Kandungan dan Manfaat Gula Merah untuk Burung Kicau

Makanan alami untuk burung sangat beragam, seperti jangkrik, ulat, belalang, dan sebagainya. Namun, selain jenis pakan tersebut, terdapat makanan lain yang baik dikonsumsi oleh burung. Salah satu pakan tersebut adalah gula merah. Manfaat gula merah untuk burung sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh burung.

Gula merah banyak digunakan sebagai bahan makanan manusia. Misalnya untuk membuat kue ataupun minuman. Hal tersebut membuktikan kandungan gula merah sangat baik untuk tubuh. Begitu pula dengan manfaat gula merah yang diterima burung. Yuk simak penjelasan detailnya berikut ini.

Kandungan Gizi dalam Gula Merah

Sebagai bahan dasar olahan, gula merah mengandung gizi yang lengkap. Gizi yang terkandung dalam gula merah meliputi karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Dengan kandungan gizi yang lengkap ini, tubuh akan mendapatkan antibodi atau ketahanan tubuh. Hal ini berarti gula merah dapat disebut memiliki faktor patogenik.

Manfaat gula merah untuk burung

Nah, untuk mencegah agar burung tidak sakit, semestinya pemilik burung memberi makan hewan peliharaannya ini dengan pakan yang mengandung unsur patogenik. Pakan ini salah satunya ditemukan dalam gula merah. Cara pemberian gula merah yaitu dapat dibuat larutan yang bisa diminum burung.

Lantas, apa saja manfaat gula merah untuk burung kicau? Berikut ini sejumlah manfaat yang dapat dirangkum berdasarkan kandungan gizi dalam gula merah.

Memperkuat Faktor Patogenik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gula merah memiliki faktor patogenik. Hal ini berarti gula merah mampu menangkal patogen atau virus dengan kandungan gizi yang ada dalam gula merah. Nah, burung sebagai makhluk hidup yang aktif membutuhkan faktor ini. Tujuannya agar burung kicau tidak mudah sakit.

Hal ini disebabkan oleh karena tempat hidup burung kicau biasanya memiliki kondisi yang tidak menentu. Alhasil, burung kicau sangat rentan terkena penyakit berbahaya. Nah, pemberian pakan larutan gula merah ini sangat bermanfaat untuk menangkal virus yang berpotensi menyerang antibodi burung.

Gula Merah Bukan Menyembuhkan, Melainkan Mencegah Penyakit

Kandungan yang banyak dari gula merah membuat para pemelihara burung rutin memberikan larutan air gula merah untuk burung. Manfaat gula merah untuk burung ini dilihat dari adanya faktor patogenik, yang berarti gula merah mampu mencegah tubuh burung dari penyakit.

Manfaat ini bukan berarti gula merah mampu menyembuhkan penyakit pada burung. Melainkan gula merah hanya berperan sebagai penangkal patogen. Nah, dengan manfaat ini, gula merah cukup sering dipilih sebagai pakan burung.

Manfaat Gula Merah Akan Optimal jika Diimbangi dengan Perlakuan Sehat terhadap Burung

Mencegah penyakit pada burung tidak hanya dengan mengandalkan gula merah saja. Akan tetapi, perlakuan yang sehat juga perlu diterapkan. Cara perlakuan ini bisa meliputi memberi pakan burung dengan gizi seimbang. Meskipun gula merah memiliki kandungan gizi yang lengkap, tidak serta merta gula merah dijadikan sebagai pakan utama.

Pemelihara burung dapat memberi pakan lain dengan kandungan gizi sesuai yang dibutuhkan oleh burung. Selain itu, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberi minum dengan air yang bersih. Hal ini jelas karena air menjadi sumber utama dalam kehidupan burung. Adapun faktor vaksinasi juga dapat dijadikan pelengkap untuk menjaga kesehatan burung peliharaan.

Nah, itulah serangkaian manfaat gula merah untuk burung. Pada intinya gula merah yang memiliki kandungan gizi tinggi yang sangat bermanfaat untuk burung. Manfaat ini dapat dilihat dalam hal pemeliharaan antibodi burung. Adapun cara pemberian pakan yakni gula merah dibuat larutan. Dengan begitu, airnya dapat dikonsumsi oleh burung.