Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang Benar

Rajakicau.com – Perawatan burung cucak ijo tergolong unik yang membedakan dengan burung-burung lain. Hal tersebut dikarenakan burung jenis ini terkadang juga membutuhkan terapi sauna, sama seperti manusia. Akan tetapi bedanya, terapi sauna untuk cucak ijo ini dilakukan sebagai langkah untuk menangani berbagai macam keluhan serta meningkatkan kualitas dari burung cucak ijo itu sendiri.

Terapi sauna atau mandi uap ini bisa dilakukan dalam berbagai cara. Cara yang dilakukan tentu harus disesuaikan dengan kondisi dari burung cucak ijo, dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Penasaran bagaimana cara melakukan terapi sauna untuk burung cucak ijo? Simak dalam ulasan berikut.

Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang BenarCara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo

Sauna dengan Keadaan Burung Cucak Ijo dan Kerodong Kering

Cara pertama adalah keadaan burung cucak ijo yang kering serta kerudng atau kandangnya juga dalam keadaan kering juga. Kemudian, jemur burung cucak ijo beserta kerodong di bawah terik matahari, mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 12 siang. Penjemuran burung cucak ijo ini dilakukan tanpa memberikan makan dan juga minum terlebih dahulu.

 

Terapi sauna dengan keadaan burung serta kerodong kering ini bertujuan untuk menguras lendir yang ada di tenggorokannya, supaya burung bisa berkicau dengan sempurna. Tidak hanya itu, manfaat lain dari terapi sauna ini adalah dapat meningkatkan mental, sehingga membuatnya lebih gesit, dan juga lebih ramping.

Selain itu, terapi sauna dengan keadaan burung cucak ijo dan kerodong kering ini juga dapat dilakukan pada burung yang sedang mabung lambat atau mabung telat. Namun dengan catatan, untuk tetap diberikan makan dan minum ketika proses penjemuran dilakukan.

Sauna dengan Keadaan Burung Cucak Ijo dan Kerodong Basah

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah burung cucak ijo dalam keadaan basah serta kerodongnya dalam keadaan basah juga. Tujuan dilakukannya terapi ini adalah untuk menaikkan birahi dari burung cucak ijo.

Seperti yang diketahui, bahwa burung cucak ijo memiliki tingkat birahi yang lama naiknya, serta mudah ngetem pada saat perlombaan berlangsung. Tentu hal semacam ini akan menyulitkan burung cucak ijo untuk memberikan performa yang maksimal.

Sauna dengan Keadaan Burung Cucak Ijo Kering dan Kerodong Basah

Cara terapi sauna yang ketiga ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Terapi ini dilakukan dengan keadaan burung cucak ijo yang kering dan kerodongnya dalam keadaan basah. Cara ini sama dengan cara burung cucak ijo dan kerodong dalam keadaan basah.

Sauna dengan keadaan yang berbeda antara burung cucak ijo dan kerodong ini berguna untuk menambah birahi yang sulit naik atau ngetem pada saat dilombakan.

Sauna dengan Keadaan Burung Cucak Ijo Basah dan Kerodong Kering

Cara yang terakhir ini kebalikan dari cara sebelumnya, yaitu dilakukan dalam keadaan burung cucak ijo yang basah dan kerodong kering. Manfaat terapi sauna ini bertujuan menurunkan birahi dari burung cucak ijo yang sedang OB.

Selain itu, manfaat dari terapi sauna ini juga untuk mendongkrak burung fighter yang sedang dalam keadaan drop atau flu pada cucak ijo. Manfaat lainnya yaitu untuk melatih burung cucak ijo agar lebih cepat beradaptasi dengan jenis cuaca apapun

Ketentuan durasi atau lamanya penjemuran ini kurang lebih 2 jam saja, namun harus disesuaikan dengan kondisi cuacanya. Nah, untuk keberhasilan sauna ini tergantung pada cara yang dilakukan oleh pemilik dalam mengenali keadaan burung cucak ijo