5 Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi! Kungmania Wajib Tau

Rajakicau.com – Pemilik burung perkutut harus tahu bagaimana cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi karena itu berarti perkutut dalam keadaan sehat. Seperti halnya manusia, jika kondisi tubuhnya sedang tidak begitu fit maka ia akan malas berkicau. Baca Juga: 5 Ciri Perkutut Junjung Drajat! Kungmania Wajib Tau

Kondisi malas berkicau ini dapat disebabkan karena sakit, tidak mampu beradaptasi dengan perubahan cuaca yang tiba-tiba atau stress. Ya, salah satu yang juga harus diperhatikan bagi pemilik perkutut untuk menjaga kebugaran dengan cara sebagai berikut:

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

1. Menyiapkan Kandang yang Bersih dan Nyaman

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kondisi sekitar kandang menjadi modal untuk merawat perkutut dengan aman dan nyaman. Pasalnya kondisi sekitar kandang harus steril dari kemungkinan suara bising berlebihan, juga bukan tempat yang lembab atau terlalu terang.

Kebersihan kandang juga menjadi suatu kewajiban, dimana kotoran perkutut harus dibersihkan sampai di bawah alasnya dimana sisi ini sering terlewat. Selain itu pakan dan minuman harus tersedia selalu dan diganti setiap hari agar tetap steril.

2. Ada Jadwal untuk Memandikan dan Menjemur Burung

Kebersihan bulu dari burung perkutut harus dirawat dengan memandikannya agar tetap fresh dan tidak ada penyakit yang hinggap di bulunya. Memandikan burung tidak seperti memandikan kucing atau anjing, karena fisiknya kecil berikut cara memandikan perkutut:

  • Siapkan sprayer halus untuk menyirami burung perkutut, alat ini dapat ditemukan pada toko penjual pakan burung.
  • Lalu, siapkan juga campuran air beras dan daun sirih untuk menyemprotkan ke perkutut. Fungsi campuran ini adalah untuk mengusir kutu dan membuat bulu perkutut semakin mengkilap.
  • Kemudian, semprotkan perkutut dengan sprayer sedikit demi sedikit dengan diusap-usap perlahan.
  • Setelah proses memandikan selesai, jemur perkutut di bawah sinar matahari di antara pukul 7-9 pagi untuk menghindari panas yang terlalu menyengat.
  • Ulangi proses ini dengan membuat jadwal rutin misalnya 2 hari sekali untuk menjaga kebugaran perkutut sehingga sering berkicau dan bulunya akan mengkilap.
Baca Juga  Ini 5 Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus! Kungmania Wajib Tau

3. Memberikan Pakan yang Berkualitas

Pakan dalam memelihara hewan apa pun selalu harus dipikirkan dari awal, karakter makanan perkutut adalah biji-bijian seperti kacang hijau, jagung atau kacang-kacangan lainnya. Pilihan pakan juga dapat dibeli pada toko pakan yang sudah dicampur dengan bahan lain seperti madu.

Pemberian makanan ini dapat dilakukan waktu pagi, siang dan sore hari dengan jumlah yang cukup. Selain pakan dapat diberikan jamu yang dapat diracik sendiri untuk menjaga perkutut agar tetap merasa hangat dan nafsu makannya terjaga.

4. Memberikan Vitamin

Vitamin menjadi salah satu yang penting dalam cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi karena berpengaruh besar pada kondisi kesehatannya. Seperti halnya manusia, perkutut akan terpengaruh pada perubahan cuaca sehingga menyebabkan kondisi fisiknya mengalami penurunan.

Selain menjaga kesehatan juga sebagai tambahan nutrisi dan meningkatkan testosterone yang konon berpengaruh untuk memicu suara yang merdu dan menawan. Sebagai yang paling diminati dari perkutut, tentunya suara adalah modal terbaik yang harus diusahakan pemiliknya.

5. Memberi Pasangan bagi Burung Perkutut

Cara selanjutnya adalah dengan cara memberikan pasangan bagi perkutut, karena dengan cara ini, faktor pasangan sangat mempengaruhi dalam masa birahi. Perkutut yang ada satu sangkar bersama pasangannya akan mudah mengeluarkan suara dengan cara sebagai berikut:

  • Satukan burung perkutut betina dan jantan pada satu kandang.
  • Kemudian, diamkan untuk beberapa saat untuk menunggu kedua perkutut tersebut saling berinteraksi.
  • Lalu, dalam masa birahi burung perkutut akan lebih sering mengeluarkan suara sehingga mudah untuk dilatih.
  • Setelah beberapa waktu, pisahkan perkutut dari pasangannya, maka burung perkutut akan terus berkicau karena mencari pasangannya.

Demikian cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi yang wajib dilakukan pemilik perkutut agar perkutut nyaman dan senang berkicau. Pada dasarnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit adalah kunci mendapatkan kicauan merdu perkutut setiap harinya.

Baca Juga  5 Ciri Perkutut Majapahit! KungMania Wajib Tau

 

Tinggalkan komentar