Cara Membuat Ramuan Untuk Lovebird

Menjadi pecinta burung lovebird tentu membuat Anda sangat memperhatikan stamina peliharaan agar tetap maksimal. Ada banyak pilihan ramuan untuk lovebird yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga stamina dan performa kicaunya. Berikut adalah ulasan tentang cara membuat ramuan untuk lovebird yang cukup mudah dilakukan di rumah.

cara membuat ramuan untuk lovebrid

Ramuan Daun Mengkudu Dengan Jahe

Campuran daun mengkudu dengan jahe dinilai ampuh untuk meningkatkan stamina lovebird dan menghindarkannya dari penyakit. Alat dan bahannya juga mudah ditemukan, sehingga tidak menghambat proses pembuatannya.

Membuat ramuan untuk lovebird dengan kedua bahan ini diawali dengan menghaluskan jahe untuk nantinya direndam air panas. Jahe mulanya dikupas lalu diparut atau diblender. Begitu juga dengan daun mengkudu, baiknya dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan menjadi cempuran. Kedua bahan yang sudah dihaluskan kemudian direndam air panas selama beberapa menit dan terus diaduk.

Kali ini gunakan milet untuk mempermudah ramuan tersebut dikonsumsi oleh lovebird. Milet harus direndam dalam air dulu sebelum dimasukkan dalam ramuan ini. Selain itu, merendam milet dalam air juga untuk membersihkannya dan membuang biji yang terapung.Setelah rendaman daun mengkudu dan jahe teraduk secara merata, saring agar mendapatkan sarinya.

Ramuan jahe dan daun mengkudu kemudian dicampur dengan milet yang telah ditiriskan. Aduk dan tunggu selama 2-3 jam hingga sari jahe dan daun mengkudu meresap dengan sempurna. Langkah terakhir adalah keringkan milet dengan cara dijemur atau disangrai dengan api kecil. Setelah itu, campuran milet dan ramuan ini dapat diberikan untuk lovebird.

Ramuan Jahe Dengan Kunyit Dan Kencur

Ramuan untuk lovebird lainnya adalah campuran jahe dengan kunyit dan kencur. Gabungan dari bahan rempah ini dinilai mampu memberikan khasiat untuk meningkatkan dan menjaga stamina pada lovebird. Cara membuat ramuan untuk lovebird dengan ketiga bahan ini tidaklah sulit. Sebab, alat dan bahannya mudah sekali ditemukan di lingkungan sekitar.

Baca Juga  Begini Merawat Anis Merah Macet Bunyi

Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 kg jahe, ¾ kg kunyit, ¾ kg kencur, 3-5 sendok teh madu, dan 3-5 butir telur ayam atau bebek. Bahan madu dan telur adalah tambahan agar khasiat yang didapatkan lebih banyak. Perlu diperhatikan, dalam membuat ramuan ini bagian telur yang dimanfaatkan adalah kuningnya saja.

Masing-masing toga yang sudah disiapkan dikupas, dihaluskan dengan blender atau parut, lalu diperas untuk mendapatkan sarinya. Pastikan lakukan secara terpisah dalam mengambil sarinya. Setelah itu, siapkan 1 gelas air panas lalu tuangkan ke dalam panci kecil. Masukkan semua bahan ke dalam panci berisi air panas lalu aduk hingga merata.

Siapkan milet dengan takaran yang disesuaikan, lalu masukkan ke dalam panci yang berisi ramuan tadi. Tunggu beberapa jam hingga sari dari ramuan meresap maksimal ke milet. Selanjutnya tiriskan milet, lalu keringkan dengan jemur atau sangrai dengan api kecil. Bila sudah kering, milet dapat diberikan untuk lovebird.

Ramuan Daun Binahong Dengan Apel Merah

Ramuan selanjutnya adalah daun binahong dengan buah apel merah. Bahan dasar yang mudah ditemukan ini menjadi pilihan yang baik dalam memberi asupan pada lovebird. Satu buah apel merah besar sudah cukup untuk dijadikan campuran dengan 10 lembar daun binahong.

Hampir sama dengan resep sebelumnya, cara membuat ramuan untuk lovebird menggunakan daun binahong dan apel merah diawali dengan mengambil sarinya setelah dihaluskan. Dengan bantuan milet, ramuan ini dapat disajikan lebih mudah untuk lovebird.

Berikan pada lovebird jika campuran semua bahannya telah meresap dalam milet yang sudah dikeringkan. Perhatikan untuk mengupas dulu kulit buah apel ketika akan menjadikannya ramuan. Kulit buah apel dinilai memiliki zat lilin yang mungkin berbahaya bagi kesehatan lovebird.

Baca Juga  Daftar Manfaat Menjemur Murai Batu Secara Rutin