Pola Ekor Murai Gembung dan Non Gembung! Pemula Jangan Keliru

Rajakicau.com –  Seperti yang kita tau burung murai adalah salah satu burung kicau yang sangat digemari di Indonesia hampir di daerah pasti ada yang memelihara burung ini. namun masih ada beberapa yang masih bingung pola ekor murai gembung itu seperti apa?

Sebelum kita melanjutkan pembahasan pola ekor murai gembung kita harus tau dulu apa itu pola ekor murai gembung. Karena banyak sekali pemula yang masih belum paham mengenai murai gembung ini.

Apa Itu Murai Gembung?

Murai gembung yaitu ekor burung murai batu yang apabila melihat atau mendengar suara musuh akan mengembungkan ekor nya. Hal ini seperti nya alamiah karena setiap hewan pasti memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan diri nya jika melihat musuh, tak terlebih lagi juga dengan Burung murai ini. Baca Juga: Ini 5 Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Murai Batu! No 3 Sering Diabaikan

Nah apabila kamu sudah paham mengenai murai gembung kita akan lanjut membahas ciri ciri pola ekor murai gembung.

Ciri Pola Ekor Murai Gembung

Pola Ekor Murai Gembung
Pola Ekor Murai Gembung

Jika kita lihat dari tubuhnya memang sangat berbeda tapi jika yang belum berpengalaman akan sangat mudah terkecoh karena hampir mirip dengan murai yang lainnya. berikut ciri cirinya:

1. Bentuk Pola Huruf Pada Ekor

Hal yang pertama kita harus lihat yaitu ekor murai membentuk pola huruf apa. Jika dilihat ekor murai  membentuk huruf U,V dan W nah berarti murai ini termasuk dengan jenis murai non gembung.

Sebaliknya jika ekor murai tidak memiliki huruf berarti bisa dikategorikan ke dalam Murai Gembung.

2. Variasi Warna Ekor

Hal kedua yang bisa kita cek yaitu warna burung murai, ini tentu sangat mudah karena bisa di cek dengan mata dan sangat kelihatan.

Apabila kamu melihat burung murai kamu dibagian ekor nya memiliki 4 pasang bulu putih dengan warna putih polos semua 100% bisa dipastikan murai mu termasuk ke dalam jenis murai gembung.

Nah diatas kami sudah bagikan ciri ciri pola ekor murai gembung, sebenarnya ada juga jenis murai non gembung yang bahkan pemula juga banyak yang tidak tau, berikut sekalian kami akan berikan perbedaan nya agar tidak bingung.

Perbedaan Murai Gembung dan Non Gembung

1. Jumlah Bulu Ekor

Untuk perbedaan yang pertama yaitu jumlah bulu yang terdapat di ekor murai. Jumlah bulu yang terdapat di ekor menjadi penentu apakah murai tersebut jenis gembung atau non gembung.

Jika jumlah bulu ekor murai berjumlah 8 dan terbagi 4 helai dan juga warna yang terbagi menjadi 2 berarti murai mu termasuk kategori non gembung.

2. Warna Bulu Ekor Murai

Perbedaan yang kedua yaitu warna ekor yang sangat mencolok, untuk pemula sangat mudah mengenalinya.

Untuk warna bulu ekor murai non gembung memiliki warna yang terbagi menjadi 2 di 4 helai di kanan dan 4 helai di kiri.

Untuk murai gembung warna bulu ekornya hampir sama semua jika putih putih semua atau jika hitam ya hitam semua.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang pembahasan pola ekor murai gembung dan non gembung semoga kicaumania paham dan sehat selalu terimakasih.