Berikut Cara Mengobati Murai Batu Sakit Dengan Mudah

Rajakicau.com – Murai batu merupakan salah satu burung yang sangat diidolakan oleh pecinta  burung kicauan. Wajar karena bentuknya yang sangat sempurna. Belum lagi, suara yang merdu dan nyaring yang membuat para pecinta burung ingin sekali memilikinya. Sebagai makhluk hidup, murai batu juga sering sakit, banyak sakit yang menyerangnya tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada cara mengobati murai batu sakit.

Berkut ini kami akan membahas mengenai cara untuk mengobati murai batu sakit beserta penyakit apa saja yang sering menyerangnya. Anda bisa mengidentifikasi murai batu sakit dari fisiknya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengamati dari tingkat laku dari burung murai batu itu sendiri  berikut beberapa contohnya.

Jenis Penyakit Murai Batu

Obat murai batu sakit
Obat murai batu sakit

Murai Batu Sakit Mata Yang Ditandai Dengan Keluarnya Cairan

Salah satu penyakit yang sering menyerang murai batu adalah keluarnya cairan atau sekret di bagian mata. Cairan yang keluar tadi bisa dalam bentuk nanah yang berbau.

Biasanya ini merupakan tanda jika murai batu tadi terkena infeksi. Infeksi tersebut disebut dengan nama mata yang belekan. Infeksi ini sangat mengganggu burung murai batu.

Pasalnya membuatnya tidak mau lagi gacor atau berbunyi. Bahkan jika pemiliknya terlambat menyadari, burung bisa mati mendadak atau uring-uringan. Untuk mengobati sakit pada murai batu ini sangat mudah namun tetap harus hati-hati.

Perawatan terbaik adalah dengan membersihkan matanya tadi menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dengan air hangat.

Pastikan kapasnya tidak kotor karena akan mempengaruhi pengobatan yang sedang Anda lakukan. Jika kondisi mata masih tidak ada perubahan, Anda bisa memberikan obat tetes mata di pagi hari dan siang hari.

Anda harus sabar jika murai batu terkena penyakit ini. Biasanya memiliki bau yang tidak enak sehingga harus sering dimandikan..

Murai Batu Tampak Lesu Dan Nafsu Makan Berkurang

Burung murai batu juga bisa tampak lemas dan juga nafsu kurang langsung berkurang tanpa penyebab. Cara mengobati murai batu sakit seperti ini tidak terlalu sulit, bahkan untuk Anda yang masih pemula sekalipun.

Nafsu makan yang kurang baik ini disebabkan karena banyak hal. Salah satu yang paling nyata adalah efek keracunan karena pemberian makanan yang salah.

Selain itu, keracunan juga bisa disebabkan karena makanan dan minumannya yang sudah tercampur bakteri. Hal ini membuat kondisi tubuh burung semakin lemas dan nafsu makannya tidak ada sama sekali.

Untuk mengobatinya Anda bisa mengganti konsumsi makanan dengan voor. Selain itu, pastikan juga memberikan minuman yang benar-benar bersih agar kondisi serupa tidak terulang lagi.

Membersihkan sangkar secara rutin juga bagus untuk meminimalisir perkembangan bakteri di dalamnya. Anda juga harus rutin memandikan burung agar burung tetap segar dan daya tahannya bisa cepat pulih.

Murai Batu Suaranya Serak

Karena termasuk burung kicau, biasanya sakit yang sering terjadi pada burung murai batu adalah suaranya berubah menjadi serak. Bahkan jika kondisi burung sudah terlanjur sangat parah, suara burung tidak keluar sama sekali.

Hal seperti ini tentu saja sangat mengganggu suara yang dihasilkan. Biasanya masalah ini disebabkan karena murai batu sering membuka paruh.

Ada banyak penyebabnya, salah satunya yaitu penjemuran murai batu yang terlalu lama. Menjemur murai batu memang sangat bagus untuk daya tahan tubuh si burung. Hanya saja jika terlalu lama malah kurang bagus. Karena menyebabkan burung murai sakit dan efeknya terlihat dari suara yang dihasilkan.

Selain itu, seraknya murai batu juga disebabkan karena salah pemberian makan dan cuaca ekstrem lainnya. Cara mengobati murai batu yang sakit karena suaranya serak bisa dengan pemberian jangkring.

Hanya saja jangkrik yang diberikan harus sudah dihilangkan bagian kaki agar durinya tidak tersangkut di tenggorokan. Tambahkan obat yang bisa dibeli di toko pakan burung sekitar daerah Anda.

Sakitnya burung murai batu bisa terjadi kapan saja tanpa ada tanda-tanda yang dapat dikenali. Anda sebagai pemilik tentu harus memperhatikan burung dengan baik.

Baca Juga: Tips Perawatan Burung Murai Batu

Sebenarnya penyakit pada murai batu bisa dicegah dengan pemberian vitamin dengan rutin. Segera lakukan cara mengobati murai batu sakit sebaik mungkin agar penyakitnya tidak tambah parah.