Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya

Rajakicau.com – Kondisi kesehatan burung cendet pastinya sering dicermati oleh pemeliharanya. Kualitas pakan hingga kondisi lingkungan yang lebih sempurna akan membuat burung cendet tetap sehat. lalu apa Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya?

Akan tetapi, ada beberapa potensi yang membuat burung cendet stress hingga munculah beberapa penyakit. Padahal keadaan burung cendet yang sering stress tidak memberi jaminan sehat dalam jangka panjang maka dari itu kita harus paham cara merawat burung cendet.

Penyebab Burung Cendet Stress dan Cara Mengatasi

Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya

Beragam solusi untuk mencegah terjadinya stress pada burung cendet memang jadi aspek penting dan sekarang ini harus bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Maka dari itu Anda bisa langsung mencermati apa saja penyebab burung cendet merasa stress dan seperti apa cara-cara mengatasinya, simak dari ulasan berikut ini.

Kualitas Lingkungan Kurang Aman dan Nyaman

Pertama dari kondisi lingkungan yang kurang nyaman dan aman. Biasanya burung cendet merasa stress, hingga pada sisi kualitas lingkungan menjadi salah satu komponen paling tepat untuk mengurangi gejalanya.

Beberapa kondisi seperti kandang yang dekat dengan polusi udara, kemudian terlalu bising, dan juga terdapat limbah pabrik akan membuat kondisi burung cendet tidak sehat.

Masalah keamanan seperti ancaman hewan pemburu seperti kucing, tikus, dan anjing pun bisa memberi pengaruh pada mental burung cendet. Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, dikhawatirkan terdapat efek buruk yang mana kesehatan burung cendet tidak bisa dimaksimalkan hingga menimbulkan banyak masalah kesehatan baru.

Baca Juga  Manfaat Jahe untuk Burung Cendet Ini Wajib Diketahui

Cara terbaik adalah selalu memberikan kenyamanan pada kondisi lingkungan sehingga terhindar dari suara bising, kemudian tidak terlalu banyak hewan pemangsa, ataupun tempatkan kandang di sebuah ruangan khusus hingga tidak merasa stress karena banyak ancaman.

Kualitas Pakan Tidak Baik

Pada aspek berikutnya yang menjadi penyebab burung cendet stress adalah kualitas pakan yang kurang baik. Sampai detik ini kualitas pakan memang sering jadi masalah. Sehingga dibutuhkan solusi lainnya yang mana membuat opsi dari pengembangan kualitas pakan jadi lebih sempurna. Bahkan pemberian pakan berkualitas juga sebagai satu cara untuk menghindari rasa stress pada burung cendet.

Rata-rata kualitas pakan terbaik diberikan secara intens ataupun rutin. Sehingga ada banyak aspek penting dan berguna yang mana hingga sekarang dibutuhkan untuk jaga kesehatan burung cendet. Berikan pakan alami baik itu ulat hongkong, jangkrik, dan beberapa pakan lain yang sanggup menambah nutrisi protein di dalam tubuh burung cendet. Baca Juga: Makanan Burung Cendet terbaik

Jika Anda memiliki burung cendet lebih dari satu sangkar, cobalah memindahkan satu burung dengan jarak yang cukup jauh. Dari sinilah kualitas dari perawatan burung cendet benar-benar bisa diakses, sehingga Anda pun langsung merasakan bagaimana sarana baru yang sekarang ini diperlukan untuk memaksimalkan kesehatan hingga menghindarkan burung cendet dari stress.

Kondisi Sangkar Terlalu Kotor

Karakter dari burung cendet ini harus berada di lingkungan yang bersih dan bebas dari bau. Untuk itulah kondisi sangkar terlalu kotor bisa mengurangi kenyamanan burung cendet. Kemudian dari sisi pengembangan kondisi sangkar yang kotor harus cepat dibersihkan dan lakukan penjadwalan untuk bisa membersihkan sangkar yang benar-benar berguna dan bermanfaat.

Beberapa debu dan kotoran yang menempel pada sangkar hingga sisa makanan yang tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan polusi udara di sekitar kandang. Untuk itulah Anda perlu membersihkan bahkan menghindarkan burung cendet ini ke dalam sangkar yang lebih bersih. Tujuannya adalah mengurangi resiko terjadinya stress pada burung cendet hingga tetap sehat.

Baca Juga  Porsi Kroto Untuk Murai Batu (Penting)

Terlalu Banyak Kutu Bulu

Selain dari kualitas kebersihan kandang, ternyata dari kualitas kesehatan dan kebersihan bulu burung cendet juga perlu diperhitungkan. Sampai sekarang kualitas dari bulu burung cendet dihadirkan dengan beberapa kriteria. Maka dari itu menghindarkan bulu dari kutu sangatlah penting agar cendet tidak terlihat stress.

Cara menghilangkan ataupun mengurangi resiko terjadinya kutu bulu adalah membersihkan bulu burung cendet secara rutin. Mandikan burung secara rutin, kemudian jemur dengan durasi secukupnya. Jangan sampai berlebihan dalam menjemur bulu burung cendet, karena dampaknya bisa mengurangi kualitas warna dan beberapa aspek lainnya. Baca Juga: Ini Gejala Burung Lovebird Stress dan Cara Mengatasinya

Jadi sekarang ada banyak aspek penting yang harus dicermati untuk bisa mencermati apa saja penyebab burung cendet stress. Kemudian dari cara mengatasinya juga sangat diperlukan, sehingga tidak ada efek buruk lainnya yang saat ini menghantui para pemelihara burung cendet.