5 Ciri Perkutut Majapahit! KungMania Wajib Tau

Rajakicau.com – Sebagian masyarakat Indonesia masih mempercayai mitos yang lama beredar. Seperti halnya tentang mitos jika memelihara Perkutut Majapahit akan mendatangkan kebahagiaan. Adapun ciri Perkutut Majapahit sedikit berbeda dengan jenis Perkutut lainnya. Baca Juga: Ini Ciri Ciri Perkutut Katuranggan! KungMania Wajib Tau

Pencinta burung harus mengetahui pelbagai perbedaanya tersebut yang pastinya akan bermanfaat untuk diketahui. Ciri-ciri yang akan dijelaskan berikut:

5 Ciri Perkutut Majapahit

1. Mempunyai Jambul

Ciri Perkutut Majapahit yang pertama adalah adanya jambul atau bulu yang memiliki bentuk seperti sebuah jambul di kepala. Rupa jambul tersebut mirip dengan gaya rambut mohawk yang kerap dimiliki oleh anak-anak punk. Baca Juga: 5 Ciri Perkutut Junjung Drajat! Kungmania Wajib Tau

Warna jambul tersebut biasanya menyesuaikan dengan warna bulu yang dimiliki. Keunikan tersebut hanya dimiliki oleh Perkutut Majapahit. Sedangkan Perkutut dengan jenis lain biasanya tak akan mempunyai jambul.

2. Bercorak Loreng Ular

Burung Perkutut kerap dianggap sebagai jelmaan ular oleh orang-orang yang percaya dengan mitos. Hal tersebut rupanya dimiliki oleh Perkutut Majapahit yang mempunyai corak loreng ular dan mirip dengan pola sisik ular.

Corak tersebut terdapat pada bagian sayap kanan dan juga kirinya. Hal tersebut bisa langsung dicek pada area yang disebutkan. Selain itu, corak tersebut juga bisa ditemukan pada area bulu dadanya yang berwarna putih.

Dengan corak yang unik tersebut membuat harga jual Perkutut ini menjadi mahal. Sehingga akan sangat menguntungkan jika memilikinya. Belum lagi mitos yang beredar di masyarakat jika memelihara Perkutut Majapahit akan mendapatkan banyak keuntungan.

Baca Juga  Ini 5 Arti Bunyi Perkutut Menurut Jam! No 2 Merinding

3. Berwarna Putih Polos

Ciri lain dari burung Perkutut Majapahit adalah ada yang berwarna putih polos bak burung Merpati. Sekilas keduanya tampak sangat mirip karena warnanya tersebut. Tentunya burung Perkutut jenis lain tak memiliki warna putih polos.

Banyak yang menggunakan burung Perkutut untuk melakukan sebuah ritual tertentu seperti praktek pesugihan. Namun, hal tersebut berbeda dengan Perkutut Majapahit yang tidak dimanfaatkan untuk hal serupa. Jenis ini kerap dipelihara karena konon bisa membawa keberuntungan.

Pada saat ini, burung Perkutut yang berwarna putih polos mempunyai harga yang amat mahal. Tentunya berbeda dengan jenis Perkutut biasa. Selain itu, menurut cerita yang beredar bahwasanya Perkutut putih polos akan mendatangkan rezeki bagi pemiliknya.

4. Garis-garis di Lehernya Tidak Terputus

Beralih ke ciri fisik utama yang bisa langsung diamati pada Perkutut Majapahit, di mana garis pada lehernya akan melingkar. Garis tersebut pun tidak terputus, jadi akan tampak melingkar dengan rapi.

Pada burung Perkutut biasa akan mempunyai garis berwarna hitam di bagian leher. Hal tersebut juga menjadi ciri umum dari spesies Perkutut. Namun, garis dengan warna hitam yang tidak terputus dimiliki oleh Perkutut jenis Majapahit.

Tinggal amati dari dekat untuk membedakan jenis Perkutut biasa dengan jenis Majapahit. Garis hitam yang tak terputus masuk ke dalam kategori Perkutut Majapahit. Kebalikannya dari ciri tersebut maka digolongkan sebagai Perkutut biasa.

5. Kicauannya Unik

Masih dengan ulasan mengenai pelbagai ciri unik dari Perkutut Majapahit yang menyisakan ciri kicauannya yang unik dan berbeda dari lainnya. Ciri yang terakhir ini pencinta burung bisa langsung mendengarkan kicauannya.

Burung Perkutut jenis Majapahit berkicau unik dan terdengar berbeda dari jenis lainnya. Jika mengikuti kontes kicau burung, jenis ini akan mendapatkan peluang kemenangan yang besar. Suara beserta tampilannya yang unik merupakan daya tarik Perkutut Majapahit.

Baca Juga  5 Cara Menjinakan Burung Perkutut! Mudah Kungmania Wajib Coba

Demikian ulasan mengenai lima ciri Perkutut Majapahit yang paling terkenal dan bisa disimak dengan baik oleh para pencinta burung. Kelima ciri di atas bisa membedakan antara Perkutut Majapahit dengan jenis Perkutut lainnya.

 

Tinggalkan komentar