wortel. Tidak sulit untuk menerapkan cara membuat tepung wortel yang baik. Simak ulasan pembuatannya di bawah ini.Cara Membuat Tepung Wortel Untuk Burung Kicau

Langkah-Langkah Membuat Tepung Wortel

Tujuan dibuatnya tepung wortel untuk diberikan kepada burung kicau adalah supaya menjadikannya mudah makan. Memang Anda bisa memotongnya menjadi berbentuk dadu dan dikukus, sayangnya bagi beberapa burung dengan paruh kecil ini juga masih tergolong sulit dicerna. Untuk itu dibuat menjadi tepung supaya memudahkan si burung. Berikut adalah langkah membuat tepung wortel.

  1. Pastikan Anda memilih wortel yang masih segar dan muda. Kesalahan beberapa orang dalam membuat tepung ini adalah menggunakan wortel yang sudah layu atau nyaris busuk. Hal ini karena banyak yang mengira wortel layu jika dimakan hewan tidak akan berpengaruh. Padahal wortel yang layu atau hampir busuk ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan burung.
  2. Cuci dan kupas wortel sampai bersih. Hal yang harus dilakukan setelahnya adalah potong wortel secara memanjang dan tunggu sampai kering.
  3. Parut wortel sampai menjadi lembut. Namun jika dirasa cukup merepotkan, Anda bisa menghaluskan wortel dengan blender.
  4. Cara membuat tepung wortel selanjutnya adalah peras sampai air dan adonan terpisah. Apabila sudah terpisah, masukkan dalam oven sebentar saja sampai adonan menjadi kering.
  5. Ayak adonan wortel yang telah kering, sehingga mendapatkan bagian paling halus.
  6. Apabila sudah didapatkan bubuk yang benar kering, silahkan masukkan ke dalam toples kedap udara dan tidak mudah tumpah.

Manfaat Tepung Wortel

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu menggunakan tepung wortel alih-alih langsung memberi makan secara langsung. Selain mudah dimakan, wortel yang dibuat menjadi tepung bisa dibilang lebih menghemat. Sebab hanya memerlukan beberapa buah wortel saja untuk menghasilkan banyak tepung. Selain itu, tepung ini akan lebih awet disimpan dan tidak cepat busuk seperti wortel yang berbentuk buah.

Penggunaan tepung wortel ini tidak sulit jika Anda ingin mencobanya. Misalkan dicampurkan dengan voer baik sampai halus atau kasar atau menambahkannya dalam tempat makanan burung terpisah. Cara laim pemberian tepung wortel adalah dengan menambahkannya pada pakan eggfood dan kenari.

Manfaat Wortel Untuk Burung Kicau

Memang ada banyak sekali jenis makanan untuk burung kicau dan tentu saja memiliki manfaatnya. Namun, wortel juga patut diperhitungkan sebagai salah satunya. Hal ini dikarenakan wortel memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk mata hewan peliharaan Anda. Selain itu, wortel juga bisa menjadi makanan diet yang tepat jika burung Anda alami kegemukan.

Untuk itu, cara membuat tepung wortel ini patut Anda pelajari dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa membuat pakan yang tidak hanya disukai burung, tapi juga membuat hewan peliharaan menjadi sehat.