Begini Cara Mengatasi Lovebird Ngantukan Yang Ampuh

Lovebird adalah salah satu fauna yang memiliki panorama indah. Keindahan lovebird terpancar dari bulunya hingga suaranya saat berkicau. Mirip makhluk hidup pada umumnya, burung ini juga kerap mengantuk meskipun pesonanya sangat indah dan memikat. Tidak jarang para pemilik perlu menerapkan cara mengatasi lovebird ngantukan agar suara kicauannya tetap terdengar.

cara mengatasi lovebird ngantukan

Burung yang ngantukan biasanya sedang tidak sehat. Lovebird yang mengantuk akan lebih diam dari biasanya dan cenderung mojok. Kemudian, bagaimana cara mengatasi burung love bird ngantukan? Berikut ulasannya.

Memberikan Vitamin

Burung lovebird yang lincah memerlukan suplemen tambahan untuk mempertahankan staminanya. Vitamin biasanya diperlukan untuk menjaga kondisi imun lovebird. Pemberian vitamin pada lovebird biasanya dicampurkan minuman burung. Vitamin burung bisa diperoleh secara mudah di toko yang menjual segala prenak-prenik serta kebutuhan hewan ini.

Memberikan Makanan Tambahan

Lovebird tak hanya membutuhkan vitamin, melainkan juga makanan tambahan untuk mengatasi ngantukannya. Makanan tambahan juga digunakan untuk menambah berat badan burung lovebird. Burung yang kurus kering kebanyakan lebih ngantukan dari biasanya. Makanan tambahan yang bisa diberikan untuk lovebird adalah jenis jagung muda, kuaci, dan tauge.

Pemberian makanan tambahan pada lovebird bisa dilakukan dua kali seminggu. Pemberian makanan tambahan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan lovebird. Hal ini dikarenakan burung lovebird akan kegemukan dan mobilitasnya terganggu.

Menjaga Kebersihan

Burung lovebird menyukai segala sesuatu yang bersih, mulai dari badan hingga tempat tinggal. Burung lovebird yang banyak tinggal di tempat kotor akan mudah stress dan terkena penyakit. Lovebird yang stres cirinya adalah ngantukan dan sering berdiam diri.

Menjaga kebersihan badan lovebird bisa dimulai dengan rutin memandikannya pada pagi hari. Memandikan lovebird tidak perlu dengan air banyak, cukup dengan semprotan agar tidak basah kuyup. Burung yang selesai mandi biasanya dijemur atau dianginkan beberapa saat sebelum dimasukkan ke sangkarnya kembali.

Sangkar yang bersih akan membuat nyaman lovebird. Membersihkan sangkar bisa dengan semprotan air secara periodik. Fungsi membersihkan lingkungan lovebird ini, selain membuat burung lincah kembali juga menyegarkan tubuhnya.

Berjemur

Cara mengatasi lovebird ngantukan berikutnya dengan menjemurnya. Burung lovebird sama dengan makhluk hidup lainnya yang memerlukan sinar matahari untuk menstabilkan hidrostasis tubuhnya. Kondisi hidrostasis tubuh yang seimbang akan membuat burung tidak ngantukan.

Lovebird baik dijemur saat matahari belum terlalu tinggi, karena kandungan vitamin D pada sinar matahari masih banyak. Menjemur lovebird bisa dilakukan 15 sampai 30 menit agar hasil yang didapat maksimal.

Mengganti Air Minum

Perawatan berikutnya untuk mengatasi ngantukan pada lovebird dengan mengganti air minumnya secara berkala. Air minum adalah tempat lembab dan penting untuk kelangsungan hidup lovebird. Air minum yang jarang diganti akan menjadi sarang berkembangnya bakteri secara signifikan.

Banyaknya bakteri yang berkembang pada air minum kotor banyak yang mengkontaminasi kondisi burung.. Pemberian minum secara berkala, misalnya dengan konstan setiap jam 8 pagi.

Mengecek Asupan Gizi

Pemilik burung lovebird harus bisa menyeimbangkan asupan yang diterima peliharaannya. Burung lovebird yang kekurangan nutrisi akan cenderung ngantukan. Asupan gizi ini bisa dipenuhi dengan memberikan pakan yang bernutrisi dan sesuai dengan kebutuhan burung lovebird.

Menjauhkan Burung Dari Penyebab Stress

Burung lovebird yang ngantukan kebanyakan karena faktor stres. Cara mengatasi lovebird ngantukan dengan menghindarkan burung dari hal-hal yang dapat memicu stresnya. Beberapa hal yang sangat mengancam kondisi lovebird seperti suara gaduh, asap kendaraan bermotor, debu, dan lain-lain.