Apa Saja Manfaat Kunyit Untuk Burung Kicau? Ini Daftarnya

Salah satu jenis tanaman yang tergolong sebagi rempah-rempah dan sering dijumpai adalah kunyit. Tanaman ini memiliki kandungan zat yang tinggi dan dipeercaya sebagai bahan obat alami yang berguna bagi kesehatan. Kandungan gizi kunyit tak hanya bermanfaat bagi manusia saja, melainkan juga untuk burung. Sebagai pecinta hewan ini, Anda harus mengenal manfaat kunyit untuk burung kicau.

Apa Saja Manfaat Kunyit Untuk Burung Kicau? Ini Daftarnya

Kandungan yang dimiliki kunyit banyak sekali, di antaranya zat besi, mangan, kalium, serat, dan vitamin B6. Lalu, apa saja manfaat dari banyaknya kandungan yang dimiliki kunyit terhadap burung kicau? Simak ulasannya berikut ini.

Mengatasi Flu Pada Burung

Sebagimana manusia, burung juga kerap mengalami flu. Pemberian kunyit pada burung dapat mengatasi flu yang sedang diderita. Cara pemberian kunyit dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus. Hal ini dilakukan dengan cara kunyit diparut terlebih dahulu, setelah itu diperas untuk diambil airnya dan dijadikan sebagai pengganti minuman untuk burung kicau.

Cara lain yang dapat dilakukan yakni pemberian secara langsung, namun sebelum itu kunyit dipotong kecil-kecil. Akan tetapi, kebanyakan burung tidak mau diberi seperti itu.

Mengatasi Masalah Pencernaan Burung

Kandungan yang dimiliki kunyit membuatnya sangat manjur digunakan sebagi obat untuk masalah pencernaan, seperti penyakit muntaber pada manusia. Hal ini juga dapat diterapkan pada burung kicau yang sedang mengalami diare. Caranya adalah dengan memberikan air perasan kunyit saat burung sedang mengalami gangguan pencernaan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Tidak Mau Mandi Di Keramba

Menanggulangi Suara Serak Pada Burung

Kunyit memiliki khasiat sebagai obat pilihan untuk burung yang serak. Perawatan yang dapat dilakukan yaitu kunyit diparut terlebih dahulu. Kemudian tambahkan air ke dalam parutan kunyit tersebut dan selanjutnya adalah disaring. Hasil perasan kunyit diberikan pada burung sebagai air minum. Tambahkan sedikit madu agar membuat burung kicau lebih tertarik untuk meminumnya.

Bermanfaat Sebagai Anti Jamur

Bubuk kunyit yang dicampur ke dalam pakan burung memiliki manfaat sebagai pengawet alami serta mencegah pakan berjamur. Cara membuat bubuk kunyit cukup mudah, yakni dengan mengupas kunyit dan membersihkannya menggunakan air bersih. Kemudian, jemur sampai kunyit benar-benar kering, setelah itu giling hingga halus. Selanjutnya, bubuk kunyit tersebut siap untuk digunakan.

Membantu Pembentukan Tulang Serta Darah

Mengenal manfaat kunyit untuk burung kicau yang selanjutnya, yaitu membantu pembentukan tulang serta darah. Faktor ini disebabkan kunyit kaya akan mineral yang salah satunya berguna mendorong pembentukan tulang dan darah burung. Untuk perawatannya, dapat dilakukan sama dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan memeras kunyit yang sudah diparut.

Meningkatkan Fungsi Saraf Dan Kemampuan Burung

Manfaat lain yang perlu Anda ketahui dan bisa diterapkan, yaitu pemberian minum dengan campuran kunyit dapat meningkatkan fungsi saraf burung kicau. Mineral yang terkandung dalam kunyit bisa menambah kesehatan burung melalui tutorial menambah manfaat saraf serta cairan tubuh. Faktor ini membuat kesehatan burung terpelihara setiap waktu.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa kandungan mineral yang ada dalam kunyit, ternyata bisa memproduksi tenaga dan menyembuhkan beberapa gangguan pada burung. Sehingga, burung menjadi lebih sehat dan kemampuannya menjadi meningkat.

Menanggulangi Burung Yang Kurang Darah

Ternyata kunyit juga bisa menolong menyembuhkan segala penyakit yang ada pada burung, termasuk kurang darah. Untuk itu, jika Anda memiliki burung tidak sehat sebab darah rendah, segera buatkan parutan kunyit guna diperas dan diambil airnya. Kemudian, berikan air perasan kunyit tersebut pada burung kicau agar kadar darah dalam tubuhya bisa meningkat.

Baca Juga  5 Manfaat Minyak Ikan untuk Murai Batu

Mengatasi Kebotakan Bulu Pada Burung

Pada beberapa kasus, ada bulu-bulu di daerah tertentu rusak dan botak bukan karena dicabuti oleh burung kicau, melainkan akibat infeksi jamur yang sudah berlangsung lama. Bagian yang sering mengalami kebotakan yaitu perut ke bawah hingga paha. Solusi yang bisa diterapkan untuk permasalahan ini adalah dengan memberikan air perasan kunyit pada burung kicau.

Sudah paham bukan mengenai manfaat kunyit pada burung kicau? Mengenal manfaat kunyit untuk burung kicau bisa menjadikan Anda mempuyai referensi obat untuk pelihaaran Anda. Memberikan kunyit bagi burung kicau akan membantu Anda untuk bisa menjaga kesehatan burung. Tidak perlu ragu untuk mencoba memberikan kunyit pada burung kicau.