Burung Kenari Hanya Bunyi Cuit? Cukup Pakai Cara Ini Gacor Kembali

Rajakicau.com – Burung Kenari jenis burung yang populer dengan kicauan gacornya yang pasti membuat bertanya-tanya kenapa kenari hanya bunyi cuit? Jenis burung ini banyak digemari para pecinta burung karena suaranya yang bagus. Apalagi ketika diikutkan pada suatu kontes, sudah pasti mendapatkan kejuaraan. Baca Juga: Ini Minyak Kayu Putih untuk Kenari Serak! Mudah dan AMPUH

Lalu bagaimana jika kenari hanya bisa berbunyi cuit saja? Atau bahkan pernah berbunyi sama sekali? Hal ini tentu membuat khawatir, bisa saja kondisi tubuhnya sedang buruk atau lingkungan yang membuatnya stress. Baca juga: 5 Cara Merawat Kenari Umur 2 Bulan Agar Cepat Gacor! Mudah dan Ampuh

Maka dari itu, untuk mengetahuinya simak penyebabnya, berikut ini!

Apa yang Menjadi Penyebab Kenari Berbunyi Cuit?

Ada beberapa hal yang mendasari seekor kenari hanya bisa berbunyi cuit, alias performa kicaunya menurun. Dan hal-hal tersebut yang harus diatasi, seperti di bawah!

1. Salah Perawatan

Terkadang apa yang menurut diri pribadi sudah benar ternyata berdampak buruk bagi lainnya. Walau kelihatannya merawat burung kenari ini tergolong mudah, tapi hal tersebut harus dilakukan secara tepat agar kicau gacor tetap terjaga.

2. Sedang Tidak Fit atau Sakit

Kondisi sehatan pun berpengaruh terhadap suara burung Kenari, akibat dari mereka menahan sakit jadi hanya berbunyi cuit. Bisa saja kenari mengalami masalah pencernaan, atau kakinya digigit nyamuk.

Baca Juga  Beberapa Pakan Burung Cendet Paling Recommended

3. Stress

Pemicu yang paling umum dari stress kenari adalah lingkungan sekitarnya. Tempat yang terlalu panas atau terlalu bising, kotor dan berdebu dapat menyebabkan kenari tidak mau berkicau.

4. Obesitas

Seekor burung juga bisa mengalami obesitas atau kegemukan. Hal ini disebabkan pemberian pakan yang tidak seimbang antara biji-bijian dengan serat serta voor yang sembarangan.

5. Sedang Masa Molting

Masa molting atau ganti bulu ini terjadi pada kenari sehingga menyebabkan burung malas berbunyi karena staminanya menurun. Karena saat pergantian bulu, kenari akan merasakan sakit maka mereka menahannya.

6. Sudah Cukup Umur Tapi Birahi Rendah

Kenari dikatakan cukup umur ketika mencapai 7-8 bulan, dan secara alami jika cara perawatan sudah benar, kenari akan berbunyi indah. Kenari dengan cukup umur tapi nafsu birahi yang rendah ini dapat menurunkan performa kicauan.

Cara Mengatasi Burung Kenari Hanya Berbunyi Cuit

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari kenari hanya bunyi cuit di atas. Kini saatnya memahami bagaimana cara atasi burung kenari yang hanya berbunyi cuit. Jika ingin Kenari kembali dalam kondisi prima, tentu perlu segera diatasi permasalahan yang muncul, berikut ini!

1. Beri Asupan Sayur yang Segar

Hal pertama yang dapat diberikan adalah memberi sayuran segar pada Kenari yang tidak mau berbunyi. Para pemilik burung kenari dapat memberikan burung tersebut sayur sawi hijau ataupun sawi putih, dapat juga diberikan gambas. Hal ini diberikan agar kebutuhan serat terpenuhi.

2. Lakukan Pengasingan Pada Kenari

Berikutnya, yang dapat dilakukan untuk mengatasi Kenari dengan kicau cuit, yakni mengasingkan kenari tersebut jauh dari burung lain. Karena ada kemungkinan Kenari mengalami stress, sehingga perlu diasingkan dari burung lain sehingga kedepannya lebih tenang.

Baca Juga  Inspirasi Kandang Ternak Murai Dalam Rumah dan Keuntungannya

3. Memberikan Treatment Pakan

Ada kemungkinan bahwa kenari mengalami birahi yang rendah sehingga terapi pakan yang kaya akan protein sangat bagus untuk diterapkan. Pemberian terapi makanan tersebut harus bertahap.

4. Menjemur Kenari

Sesekali burung kenari perlu dikenakan cahaya matahari atau dijemur secara rutin. Hal tersebut dapat membantu Kenari untuk mengembalikan staminanya dan mengurangi lemak tubuhnya.

5. Berikan Multivitamin

Selain diberi sayur dan memberi treatment makanan berprotein saja masih kurang. Kenari perlu diberi multivitamin yang berguna untuk menambah performanya dalam berkicau. Jika rutin diberi multivitamin, dijamin performa akan kembali dan kenari tetap sehat. Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi! No 6 Wajib Dilakukan (AMPUH)

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara atasi kenari hanya bunyi cuit yang dapat dijadikan referensi. Selalu perhatikan keadaan kandang dan juga keadaan tangan pemilik, tetap jaga kebersihan kandang maupun badan.

 

Tinggalkan komentar