Penyebab Burung Murai Batu Serak Yang Penting Dikenali

Anda harus mengenali penyebab burung murai batu serak, hal tersebut akan membuat suara beurung menjadi tidak merdu, karena senjata andalan dari burung murai batu adalah suara kicaunya. Kalau murai batu serak, maka tentu tidak ada yang bisa diandalkan lagi dan performanya di lapangan pasti menurun. Tak hanya burung murai batu namun pemiliknya mungkin akan stres karena gacoannya tidak maksimal.

Sebagai pecinta burung Anda harus paham mengenai suara serak pada burung murai batu. Paling tidak Anda harus mengetahui mengapa murai batu tidak mau bunyi. Mungkin tenggorokan murai batu sedang sakit atau karena hal lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa murai batu serak. Hal ini harus Anda ketahui karena sangat berguna dalam merawat burung murai batu.

penyebab murai batu serak

Gangguan Atau Infeksi Saluran Pernapasan

Salah satu penyebab burung murai batu serak adalah infeksi saluran pernapasan, terkadang kebersihan sangkar serta kandang sendiri merupakan problem utama. Dikarenakan banyak jamur dan parasit yang terdapat pada sekitar sangkar karena kotoran atau feses.

Terkadang sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan juga menjadi penyebab seraknya berung yang dimiliki. Pada umumnya jenis infeksi saluran pernapasan pada burung murai batu disebabkan oleh dua macam yaitu antara lain Psittacosis serta infeksi tungau kantung udara.

Anda harus rajin mencuci wadah tempat makanan burung murai batu. Karena jika tidak dibersihkan maka sisa-sisa bakteri akan menempel pada wadah atau cepuk. Menjaga kebersihan adalah faktor utama untuk membuat burung murai batu tetap sehat dan memiliki suara yang merdu.

Karena Sirkulasi Udara

Sebaiknya sirkulasi udara wajib Anda perhatikan saat memelihara burung kicau termasuk burung murai batu. Apabila kondisi sirkulasi udara tidak bagus, maka dapat membuat suara burung menjadi serak. Sirkulasi udara yang buruk karena ventilasi yang minim, ruangan pengap, lalu tingkat kelembaban yang rendah menjadi salah satu penyebab seraknya burung murai batu.

penyebab burung murai batu serak

Bahkan kondisi seperti ini bisa menyebabkan burung murai batu megap-megap. Oleh karena itu Anda harus memastikan sirkulasi udara pada ruangan tempat burung berada dalam keadaan baik.Sirkulasi udara yang baik akan sangat berpengaruh bagi burung murai batu.

Sebagai pecinta burung murai batu, Anda harus memperhatikan sirkulasi udara di sarang. Selain sirkulasi udara kebersihan sarang pada burung murai batu juga harus diperhatikan. Karena kandang yang bersih akan berpengaruh terhadap kesehatan burung sehingga dapat memiliki suara yang merdu.

Terlalu Sering Ditrek

Terlalu sering ditrek adalah hal sepele yang bila dibiarkan bisa menjadikan murai batu menjadi serak. Burung ini merupakan salah satu jenis burung kicau fighter atau petarung yang akan selalu berkicau apabila ada musuh. Entah itu musuh dari burung sejenis atau burung kicau yang lain misalnya cucak hijau, tledekan dan jenis lainnya.

Apabila burung murai batu didekatkan dengan burung kicau yang lain yang berjenis petarung, maka burung tersebut akan menandinginya dengan cara berkicau seharian penuh. Inilah salah satu faktor yang bisa menjadikan suara burung murai batu menjadi serak.

Kesalahan Penjemuran

Suara serak yang timbul pada burung murai batu bisa jadi karena kesalahan penjemuran, hal ini merupakan masalah klasik yang sering dihadapi oleh kicau mania. Akan tetapi bagi para senior tentu tidak akan melakukan penjemuran yang salah.

Penjemuran yang salah pada burung murai batu bisa berdampak pada rusaknya atau seraknya suara murni burung peliharaan Anda. Jangan melakukan penjemuran yang terlalu lama dan juga kesalahan waktunya. Penjemuran yang dilakukan di atas jam 10 pagi tidak akan menjadikan burung menjadi baik, namun justru membuat burung menjadi sakit dan memiliki suara yang serak.

Penjemuran yang baik akan sangat mempengaruhi kesehatan burung murai batu. Manfaat dari penjemuran selain membuat burung tetap sehat adalah membuat burung mempunyai bulu yang sehat dan bersih. Serta untuk menjaga penampilan dari burung murai batu.

Beberapa daftar penyebab burung murai batu serak di atas semoga dapat menambah pengetahuan. Supaya Anda mengerti mengapa burung murai batu milik yang dimiliki suaranya serak. Rawatlah burung Anda dengan baik dan benar agar tetap memiliki suara yang merdu.