Langkah-Langkah Perawatan Burung Cendet Yang Macet Bunyi

Punya burung cendet di rumah? Salah satu burung cerdas yang menjadi dambaan beberapa pecinta burung. Burung cendet terkenal dengan kicauannya yang keras dan nyaring. Apabila dilatih dengan baik, burung cendet juga bisa menirukan suara pemiliknya. Akan tetapi, burung cendet juga perlu dirawat dengan cara yang benar. Berikut ini beberapa perawatan burung cendet yang macet bunyi.

Langkah-Langkah Perawatan Burung Cendet Yang Macet Bunyi

Terapi Mandi Malam

Memandikan burung cendet pada malam hari dapat merangsang kembali suara burung cendet yang macet berbunyi. Semprotkan air pada bulu burung cendet. Jangan terlalu basah. Semprotkan sekitar pukul 19.00-21.00 dan biarkan bulu yang basah mengering secara alami. Lakukan terapi selama beberapa hari sampai burung cendet kembali berkicau.

Terapi Penjemuran

Setelah burung cendet dimandikan pagi dan sore secara rutin, lakukan terapi penjemuran di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar tubuh burung cendet merasa hangat dan meningkatkan birahi sehingga bisa berbunyi dengan nyaring kembali.

Terapi Karantina

Perawatan burung cendet yang macet bunyi selanjutnya adalah terapi karantina. Salah satu penyebab burung cendet macet bunyi adalah stres karena kalah saing dengan burung cendet yang lain. Burung cendet petarung yang mengalami stres semacam ini memang perlu perawatan berupa terapi karantina.

Burung cendet diletakkan di sebuah tempat yang jauh dari kebisingan. Jauh dari suara burung cendet yang lain. Jauh dari keramaian dan gangguan suara apapun. hal ini dilakukan untuk mengembalikan kembali kepercayaan diri burung cendet sehingga bisa berkicau kembali.

Terapi Makanan Tambahan

Sering gonta-ganti makanan juga bisa membuat burung cendet macet bunyi. Burung cendet akan kesulitan beradaptasi dengan perubahan makanan yang sering terjadi. terapi makanan tambahan berupa jangkrik, kroto dan ulat hongkong bisa menambah rangsangan bagi burung cendet yang macet bunyi.

Makanan tambahan tersebut bersifat panas yang mengakibatkan birahi burung cendet meningkat dan memacu untuk berkicau kembali dengan keras dan nyaring. Jika burung cendet sudah bisa berkicau kembali, pemberian makanan tambahan bisa dihentikan dan kembali pada makanan sehari-hari.

Terapi Pengembunan

Sama halnya manusia, burung cendet juga perlu refreshing. Terapi pengembunan biasa dilakukan dengan cara mengeluarkan burung cendet saat fajar atau sebelum matahari terbit. Hal ini bisa membuat burung cendet merasa rileks dan segar.

Udara pagi mampu menyegarkan kembali burung cendet yang mungkin macet bunyi dikarenakan stres. Lakukan terapi pengembunan secara rutin sebagai perawatan sehari-hari burung cendet.

Terapi Madu dan Buah

Penyebab burung cendet macet bunyi bisa jadi karena keracunan serangga secara tidak sengaja. Apabila terjadi hal ini, jangan khawatir. Anda bisa berikan madu sebagai pertolongan pertama untuk menetralisir racun yang masuk.

Selain madu, Anda juga bisa memberikan buah pepaya yang sudah dipotong kecil-kecil. Buah papaya bisa mentralisir racun yang masuk ke dalam tubuh burung cendet dan mengembalikan suara kicauan burung cendet yang indah.

Terapi Jahe

Burung cendet juga bisa mengalami sakit tenggorokan. Banyak berkicau juga bisa membuat tenggorokannya sakit. Dalam hal ini jahe sangat membantu proses terapi. Jahe ditumbuk dan direndam ke dalam air minumnya. Jahe mampu meredakan tenggorokannya.

Terapi Cendet Betina

Terapi yang satu ini biasanya dilakukan karena cendet mengalami stres setelah bertarung dengan cendet lain. Letakkan cendet dalam sebuah sangkar yang lebih luas kemudian masukkan cendet betina dalam satu sangkar. Biarkan keduanya saling mengejar. Hal ini bisa memancing otot sayap dari cendet jantan.

Setelah emosi dan birahinya meningkat, suara kicauan burung cendet juga akan kembali dan bahkan lebih keras. Selain itu, kepercayaan dirinya juga kembali.

Terapi Pemilik

Burung cendet yang memerlukan terapi seperti ini biasanya adalah burung cendet yang baru. Burung cendet yang belum terbiasa dengan pemilik yang baru. Apabila burung cendet anda mengalami macet bunyi dikarenakan hal ini, lakukan terapi pemilik setiap hari pada pukul 10.00-15.00.

Terapi bisa dilakukan berupa rekaman suara dari sang pemilik. Hal ini dilakukan agar burung cendet terbiasa dengan pemilik yang baru.

Nah, burung cendet Anda mengalami macet bunyi karena apa? Sudahkah mencoba perawatan burung cendet diatas? Ingat, kenali dulu penyebab burung cendet macet bunyi. Kemudian lakukan langkah-langkah perawatan di atas. Selamat mencoba!