Daftar Obat Untuk Lovebird Sesuai Penyakitnya

Daftar Obat Untuk Lovebird Sesuai Penyakitnya – Burung cinta atau yang lebih dikenal dengan Lovebird merupakan burung yang banyak diminati karna kecantikan akan warnanya. Lovebird banyak dikembangbiakan untuk anda yang memiliki hobi pecinta burung. Meski burung ini cukup kuat, namun bisa saja Lovebird mengalami beberapa masalah kesehatan. Oleh karena itu sangat penting mengetahui apa saja daftar obat untuk lovebird dan bagaimana perawatannya.

Daftar Obat Untuk Lovebird Sesuai Penyakitnya
Love Bird sakit snot

Penyakit yang sering dialami burung yaitu penyakit snot, nyilet, masalah pernapasan dan sebagainya. Untuk pengobatannya tentu masing-masing penyakit juga berbeda. Oleh sebab itu, kami anjurkan beberapa daftar obat yang telah kami ulas dibawah ini sesuai dengan ketentuan sakit yang diderita burung kesayangan Anda.

Air Rebusan Daun Binahong

Obat ini bisa Anda berikan ketika burung sedang mengalami kondisi drop/lemas. Caranya dengan mengambil 5 lembar daun binahong yang sebelumnya telah dibersihkan dengan air, lalu masukkan pada panci yang sudah berisi air bersih dengan ukuran gelas kecil, kemudian rebus daun binahong sampai mendidih matang yang berarti daunnya lembek. Dinginkan airnya dan berikan pada burung.

Namun daun ini memiliki efek samping seperti gangguan otot pada lovebird, menimbulkan burung menjadi over birahi, dan lain-lain. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam memberikan takaran daun binahong. Usahakan takarannya sudah pas untuk pengobatan namun tidak berlebihan. Dengan begitu, ambil ukuran daun yang sedang.

Lidah Buaya

Jika burung lovebird Anda lebih sering menggigit atau mencabuti bulu, maka cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tumbuhan yang mudah ditemui ini menjadi cara efektif dan mudah pengolahannya untuk lovebird hanya dengan cairan lidah buaya dicampurkan pada air.

Adapun cairan lidah buaya yang telah dicampurkan air dimasukan sprayer atau semprotan, selanjutnya Anda dapat menyemprotkannya pada lovebird pada saat memandikan burung. Seperti yang telah diketahui bahwa manfaat lidah buaya cukup banyak, salah satunya untuk melembabkan kulit burung, mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit burung.

Air Rebusan Jare

Bukan hanya untuk menghangatkan tubuh manusia saja, tetapi berkhasiat juga sebgaia obat utuk untuk lovebird Anda yang serak.

Caranya dengan mengupas jahe atau bisa tidak dikupas asalkan sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan air. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada jahe. Selanjutnya tumbuk jahe 2 kali supaya hasilnya tidak terlalu pecah dengan tujuan agar sarinya dapat keluar ketika direbus. Jika sudah mendidih lalu tambahkan madu dan dinginkan. Bak diberikan dua kali sehari.

Adapun cara lainnya dengan mencampur jahe dengan madu murni dan jeruk nipis, kemudian jahe dibakar lalu digeprek. Selanjutnya diseduh menggunakan air panas. Supaya manis perlu tambahkan gula merah. Setelah dingin dapat Anda sajikan untuk lovebird. Adapun cara jahe ditumbuk sampai halus hingga mendai serbuk dan dapat dicampurkan pada makanan lovebird.

Kayu Manis

Kayu manis berkhasiat sebagai obat untuk lovebird dalam rangka mencegah bakteri supaya tidak masuk pada makanan. Penggunaannya juga sangat mudah dengan menaburkan kayu manis pada pakan saat cuaca sedang panas sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

Disisi lain, dengan menaburkan kayu manis pada bagian dasar sangkar akan menimbulkan aroma wangi dan dapat juga mengusir semut. Selain itu kayu manis dapat dijadikan mainan lovebird untuk menggigit kayu manis tersebut.

Menggunakan Bahan Dapur Cabai

Cabai selain sebagai pelengkap pedas makanan, bumbu dapur yang satu ini dapat menjadikan obat untuk lovebird yang mengalami gangguan pencernaan. Caranya dengan memberikan langsung cabai pada burung. Lovebird tidak memiliki pengecap rasa pedas sehingga burung aman diberikan cabai untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.

Manfaat lain dari cabai sebagai obat anti radang atau dapat menyembuhkan radang sendi. Hal ini mengingat dalam kandungan dalam cabai ada vitamin A, C dan B kompleks dan beberapa mineral amupun fosfor kalsium atau zat besi. Namun perlu Anda ketahui jika cabai baik digunakan dengan memberikannya secara tepat dan tidak berlebihan.