Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Rajakicau.comBanyak yang ingin tahu bagaimana cara mengatasi cucak ijo macet bunyi. Bagi kicau mania memang tidak akan tenang jika burung peliharaan, termasuk cucak ijo tidak bisa bunyi.

Padahal sebelumnya bunyi nyari dan merdu. Ini sebenarnya wajar dialami oleh semua burung. Namun jika tidak segera ditangani dengan baik tentu akan menjadi masalah.

Kenapa Cucak Ijo Macet Bunyi?

Burung cucak ijo termasuk burung yang labil karena emosinya bisa naik turun tanpa bisa dipahami. Bukan hanya itu saja, burung ini juga mudah terangsang sehingga sering membuatnya over birahi. Cucak ijo yang macet bunyi umumnya disebabkan karena infeksi pada pernafasan, kondisi yang mabung hingga kalah kompetisi. Jika begitu, Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara seperti berikut.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi
Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Cucak Ijo Terkena Infeksi Pernafasan

Jika burung cucak ijo macet bunyi karena masalah infeksi pernafasan, Anda bisa sesegera mungkin membawanya ke dokter burung. Dari sini, cucak ijo akan mendapat penanganan yang bagus sehingga tidak lagi macet bunyi.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada penjual obat atau dokter untuk obat apa yang paling cocok untuk cucak ijomu. Pasalnya setiap cucak ijo mempunyai obat berbeda yang disesuaikan dengan karakteristik burung itu sendiri.

Cucak Ijo Macet Bunyi Karena Berisik

Burung cucak ijo juga memiliki perasaan yang sama dengan manusia. Dimana ia ingin ditempatkan di tempat yang tenang, sejuk dan juga asri. Ini bertujuan agar membuat jiwa cucak ijo bisa tenang dan akhirnya bunyi sesuai keinginan.

Nah, jika burung cucak ijo berhenti atau macet bunyi karena suasana sekeliling yang terlalu berisik, Anda bisa memindahkannya ke tempat yang lebih asri dan nyaman. Anda bisa lihat apakah ada perbedaan dari yang sebelumnya. Jika memang ada, Anda bisa memindahkan tempat hunian burung cucak ijo ke tempat yang lebih asri dan nyaman.

Letakkan Cucak Ijo Dihadapan Burung Lain

Burung cucak ijo macet bunyi kemungkinan besar memang karena tidak ada rangsangan yang ia dapatkan. Ini membuat cucak ijo ter sebut enggan dan malas untuk bunyi sehingga tidak heran macet untuk bunyi seperti sebelumnya. Anda bisa mencoba memancing burung cucak ijo dengan suara burung lain ataupun suara gemericik air.

Pancingan suara ini sering disebut terapi suara. Tujuannya agar burung bisa terangsang dan akhirnya ingin kembali berbunyi lagi. Anda harus melakukan terapi ini secara rutin. Waktu terbaik untuk mencoba terapi ini adalah pada pagi hari dan sore hari.

Berikan Pakan Yang Cocok

Salah satu yang menyebabkan burung cucak ijo macet adalah pemberian pakan yang tidak cocok. Jadi agar cucak ijo kembali bunyi, Anda harus memberikannya pakan yang pas. Anda harus memberikannya pakan bergizi agar kesehatannya stabil. Beri buah-buahan secara rutin seperti peer, pisang, apel dan buah-buahan lainnya.

Jangan lupa tambahkan racikan khusus makanan burung cucak ijo agar stamina bertambah. Jika stamina bertambah biasanya burung punya tenaga lebih untuk bunyi. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberinya pakan EF seperti kelabang kecil atau jangkrik secara rutin. biasanya paling tidak seminggu dan burung akan kembali bunyi.

Jemur Burung

Menjemur kandang sekaligus membersihkan kandang dengan baik juga menjadi aspek penting agar cucak ijo yang tidak lagi bunyi bisa kembali bunyi.

Anda bisa menjemur burung di pagi hari dengan rutin karena menambah kesehatan dan stamina burung. Namun jangan terlalu lama menjemur karena akibatnya juga tidak bagus untuk kesehatan.

Kebersihan Kandang

Saat cucak ijo macet bunyi, Anda harus memperhatikan bagaimana kondisi kandang. Apakah kebersihannya sudah terjaga atau belum. Penyebab cucak ijo tidak mau bunyi adalah kondisi kandang yang kotor.

Jika Anda melihat ini di kandang cucak ijomu, usahakan segera membersihkan. Meskipun sepela, nyatanya mempengaruhi keinginan cucak ijo untuk bunyi.

Baca Juga: Panduan Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi

Itu cara mengatasi cucak ijo yang macet bunyi. Merawat dan memelihara cucak ijo memang tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus telaten dan juga sabar dengan segala masalah yang kemudian hari akan sering ditemui. Anda bisa belajar dari para master agar tidak kesulitan saat masalah tersebut terjadi juga pada cucak ijo yang Anda pelihara.