Cara Mengobati Perkutut Malas Bunyi

Cara Mengobati Perkutut Malas Bunyi – Ketika perkutut malas berkicau, maka perlu ditemukan obat perkutut malas bunyi untuk menjadikannya kembali bersemangat berkicau. Baca Juga: 5 Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi! Kungmania Wajib Tau

Karena salah satu kebahagiaan yang diinginkan dari merawat perkutut adalah mendengar suaranya, apabila kondisi ini tidak didapatkan tentunya membuat gelisah.

Perkutut adalah salah satu burung yang memiliki suara khas dengan iramanya yang menenangkan, bahkan dalam beberapa komunitas dijadikan ajang kompetisi. Bagi pemula tentunya kebingungan menghadapi kondisi ini, maka dibutuhkan saran dari pemilik yang lebih senior.

Kondisi Penyebab Perkutut Malas Berkicau

Dalam merawat burung perkutut tentunya memiliki suka duka, yaitu ketika perkutut tidak mau berkicau menjadi pertanyaan. Menurut beberapa pengalaman penyuka perkutut ada 3 kondisi umum perkutut malas berkicau seperti stress atau sakit.

Bahkan pada beberapa kondisi, perkutut malas untuk mengeluarkan suara karena beberapa faktor seperti cuaca yang mempengaruhi kondisi fisiknya. Fisik perkutut yang kurang fit dapat menjadi alasan ia malas bersuara,

Obat Herbal untuk Perkutut yang Malas Berkicau

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa burung perkutut enggan untuk berkicau, maka berikutnya perlu diketahui obat untuk mengatasinya. Berikut obat perkutut yang cukup direkomendasikan.

1. Jahe

Seperti halnya sifat yang dikandung dalam jahe, bagi perkutut efek memakan jahe adalah tubuh yang hangat sekaligus menambah nafsu makan. Pemberian jahe dapat dilakukan sehari 2 kali pagi sore, tergantung cuaca dengan cara sebagai berikut:

  • Iris kecil-kecil jahe sehingga memudahkan perkutut untuk memakannya.
  • Lalu, pegang perkutut dan suapi dengan jahe yang telah diiris kecil-kecil.
  • Atau biarkan perkutut makan sendiri jahe yang diletakkan di tangan.
Baca Juga  Ini 7 Cara Memilih Perkutut Katuranggan! Kungmania Wajib Tau

Untuk dosis banyaknya menyesuaikan dengan kebutuhan, jika dirasa sudah semakin sehat, pemberian jahe dapat dihentikan.

2. Racikan Obat Herbal

Memanfaatkan herbal dapat menjadi obat perkutut malas bunyi yang mudah ditemukan, obat-obatan ini diharapkan dapat mengembalikan kebugaran perkutut. Beberapa kombinasi obat herbal yang sering digunakan sama halnya dengan yang digunakan manusia, dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan bahan-bahan berikut: 3 siung bawang merah, 3 helai daun / batang sereh, 2 helai daun sirih, 1 butir ketumbar.
  • Lalu, potong kecil-kecil bawang merah, daun sereh, dan daun sirih.
  • Setelah itu, gunakan air bersih untuk mencampur ketiganya ditambah ketumbar, kemudian rebus selama 15 menit hingga mendidih.
  • Lalu, setelah mendidih diamkan sejenak campuran racikan obat tersebut hingga suam-suam kuku. Ketika air sudah hangat atau tidak terlalu panas gunakan sebagai air untuk memandikan perkutut.
  • Selanjutnya, mandikan perkutut dengan cara memegangnya dan usap-usap dengan air rebusan rasikan tadi.
  • Kemudian, ulangi proses ini setiap pagi hari hingga perkutut mau berkicau kembali. Biasanya waktu ideal untuk melakukan perawatan seperti ini selama 1-2 minggu.

Makanan dan Obat Perkutut Agar Mau Berkicau Selain Obat Herbal

Makanan kembali menjadi titik penting dalam perawatan perkutut, baik untuk perkutut jenis lokal ataupun Bangkok. Pemberian makanan yang berkualitas dapat memilih pakan dengan merek Gold Coin Perkutut yang dapat dicampurkan dengan jewawut dan beras merah.

Selain itu pemberian vitamin dapat diberikan jika dirasa dibutuhkan untuk menjadi kebugaran perkutut pada masa-masa cuaca ekstrim. Salah satunya, gunakan pil Larasati seharga 5 ribu rupiah saja dan penggunaannya dapat mengikuti aturan pakai yang tercantum.

Jika pada pemberian obat herbal telah memberikan efek positif maka tidak perlu lagi diberi pil. Pemberian obat herbal atau pil Larasati hendaknya dipilih salah satu saja agar tidak terjadi overdosis yang berakibat fatal pada perkutut.

Baca Juga  7 Arti Burung Perkutut Masuk Rumah! No 5 Bikin Merinding

Demikian 2 contoh cara mengobati burung perkutut malas bunyi yang dapat disiapkan dan dibuat sendiri serta 1 obat yang mudah dibeli. Perawatan burung memang tidak mudah namun juga tidak terlalu sulit karena tetap dapat diusahakan untuk kebaikan.

 

Tinggalkan komentar