Cara Mengatasi Tetelo Pada Burung Kicau Dengan Praktis

Sebagai makhluk hidup tentu saja burung kicau juga bisa terserang penyakit, karena tidak ada makhluk hidup yang tidak merasakan sakit bukan? Penyakit yang bisa menyerang burung kicau salah satunya penyakit tetelo atau penyakit Newcastle Disease (ND). Penyakit ini disebabkan oleh virus NDV yang menyerang unggas. Maka dari itu sebelum terlambat harus ditemukan cara mengatasi tetelo ini.

Daftar Pilihan Obat Murai Batu Lumpuh
Murai Batu Lumpuh

Jika tidak, bisa saja unggas atau burung kicau ini akan mati, karena virus NDV mematikan. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tetelo pada burung kicau dan mungkin bisa diterapkan secara manual di rumah.

Tidak Panik

Cara awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tetelo ini adalah dengan tidak panik. Hal ini penting sekali diterapkan sebab orang yang panik malah cenderung tidak akan tahu harus melakukan apa. Sebaliknya, tenangkan diri terlebih dahulu baru fikirkan solusi yang tepat. Namun, proses berfikirnya juga tidak boleh terlalu lama karena kondisi burung kicau sedang dipertaruhkan.

Gunakan Obat-obatan Alami

Selanjutnya,cara mengatasi tetelo pada burung kicau adalah dengan memanfaatkan obat-obatan alami yang bahannya mudah ditemukan. Obat alami yang dipakai ini ada bermacam-macam mulai dari larutan gula, madu asli, selain itu juga bisa dengan daun saga. Tentu saja bahan-bahan ini sangat murah meriah dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pemanfaatan daun saga sangat mudah sekali. Pertama, daun saga harus diremas sampai keluar airnya, dan air remasannya inilah yang kemudian diberikan pada burung yang terjangkit tetelo.

Lewat Bantuan Obat Kimia

Selain memanfaatkan obat-obatan herbal bisa juga memakai obat-obatan kimia untuk menunjang kesembuhan burung kicau dari riwayar penyakit tetelo. Misalnya dengan memberikan obat anti saraf yang banyak ditemukan di toko-toko obat burung di berbagai wilayah. Hal ini berguna untuk memvaksin saraf burung kicau dari yang namanya virus NDV.

Baca Juga  Ini 5 Penyebab Murai Batu Tidak Bertelur! No 3 Sering Diabaikan

Selain memberi obat jenis ini bisa juga diberikan obat metabolisme pada burung agar kekebalan tubuh burung kicau lebih kuat dan virus NDV segera pergi. Dengan suplai metabolisme dari luar tubuh, produksi imun dari dalam tubuh burung kicau juga akan terbantu dengan baik. Jika beberapa cara ini masih belum maksimal bisa bawa burung kicau ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Perawatan Ekstra

Cara yang dapat diterapkan berikutnya adalah dengan melakukan perawatan ekstra. Dengan perawatan seperti menjaga kebersihan dan pola makan, maka penyakit pun enggan mendekat. Selain kebersihan badan, yang perlu dijaga adalah kebersihan tempat tinggalnya. Maka dari itu perlu dilakukan pembersihan tempat tinggal burung secara berkala.

Pembersihan burung bisa dilakukan dengan menjemur burung sekitar 15 menit agar virus pergi. Burung yang terkena penyakit tetelo sebaiknya tidak dimandikan sampai sembuh karena hal ini penting untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

Nah itulah sedikit ulasan tentang cara mengatasi tetelo pada burung kicau yang bisa diterapkan. Jika burung Anda sedang mengalami tetelo ini, maka rawat dengan baik sehingga ia pun bisa tetap sehat dan bugar.