Daftar Pilihan Obat Murai Batu Lumpuh

Apakah burung murai batu Anda mengalami kelumpuhan? Jika hal tersebut terjadi tentu Anda akan panik sekali bukan? Pasalnya ketika lumpuh, murai batu akan terkulai lemas disangkar dan bahkan tak mau diberi makan. Buat Anda yang masih bingung mengenai Obat Murai Batu Lumpuh, berikut ini adalah beberapa daftar pilihan obat yang paling mujarab.

Daftar Pilihan Obat Murai Batu Lumpuh
Murai Batu Lumpuh

Vitamin B12 dan Vitamin B Complex

Salah satu solusi terbaik yang dapat Anda coba untuk mengobati kelumpuhan pada murai batu kesayangan yaitu dengan pemberian vitamin B12 dan juga  vitamin B complex. Jenis vitamin ini sangat disarankan diberikan pada burung yang sedang mengalami kelumpuhan.

Pada vitamin B12 terkandung nutrisi yang besar, salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit anemia yang mungkin saja menjadi salah satu penyebab kelumpuhan murai batu ini. selain itu, vitamin B12 juga efektif untuk  menjaga stamina dan kesehatan burung sehingga kondisinya tetap stabil.

Pemberian vitamin B Complex juga tak kalah penting diberikan pada burung terutama yang mengalami kelumpuhan ya. Pasalnya ketika burung murai batu mengalami kelumpuhan, hal ini bisa saja disebabkan oleh masuknya bakteri dan virus pada burung. Nah, vitamin B complex ini akan berperan untuk mengurangi virus maupun bakteri yang terindikasi pada burung tersebut.

Pemberian Obat Instan

Ketika burung murai mengalami kelumpuhan, Anda tak perlu merasa panik terlebih daluhu. Pasalnya  untuk mengatasi hal tersebut, memberikan  Obat Murai Batu Lumpuh berupa obat instan juga bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Pemberian obat pada burung yang sedang mengalami kelumpuhan ini  memang telah  banyak dicoba oleh banyak pecinta burung.

Jika pemberian obat ini memang sesuai dengan keluhan yang dimiliki burung, maka besar kemungkinan burung akan sembuh. Untuk mencari obat burung inipun juga mudah misalnya di toko ataupun kios pakan burung yang tepat. Dengan pemberian obat dan perawatan yang tepat, besar kemungkinan berangsur-angsur burung murai tersebut akan sembuh kembali.

Pemberian Air Rebusan Binahong

Selain dengan menggunkan obat instan maupun dengan memberikan vitamin seperti yang telah disebutkan di atas, pemberian obat alami juga bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi kelempuhan pada burung. Misalnya saja yaitu dengan memanfaatkan air rebusan binahong. Selama ini, Binahong memang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Cara membuat air rebusan binahong untuk mengobati murai batu yang mengalami kelumpuhan pun mudah yaitu Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun binahong kemudian merebusnya lebih 15 menit. Tunggu air rebusan binahong tersebut dingin kemudian berikan kepada burng murai batu Anda. mudah sekali bukan?

Tumbukan Daun Binahong

Jika air rebusan binahong efektif untuk mengobati kelumpuhan pada burung murai yang disebabkan oleh faktor dari dalam misalnya virus. Maka untuk mengobati kelumpuhan pada burung murai disebabkan oleh faktor dari luar misalnya luka, Anda juga bisa memanfaat daun binahong yaitu dengan cara ditumbuk.

Cara untuk mengaplikasikanya pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun binahong, kemudian tumbuk dan oleskan pada kaki ataupun pada bagian tubuh lain pada burung tersebut.

Selain dengan cara menumbuk daun binahong, cara efektif lainya untuk membantu menyembumbuhkan kelumpuhan pada burung yaitu dengan cara merendamnya pada air rebusan binahong. Untuk menerapkan cara ini, siapkan beberapa lembar daun binahong dan rendam pada gelas berisi air setengah gelas saja. Kemudian rendam murai batu selama kuran lebih 20 menitan.

Pemberian Asupan Makanan yang Baik

Obat Murai Batu Lumpuh berikutnya yang sangat penting sekali Anda perhatikan yaitu dengan memeberikan asupan makanan yang bagus untuk burung tersebut. Memang sih burung yang mengalami kelumpuhan ini, seringkali pencernaanya terganggu sehingga, kurang memiliki nafsu makan. Nah,  hal inilah yang bisa menyebabkan energi yang dimiliki semakin terkuras dan lemah.

Namun jika burung masih mau diberi makan, maka lebih baik Anda segera memberikan pakan seperti kroto yang ditaburi multivitamin. Pada saat burung sedang drop, dianjurkan Anda memberikan pakan dengan menggunakan injeksi yang ujungnya diganti dengan selang kecil.

Mengapa harus menggunakan injeksi? Karena jika Anda memberikan pakan burung  yang sedang drop dengan cara dipegang, dikawatirkan hal ini akan membuat burung tersentak atau tersedak dan bisa saja menyebabkan kematian pada burung tersebut.