Cara Mengatasi Lovebird Pilek Agar Segera Sembuh

Lovebird merupakan salah satu burung peliharaan favorit karena bentuknya yang cantik. Sama halnya dengan makhluk hidup lain yang bisa mengalami sakit, burung jenis lovebird ini juga bisa sakit. Jenis penyakit yang cukup sering diderita burung ini salah satunya adalah pilek. Tapi Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena ada cara mengatasi lovebird pilek yang bisa Anda terapkan di rumah.

Ketika musim hujan tiba, akan sangat besar kemungkinan burung lovebird Anda terserang penyakit flu atau pilek ini. Kondisi seperti ini jelas memerlukan penanganan cepat agar burung lain tidak tertular. Selain dengan membawa lovebird ke klinik khusus hewan, Anda juga bisa menanganinya dengan beberapa cara yang mudah diterapkan sendiri dirumah sebagaimana berikut.

Perhatikan Peletakan Sangkar Burung

Perawatan pertama yang perlu dilakukan dan diperhatikan adalah mengurus sangkar burungnya. Sementara waktu, sebaiknya Anda hindarkan burung lovebird Anda dari lubang sirkulasi udara terlebih dahulu untuk mengurangi pileknya.

cara mengatasi lovebird pilek

Lubang sirkulasi udara yang dimaksud ini diantaranya seperti AC, ventilasi, atau pintu.  Burung lovebird tetap diperbolehkan untuk diletakkan diteras dengan catatan Anda harus menutupinya menggunakan krobong saat burung akan beristirahat nantinya.

Tempatkan Burung Lovebird Secara Khusus

Cara selanjutnya dalam mengatasi loverbird yang sedang flu atau pilek adalah dengan menempatannya pada  kandang khusus. Hal semacam ini yang bertujuan untuk menghindari adanya penularan virus dan bakteri penyebab pilek ke burung lovebird lainnya.

Tidak hanya itu, proses penempatan pada kandang khusus untuk lovebird yang sedang pilek ini  memang sangatlah membantu dalam mempercepat penyembuhan. Dengan ini burung bisa beristirahat dengan lebih efektif.

Berikan Makanan Berkualitas

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam mengatasi lovebird sakit flu maupun pilek adalah dengan cara pemberian makananan berkualitas. Jika Anda mengjnginkan burung lovebird segera sembuh dari penyakit flu atau pilek, maka pemberian makanan berkualitas ini adalah salah satu cara yang tepat dan wajib untuk dilakukan.

Anda juga bisa menambahkan nutrisi tambahan seperti buah-buahan. Tetapi, perlu Anda perhatikan lagi untuk menghindari memberikan terlalu banyak dengan tujuan sebagai cara mengatasi lovebird pilek saja agar tidak keracunan.

Sedot Ingus Burung

Langkah selanjutnya dalam mengatasi lovebird terkena flu atau pilek adalah dengan menyedot ingusnya. Hal semacam ini bisa Anda coba lakukan menggunakan pipet.

Setelah itu, coba beri burung lovebird obat tetes bernama sebanyak 4 tetes pada mulutnya.  Obat ini gunanya adalah untuk mengeluarkan lendir ataipun pilek dari rongga hidung maupun tenggorokan sehingga dapat bernafas lebih lega.

Berikan Multivitamin

Sama halnya dengan manusia, ketika burung lovebird ini sakit maka perlu yang namanya pengobatan. Nah, pengobatan maupun pemeliharaan disini banyak sekali ragamnya, dan salah satunya adalah dengan pemberian obat berupa suplemen multivitamin.

Anda bisa mencari dan mendapatkan multivitamin khusus untuk burung lovebird ini di toko burung maupun toko pertanian setempat. Cara pemberian multivitamin ini sendiri sangat bervariasi. Untuk yang dianjurkan biasanya adalah diberikan setiap hari selama masa penyembuhan maupun proses recoverynya berjalan.

Selain multivitamin diberikan untuk proses penyembuhan burung lovebird ketika terserang penyakit flu atau pilek, Anda juga bisa memberikan multivitamin ini senagai langkah pencegahan terhadap segala kemungkinan penyakit pilek ini datang lagi. Terlebih saat kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Cara mengeatasi lovebird pilek ini bisa Anda lakukan sendiri dirumah dengan langkah yang sudah disebutkan diatas. Jika setelah dilakukan semua usaha diatas burung lovebird Anda masih saja flu atau pilek, maka Anda perlu membawa ke klinik khusus hewan terdekat atau ke pakar burung yang ada disekitar rumah.