7 Manfaat Air Garam Untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

Rajakicau.com – Banyak orang yang menganggap bahwa pemberian air garam pada burung lovebird dapat memberikan stamina lebih. Tapi hal ini masih menjadi perdebatan pro dan kontra karena air garam dianggap berbahaya bagi burung lovebird itu sendiri. lalu apa Manfaat Air Garam Untuk Lovebird?

Meski demikian, tetap perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa manfaat air garam untuk lovebird sendiri. Apa saja manfaatnya? Bagaimana pula cara memberikannya? Ini ulasan selengkapnya.

Manfaat Air Garam Untuk Lovebird

Kandungan Baik Air Garam Untuk Lovebird

Garam dikenal banyak memiliki kandungan baik didalamnya. Diantaranya adalah mineral yang sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, didalam mineral itu terdapat kandungan lain yakni Kalsium, Yodium, Phospor, dan masih banyak lagi lainnya. Baca Juga: Cara Mengatasi Lovebird Galak Berikut Perlu Anda Pahami

Karena kandungan yang baik inilah bahan ini bermanfaat bagi kesehatan stamina burung lovebird itu sendiri. Manfaat ini bisa dirasakan jika pemberian porsinya pas. Pemberian dari air garam ini sendiri hanya boleh dilakukan sebanyak 1 hingga 2 kali saja dalam kurun waktu satu minggu.

Air Garam Sebaai Sumber Mineral Bagi Lovebird

Manfaat dari garam bagi kesehatan lovebird selanjutnya adalah sebagai sumber mineral yang tinggi. Dengan mineral yang terpenuhi dengan baik inilah burung loverbird akan menjadi lebih aktif dan lebih rajin untuk berkicau. Tidak ada istilah burung lovebird loyo karena kekurangan mineral.

manfaat air garam untuk lovebird

Tidak hanya itu, pemberian garam yang tepat dapat menambah daya tahan burung lovebird terhadap perubahan cuaca yang semakin tidak menentu. Kelebihan selanjutnya yakni dapat menstabilkan birahi dari burung lovebird ini sendiri. Air garam ini juga dapat mengatasi kebotakan yang terjadi pada burung lovebird.

Cara Penyajian atau Pemberian Air Garam Pada Lovebird

Cara penyajian atau pemberian air garam pda lovebird ini sendiri memiliki takaran khusus serta metode pemberian yang beraneka ragam. Yang pertama adalah dengan cara menambahkan garam dalam wadah pakan dari burung lovebird ini.

Frekuensi dalam pemberiannya pun perlu dijadwal dengan baik, yakni cukup 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu dengan porsi yang sedikit dan bertahap. Manfaat air garam untuk lovebird ini dapat Anda gunakan untuk mencuci buah-buahan yang diberikan ke burung lovebird.

Selain berguna untuk menghilangkan kandungan pestisida pada buah, air garam ini kemudian akan meresap kedalam buah dan akan ikut dikonsumsi. Proses pencuciannya sendiri memakan waktu 5 sampai 10 menit saja.

Anda juga bisa mencampurkan sedikit air garam pada wadah minum burung lovebird H-1 sebelum waktu lomba dimulai. Hal ini akan menambahkan stamina pada si burung lovebird ini. Kemudian, pemberian air garam pada burung lovebird ini juga bisa menstabilkan birahinya.

Cara penyajian dari air garam yang selanjutnya adalah dengan mencampur 1 sendok teh dari garam dengan 1 kg milet. Dalam proses pencampurannya, wajib diketahu dahulu bahwa milet harus dibilas minimal 3 kali.

Kemudian campur dengan 1 sendok teh garam, 1 gelas air minum, dan aduk hingga rata. Diamkan selama 5 menit, tiriskan, setelah itu jemur milet sampai kering dan sangrai terlebih dahulu ketika akan memberikannya kepada burung lovebird kesayangan Anda.

Risiko Cara Pemberian yang Salah

Penting untuk Anda ketahui, bahwa pemberian air garam untuk burung lovebird yang tidak sesuai dengan takaran yang pas akan menimbulkan kematian pada lovebird itu sendiri. Hal ini terjadi akibat lovebird tidak bisa mencernanya, apalagi mendapat manfaat air garam untuk lovebird dengan maksimal.

Pada akhirnya, ini dapat mengganggu fungsi ginjal dan juga sistem saraf lovebird tersebut. Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikannya dengan benar.