Terapi Anis Merah Macet Dengan Tepung Cabai

Rajakicau.com – Apa yang ada dalam pikiran anda ketika mendengar kata Cabai Merah? Pasti yang ada dalam pikiran anda makanan pedas. Namun cabai merah tidak hanya untuk membuat masakan saja, masih banyak manfaatnya. Vitamin yang terkandung di Cabai Merah sangat banyak sehingga sangat bagus sebagai obat burung macet bunyi.

Cara ini bukanlah cara yang ekstrim. Meski terasa pedas pada indera pengecap manusia, namun kondisi berbeda yang dirasakan burung. Burung tidak memiliki reseptor rasa di indra pengecapnya, sehingga efek pedas dan panas tidak akan dirasakannya.

Terapi Anis Merah Macet Dengan Tepung Cabai

Terapi Anis Merah Macet
Anis Merah Teler

Pemberian cabai merah bisa merangsang burung untuk berbunyi terutama Anis Merah. Jika sebelumnya Burung Anis Merah macet bunyi, maka dianjurkan terapi cabai merah sangat dianjurkan.

Penggemar anis merah meyakini burung bakalan atau burung macet bunyi  akan berubah menjadi aktif bunyi setelah diberi pakan cabai merah. Tentunya perubahan itu tak terjadi seketika, melainkan melalui beberapa tahap perawatan.

Pemberian cabai merah tidak serta merta berupa cabai merah utuh melainkan berupa tepung cabai yang ditaburkan di voer. Dipasaran memang banyak tersedia tepung cabai, namun alangkah baiknya kita buat sendiri agar lebih higienis tanpa bahan kimia.

Cara membuat tepung cabai untuk terapi anis merah macet :

  1. Siapkan beberapa cabai merah / cabai rawit
  2. Kupas cabai dan buang isinya agar mudah dikeringkan.
  3. Panggang cabai di dalam oven dengan menggunakan api sedang selama 5 – 10 menit. Bisa juga dijemur di terik matahari hingga benar benar mengering.
  4. Cabai yang sudah mengering kemudian ditumbuk di lesung / lumping hingga menjadi tepung cabai.

Cara Pemberian Tepung Cabai

Tepung cabai bisa diberikan dengan mencampurkan ke voer sehari hari. Takaran yang diberikan 1 sendok tepung cabai dicampur ½ sendok voer kering. Waktu yang tepat pemberian tepung cabai ketika burung diembunkan.

Baca Juga  Menyehatkan! Ini Manfaat Timun untuk kacer

Ambil pakan racikan tepung cabai dan voer ketika mulai pukul 07.00 atau ketika matahari sudah terbit. Hal ini untuk menghindari efek kepanasan. Gantikan dengan pakan voer seperti biasanya.

Tahapan ini tidak instan, jika dilakukan secara rutin maka dalam beberapa minggu hasilnya akan terlihat. Burung Anis Merah yang sebelumnya macet bunyi akan kembali berkicau tergantung kondisi burung. Baca Juga: Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang Benar

Selama terapi ini dijalankan, pastikan tidak meninggalkan perawatan rutin harian yang sudah diterapkan. Burung dalam kondisi mabung sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi tepung cabai merah.

Tinggalkan komentar