7 Obat Alami Burung Cendet Sakit Cacingan Yang Ampuh

Rajakicau.com – Burung cendet merupakan pilihan banyak pecinta burung berkicau karena memiliki suara yang merdu dan enak didengar. Namun dalam perawatannya anda juga harus berhati-hati, karena burung cendet terkadang juga terkena penyakit. Sakit yang sering dialami burung bersuara merdu ini adalah cacingan, berikut ini tips obat alami burung cendet sakit. Baca Juga: Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya

Burung cendet memang rentan terkena penyakit, terutama cacingan apabila perawatan kandangnya tidak secara rutin. Sebelum hewan ini sakit, ada baiknya untuk mencegahnya dengan membersihkan kandangnya secara rutin. Bila burung cendet anda sudah terkena cacingan, segera pisahkan dengan burung lain sebelum menular.

obat alamo burung cendet sakit

Ciri-Ciri Burung Cendet Sakit

Ciri-ciri burung cendet yang terkena penyakit cacingan adalah kurang bergairah, tampak mudah ngantuk, lemas, nafsu makan berkurang, kotorannya cair, bulu tidak teratur, serta berat badan menurun.

Penyebab Burung Cendet Sakit

Penyakit yang sering diderita burung cendet adalah cacingan, faktor utamanya bisa diketahui yaitu dari kurang bersihnya kandang yang ditempati dan makan atau minuman yang kotor.

Untuk mencegah agar burung cendet tidak terserang cacingan, kebersihan sangkar, tempat pakan, serta tempat minum sebaiknya selalu dikontrol. pastikan juga bersihkan dari berbagai kotoran supaya tidak menjadi sarang cacing. Lalu seperti apa mengobatinya? Berikut ini Obat Alami Burung Cendet Sakit.

Pengobatan Burung Cendet

Sebelum burung anda terserang penyakit, sebaiknya perhatikan kebersihan kandang dan makanan burung. Namun bila hewan anda terserang penyakit, terutama cacingan anda bisa mengobatinya dengan pengobatan alami. Nah, kali ini ada beberapa daftar obat alami untuk burung cendet yang terkena cacing dan bisa Anda gunakan.

Baca Juga  Ini Daftar Vitamin Untuk Lovebird Yang Terbaik

Kulit Mangga

Yang pertama adalah kulit mangga, buah ini berguna untuk menyehatkan pencernaan burung cendet yang terkena cacingan. Serat buah ini bisa menyembuhkan gangguan yang ada pada usus, dengan demikian, gangguan pencernaan seperti cacingan bisa segera diatasi.

Wortel

Obat alami yang kedua adalah wortel, anda bisa memberikan wortel kepada burung cendet dengan dipotong kecil-kecil sebelum diberikan kepada hewan anda.

Wortel mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk burung seperti menjaga kesehatan mata, selain itu sayuran ini juga berguna untuk menguatkan tulang, bulu, dan bagian yang lainnya. Dengan memakan wortel burung cendet akan semakin kuat dan terlindungi dari penyakit cacingan.

Krokot

Berikutnya adalah krokot, tanaman krokot merupakan jenis yang amat mudah ditemukan, namun ternyata mengandung khasiat yang sangat baik untuk burung cendet.

Sebelum digunakan cuci dahulu krokot yang akan anda berikan pada burung cendet anda, karena terkadang krokot yang tumbuh disawah sudah terkena pestisida atau racun yang digunakan petani untuk membunuh hama dan rumput liar.

Kegunaan krokot pada burung cendet yang sakit adalah untuk menyehatkan kembali hewan anda karena tumbuhan ini bisa meningkatkan stamina burung cendet anda sehingga terlihat segar kembali setelah sakit. Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Untuk pemberiannya juga sangat mudah setelah dicuci anda bisa lansung memberinya kepada burung cendet milik anda. Boleh lansung diberikan atau dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah ketika memakannya.

Biji Lamtoro

Obat alami berikutnya adalah biji lamtoro, tumbuhan ini merupakan tanaman yang buah dan daunnya hampir mirip dengan petai, namun ukuran lamtoro jauh lebih kecil. Jika dimakan aroma lamtoro juga menyerupai aroma petai.

Tumbuhan ini sangat berguna untuk menyembuhkan cacingan pada burung cendet karena mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan sejumlah vitamin (A, B1, dan C).

Baca Juga  Rekomendasi Pakan Love Bird Gacor

Cara memberikan biji lamtoro kepada burung cendet tidak bisa lansung begitu saja, pertama-tama belilah jangkrik dalam jumlah banyak, selama 1 malam jangkrik tersebut diberi makan biji lamtoro. Setelah satu malam jangkrik yang sudah memakan biji lamtoro kita berikan pada burung cendet milik anda.

Daun Pepaya

Tidak hanya buahnya yang berguna untuk kesehatan burung cendet, namun juga daunnya. Daun pepaya mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin A, karbohidrat, kalori, protein, lemak, air hingga kalsium. Cara memberikannya pun mudah, anda bisa mencucinya terlebih dahulu, lalu dicampur dengan air dan meminumkannya kepada burung cendet yang terkena cacingan.

Itulah obat alami obat alami burung cendet sakit. Lebih baik mencegah sebelum hewan anda sakit, jagalah selalu kebersihan sangkar burung anda agar selalu sehat.