5 Cara Menjinakan Burung Perkutut! Mudah Kungmania Wajib Coba

Cara Menjinakan Burung Perkutut – Burung perkutut sebenarnya adalah burung liar yang kini sudah menjadi peliharaan banyak orang. Namun untuk menjinakkannya, tentu ada cara menjinakkan burung perkutut yang harus dilakukan. Lakukan beberapa cara berikut ini agar perkutut sukses jadi jinak: Baca Juga: 3 Manfaat Terasi untuk Perkutut! No 2 Joss

5 Cara Menjinakan Burung Perkutut dengan Mudah

1. Memasukkan Tangan ke Kandang

Bagi orang yang memelihara burung perkutut yang belum jinak pasti harus melakukan hal-hal yang membuatnya jinak. Cara menjinakkan burung perkutut yang satu ini sangat banyak disarankan untuk orang-orang yang ingin memelihara burung perkutut.

Pemilik perkutut bisa sering-sering memasukkan tangan ke kandang burung perkututnya. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan burung perkutut dengan aroma pemiliknya. Lama kelamaan, perkutut akan mengenalnya dan tidak melakukan perlawanan.

Cara ini juga bisa sekaligus memeriksa reaksi burung perkutut terhadap tangan manusia. Apakah burung perkutut masih memberikan respon beringas atau sudah mulai menjinak. Ketika respon perkutut sudah bagus berarti perkutut berhasil dijinakkan.

2. Sering Mengelus Perkutut

Jika respon perkutut sudah bagus, pemilik burung perkutut bisa mencoba cara yang satu ini. Cara ini tidak disarankan jika perkutut masih takut karena dikhawatirkan perkutut akan memberontak lalu lepas. Yang lebih parah, yang memegangnya bisa terluka.

Perkutut yang sudah mengenal pemiliknya akan memberikan respon yang lebih tenang. Ketika hal ini sudah terjadi, pemiliknya bisa mulai memegang dan mengelus-elus perkutut. Tujuannya sama, untuk memperkenalkan perkutut ke pemiliknya.

Baca Juga  Ini 5 Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus! Kungmania Wajib Tau

Selain itu, cara ini bisa membuat perkutut terbiasa dengan sentuhan. Perkutut akan mempercayai pemiliknya untuk menyentuhnya. Dengan elusan yang lembut, perkutut akan tahu bahwa sentuhan manusia tidak berbahaya untuknya.

3. Rajin Membersihkan Kandang Perkutut

Perkutut suka dengan lingkungan yang bersih. Dengan menciptakan lingkungan yang bersih, burung perkutut akan merasa nyaman sehingga bisa rileks. Terkadang pemilik perkutut suka melupakan poin yang satu ini.

Jika burung perkutut tidak kunjung jinak, coba periksa kebersihan kandang burung perkutut. Bisa jadi burung perkutut yang galak disebabkan oleh rasa tidak nyaman atas kandang yang tidak bersih.

Untuk membuat tempat tinggal yang bersih bagi burung perkutut, pemilik bisa melakukan pembersihan secara rutin. Ganti makanan dan minuman secara rutin. Terutama jika memberikan makanan basah berupa sayuran dan buah-buahan.

4. Memberi Kandang yang Cukup Luas

Habitat asli yang dimiliki oleh burung perkutut adalah ladang. Dari sini sudah jelas bahwa perkutut tidak bisa dipelihara di kandang yang sempit. Kebanyakan pemilik perkutut ingin menghemat tempat sehingga menggunakan kandang yang minimalis.

Nyatanya, kandang yang tidak cukup luas membuat perkutut tidak nyaman. Burung perkutut tidak merasa bebas dan merasa hidup terkekang. Hal ini bisa menyebabkan burung perkutut terus memberontak ingin melepaskan diri.

Untuk itu, berikan kandang yang ukurannya lumayan besar. Paling tidak cukup untuk burung perkutut beterbangan kecil. Berikan juga tempat untuk burung perkutut bertengger sehingga burung perkutut merasa berada di tempat tinggal aslinya.

5. Melakukan Terapi Daun Pandan

Cara yang terakhir adalah dengan memberikan terapi daun pandan kepada burung perkutut. Mengapa daun pandan? Ternyata aroma daun pandan bisa menstimulasi penciuman burung perkutut dan membuatnya menjadi lebih rileks.

Baca Juga  Cara Mengobati Perkutut Malas Bunyi

Cukup mudah, yang perlu disediakan hanyalah beberapa lembar daun pandan dan air bersih. Daun pandan bisa dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil kemudian dicampurkan di air. Nantinya, air ini digunakan untuk membasuh tubuh burung perkutut.

Setelahnya, jangan langsung buang daun pandan. Angkat daun pandan dari air dan peras. Letakkan daun pandan di pojok kandang, jangan sampai terkena kotoran. Biarkan daun pandan berada disana sampai aromanya hilang.

Mudah bukan cara menjinakan burung perkutut. Tidak perlu melalui cara yang sulit apalagi biaya yang mahal. Burung perkutut yang jinak tentu akan lebih menyenangkan dan memudahkan pemiliknya jika ingin melatih burung perkutut itu saja informasi dari rajakicau.com

 

Tinggalkan komentar