Cara Meningkatkan Mental Burung Cendet Ini Bisa Diterapkan

Burung cendet adalah salah satu burung jenis petarung. Bahkan, untuk melindungi daerah tempat tinggalnya burung cendet berani melawan burung yang ukurannya lebih besar. Dengan keaktifan burung cendet, maka tidak heran jika burung ini mempunyai mental yang bagus dibanding jenis burung lainnya. Namun tetap saja cara meningkatkan mental burung cendet perlu diperhatikan dengan baik.

Hal ini berguna untuk memunculkan banyak keahlian lainnya yang mungkin saja masih enggan diperlihatkan burung tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan.

Latihan Mental Seperti Ketika Berada di Alam

Cara yang pertama ini bisa diterapkan dengan membuat suasana tempat tinggal burung cendet yang baru seolah seperti habitat aslinya. Dengan demikian, kondisi mental burung ini akan meningkat. Hal ini sangat berkaitan dengan kondisi mental burung cendet yang lebih kuat jika berada di alam bebas. Oleh sebab itu, perlu diberi sedikit simulasi untuk menambah kesan nyaman pada burung cendet.

 

Akan tetapi, dalam melakukan hal ini, harus tetap dalam pengawasan dikarenakan bisa saja burung cendet menjadi santapan burung lain. Selain itu, untuk memicu keluarnya mental burung ini, kondisi tempat tinggal bisa ditambah dengan suara simulasi burung pemangsa lain, baik suara burung asli yang diletakkan jauh ataupun suara rekaman saja.

Memberi Cendet Pakan Hidup

Selain lingkungan tempat tinggal baru dibuat menyerupai alab bebas habitat aslinya, makanannya juga harus seperti di alam bebas yaitu pakan hidup. Cara meningkatkan mental burung cendet yang satu ini bisa dengan memberi makan berupa kadal, cicak, cacing, katak liar, jankrik dan belalang.

Burung cendet yang sudah diberi makanan hidup secara tidak langsung nalurinya sebagai pemangsa akan semakin meningkat sehingga mentalnya berkembang baik. Seperti halnya jika cendet diberi makan berupa tikus kecil ataupun burung kecil, cendet akan merasa terganggu karena rumahnya diusik, sehingga ia akan berusaha mempertahankan miliknya dengan memangsanya.

Melakukan Terapi Dengan Suara Alam

Cara berikutnya adalah dengan terapi cendet menggunakan suara alam. Hal ini berguna untuk menambah kesan hidup di alam semakin nyata. Cara tersebut bisa dilakukan melalui sumber suara audio, rekaman maupun video yang diputar suaranya saja.

Suara-suara yang diperdengarkan ini bisa apapun yang menyangkut alam bebas. Bisa mulai dari gemericik air sungai, riyuhnya suara air terjun, suara burung-burung di hutan yang saling bersautan, suara hujan lebat atau bahkan suara pepohonan saling memekik tertiup angin.

Cendet Ditempatkan Di Dekat Aliran Air

Selain suara-suara simulasi yang diterapkan, bisa juga dengan membuat kesan nyata dengan menempatkan burung cendet di dekat aliran air yang dimiliki. Dengan demikian, candet akan semakin survive dan mentalnya semakin meningkat.

Hal ini akan semakin dimudahkan apabila lingkungan tempat tinggal baru cendet dekat dengan sungai atau aliran air yang dibuat manual. Cara tersebut bisa dijadikan alternatif untuk menambah suara nyata dari alam bebas. Namun, tetap saja burung ini hanya bisa didengarkan suaranya tanpa perlu menyentuh airnya.

Dilatih Dikeramaian

Cara meningkatkan mental burung cendet selanjutnya bisa dengan sesekali menaruhnya di tepi jalan agar beradaptasi dengan banyak orang lalu lalang. Dengan demikian, burung cendet akan semakin menikmati kebiasaan mendengar suara mesin kendaraan yang cukup berisik.

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan mental cendet. Semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda yang menginginkan burung tumbuh dengan baik dengan mental yang kuat. Namun, jangan lupa bahwa setiap burung memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda sehingga Anda perlu tetap menyesuaikannya.