Ini Minyak Kayu Putih untuk Kenari Serak! Mudah dan AMPUH

Rajakicau.com – Perlu diperhatikan adanya minyak kayu putih untuk kenari serak sangat berguna sekali. Suara kicauan burung yang merdu dan gacor menjadi idaman para pemilik burung kenari. Banyak penyuka jenis burung ini yang telaten memeliharanya. Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi! No 6 Wajib Dilakukan (AMPUH)

Minyak kayu putih tidak hanya dipakai untuk manusia saja. Namun, minyak kayu putih juga mempunyai banyak kegunaan untuk burung kenari. Berikut penjelasan minyak kayu putih untuk kenari serak:

Manfaat Kayu Putih untuk Kenari Serak

Manfaat minyak kayu putih untuk kenari serak
Manfaat minyak kayu putih untuk kenari serak

Burung kenari bisa mengalami masalah seperti hewan lainnya. Tidak hanya untuk mengobati bunyi serak saja, akan tetapi bisa berguna juga untuk hal yang lainnya. Bisa untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kenari.

Misalkan saja mengatasi kaki bengkak, mengobati jamuran pada kaki kenari, mengobati gigitan kutu, dan lain-lain. Minyak kayu putih membuat tenggorokan burung kenari menjadi lega dan nyaman saat bernapas.

Selain itu bisa membersihkan lendir di tenggorokan dan bisa melegakan hidung dan tenggorokan saat sedang flu atau kurang fit. Apabila kenari kurang fit dan mengalami masalah tenggorokan bisa membuat serak saat bunyi.

Penyebab Kenari Serak

Setelah mengetahui manfaat minyak kayu putih untuk kenari, selanjutnya akan membahas penyebab apa saja yang mengakibatkan serak pada burung. Simak penyebab-penyebab kenari serak berikut ini:

1. Mandi Semprot

Penyebab pertama yakni mandi semprot bisa menyebabkan serak karena ada air yang masuk ke dalam hidung sehingga menyebabkan flu. Perlu menyediakan wadah kecil agar kenari bisa mandi sendiri tanpa disemprot.

Baca Juga  Ternyata Ini Daftar Penyebab Murai Batu Kurang Birahi

2. Perubahan Cuaca

Adanya perubahan cuaca yang berganti mengakibatkan serak pada burung kenari. Adanya perubahan cuaca yang ekstrim membuat burung menjadi kurang fit.

3. Infeksi Pernapasan

Untuk mengatasi infeksi pernapasan bisa menggunakan minyak kayu putih untuk kenari serak saat berbunyi. Bisa diakibatkan oleh tungau, paparan asap orang merokok, sampah, lingkungan kotor,dan lain-lain.

4. Terlalu Lama Dijemur

Burung kenari yang terlalu lama dijemur mengakibatkan saluran pernapasan kering sehingga suara menjadi serak. Jadi perlu diperhatikan agar menjemur kenari dalam waktu singkat dan pada pagi hari.

5. Kegemukan

Kenari yang terlalu gemuk mempunyai pengaruh yang besar saat berkicau. Kenari yang tubuhnya terlalu gemuk membuat susah bergerak dan bunyi kicau juga kurang nyaring dan gacor.

6. Perawatan Kurang Tepat

Terakhir adalah memelihara kenari dengan cara yang kurang tepat. Sebab memelihara kenari membutuhkan ketelatenan dan rutin dilakukan agar bunyi kenari tetap gacor dan merdu.

Cara Pemakaian Minyak Kayu Putih

Dilansir dari Youtube Sony Darmawan yang diposting pada tanggal 29 Maret 2021 dijelaskan bahwa cara mengatasi bunyi serak kenari bisa dengan minyak kayu putih. Langkah-langkah pemakaian sebagai berikut :

  • Menyiapkan air panas secukupnya pada wadah kecil.
  • Wadah yang berisi air panas ditetesi dengan minyak kayu putih secukupnya.
  • Wadah campuran air panas dan minyak kayu putih dimasukkan ke dalam sangkar burung.
  • Taruh wadah pada bagian bawah sangkar.
  • Biarkan burung kenari menghirup aroma minyak kayu putih.
  • Gantung kembali sangkar burung dan amati.
  • Jangan dikerodong dan ditempatkan pada tempat yang nyaman.

Cara tersebut dilakukan supaya kenari bisa bernapas lega dan saluran pernapasan lancar. Dan juga dapat membuat hidung dan tenggorokan lebih nyaman saat bernapas. Selain itu juga aroma minyak kayu putih tersebut bisa membersihkan lendir di tenggorokan. Baca Juga: 6 Cara Membuat Kenari Gacor Siang Malam! Pemula Wajib Coba

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Murai F4! Pemula Wajib Tau

Demikian penjelasan terkait minyak kayu putih untuk kenari serak yang sangat penting diketahui bagi penyuka burung kenari. Cara atau tips di atas bisa dipraktikkan untuk mengatasi suara serak pada kenari.

 

Tinggalkan komentar