Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Berikut Bisa Anda Terapkan

Apabila Anda telah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan lovebird nyilet, maka hal berikutnya yang perlu Anda ketahui sebagai pemelihara lovebird adalah cara mengatasi lovebird nyilet.  Nyilet merupakan sebuah keadaan yang dapat dialami oleh lovebird dengan berat badannya yang terus menurun. Nyilet dapat menyebabkan lovebird tidak berdaya dan loyo sehingga enggan beraktivitas.

Lovebird yang mengalami nyilet harus mendapat perhatian lebih intensif lagi dari Anda sebagai pemeliharanya. Nyilet yang dialami oleh lovebird hendaknya diatasi dengan cara yang benar agar tidak membuat keadaan tubuh lovebird semakin parah hingga berujung kematian.

Rajin Membersihkan Sangkar dan Peralatan Makannya

Apabila  nyilet yang dialami oleh lovebird Anda disebabkan karena perawatan yang kurang baik, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan sangkar dan peralatan makannya. Memelihara bcara mengatasi lovebird nyileturung artinya Anda juga harus siap memberikan perawatan terbaik untuk lovebird yang Anda pelihara karena hewan peliharaan berhak atas hal tersebut.

 

Salah satu perawatan yang baik dapat Anda lakukan dengan cara rajin membersihkan sangkar dan peralatan makan dari lovebird yang dipelihara. Jangan sampai Anda lalai membersihkan sangkar karena pekerjaan yang menumpuk. Peralatan makan dan minum yang digunakan untuk lovebird juga harus terjamin kebersihannya agar tidak menjadi sarang kuman penyebab penyakit.

Berikan Pakan yang Bergizi dan Berkualitas

Cara mengatasi lovebird nyilet berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan pakan yang bergizi juga berkualitas. Pakan lovebird tidak perlu yang terlalu mahal yang penting dapat mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh lovebird kesayangan Anda.

Pakan bergizi dan berkualitas dapat mengatasi nyilet yang dialami oleh lovebird peliharaan Anda.  Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dalam memberikan pakan bergizi yang berkualitas untuk lovebird adalah dengan biji-bjian dan sayuran yang bervariasi.

Beberapa sayuran yang dapat Anda berikan pada lovebird adalah kangkung, jagung manis, dan untuk buah-buahan Anda juga dapat memberikannya apel. Selain itu, berikan juga tambahan extra fooding agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Memberikan Porsi Pakan yang Cukup

Lovebird yang mengalami nyilet ternyata juga dapat disebabkan oleh porsi pakan yang kurang. Anda harus dapat memastikan bahwa pakan yang diberikan pada lovebird telah cukup porsinya sesuai dengan yang dibutuhkannya. Jangan sampai lovebird yang Anda pelihara mengalami kekurangan pakan dan gizi karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan masa perkembangannya.

Apabila porsi pakan yang Anda berikan pada lovebird sudah cukup, maka kemungkinan terjadinya nyilet yang terjadi pada lovebird juga semakin berkurang. Lovebird yang nyilet hingga keadaan tubuhnya semakin hari semakin kurus karena tidak mendapatkan asupan makan yang cukup dapat membuat keadaannya semakin memburuk. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh melalaikan posi pakan lovebird.

Rutin Memberikan Multivitamin

Lovebird yang Anda pelihara bukan hanya memerlukan makan dan minum saja. Asupan multivitamin juga sangat dibutuhkan oleh lovebird agar kondisi tubuhnya tetap stabil dan tidak mudah dihinggapi oleh berbagai penyakit berbahaya. Multivitamin sebagai salah satu cara mengatasi lovebird nyilet yang dapat Anda lakukan harus diberikan secara rutin dan teratur pada lovebird yang Anda pelihara.

Multivitamin yang Anda berikan dapat membuat tubuh lovebird menjadi sehat dan menambah nafsu makannya. Apabila lovebird memiliki nafsu makan yang baik dan kesehatannya terjaga, nyilet yang dialami oleh lovebird akan berangsur membaik. Anda sebagai pemelihara lovebird tentunya harus memenuhi kebutuhan multivitaminnya memastikan keadaan tubuhnya selalu dalam kondisi yang fit.