5 Manfaat Daun Sirih Untuk Burung

Rajakicau.com – Tanaman sirih sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Tumbuhan sirih umumnya merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Lalu apa saja manfaat daun sirih untuk burung? Baca Juga: Manfaat Timun untuk Burung yang Wajib Diketahui

Daun sirih mengandung saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan hewan peliharaan. Selain itu, manfaat daun sirih untuk burung juga tidak bisa diragukan lagi dan sudah sering dibuktikan.

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung

Daftar Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Peliharaan Anda

Burung yang Anda pelihara tentunya memerlukan perawatan untuk mendapatkan peforma bagus. Perawatan yang baik bisa mencegah penyakit pada burung peliharaan. Dalam hal ini pemanfaatan tanaman alami sangat diperlukan, seperti daun sirih. Berikut adalah manfaat dari daun sirih untuk burung peliharaan yang perlu diketahui.

Menyembuhkan Burung Kutuan

Kutu akan menyebabkan kerja atau aktivitas burung pelihaaan kurang maksimal. Burung akan merasa selalu merasa ingin garuk-garuk, dan bisa menyebabkan bulunya menjadi rusak. Hal ini akan membuat penampilan burung menjadi kurang maksimal dan juga akan malas berkicau.

Mengobati burung yang mengalami kutuan bisa dengan merebus 3 lembar sirih dengan 3 gelas air selama 5 menit. Kemudian air rebusan daun sisrih bisa langsung di semprotkan untuk memandikan burung. Proses penyembuhan kutu ini bisa dilakukan dua kali sehari.

Menyembuhkan Kaki Burung Bubulan

Daun sirih dipercaya bisa menyembuhkan kaki burung yang bubulan. Penyakit bubul disebabkan oleh bakteri staphylo coccus yang menyerang kulit di telapak kaki.

Baca Juga  Cara Mengatasi Murai Batu Stress (AMPUH)

Penyakit ini jika dibiarkan bisa menular ke kaki satunya dan bisa menyebabkan bagian tubuh burung yang satu ini cacat. Kaki yang terkena bubul akan membengkak, kuku memanjang, sisiknya melebar atau merenggang.

Kaki bubul pada burung biasanya akibat dari kondisi kandang yang kotor, sehingga segala bakteri terkumpul disana dan bisa mengancam kesehatan burung.

Untuk menyembuhkan bubulan pada kaki burung, Anda bisa melakukan dengan cara merebus daun sirih dan mencampurkan dengan garam. Kemudian cuci kaki burung yang bubulan dengan air rebusan daun sirih dalam keadaan hangat.

Anda juga harus membersihkan tangkringan burung yang ada di dalam sangkar. Tangkringan tersebut bisa dicuci setiap hari dan diganti satu minggu sekali. Setiap hari sangkar burung bisa dijemur dibawah terik matahari langsung untuk menjaga kelembapan.

Penyembuhan Suara Serak Pada Burung

Suara serak pada burung biasanya disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan yang dikarenakan salah memberi pakan. Penyakit suara serak pada burung juga bisa disebabkan oleh bakteri dan jamur yang menyerang tenggorokan. Rasa sakit saat burung berkicau akan membuat bisu permanen apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Menyembuhkan serak pada burung bisa dilakukan dengan merebus 4 lembar daun sirih, jahe, dan mengkudu yang masih muda. Dalam memberikan air daun sirih pada burung usahakan menggunakan inisiatif supaya bisa meminumnya. Manfaat daun sirih untuk burung yang satu ini juga bisa digunakan untuk persiapan lomba kicauan.

Menyembuhkan Sakit Mata

Sakit mata pada burung biasanya disebabkan oleh bakteri dan alergi karena gesekan tangkringan kandang. Untuk menyembuhkan sakit mata yang dialami oleh burung, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih.

Menghilangkan Bau Pada Peliharaan

Apabila burung peliharaan Anda memiliki bau yang kurang sedap bisa diatasi dengan air daun sirih. Hal ini karena zat antiseptik yang ada didaun sirih bisa membasmi kuman.

Baca Juga  Inspirasi Kandang Ternak Murai Dalam Rumah dan Keuntungannya

Manfaat daun sirih untuk burung ini bisa menjadi solusi alternatif dalam menyembuhkan penyakit secara alami. Sebelum mengobati alangkah baiknya jika Anda menjaga kebersihan dan merawat burung peliharaan dengan baik.