Cara Mengatasi Lovebird Galak Berikut Perlu Anda Pahami

Lovebird peliharaan Anda galak? Mungkin saja lovebird tersebut mengalami over birahi atau terlalu sering dimainkan sehingga membuatnya terlalu aktif. Bahkan lovebird akan menggigit dan seperti ingin menyerang siapapun yang mendekatinya. Ada beberapa cara mengatasi lovebird galak yang bisa Anda terapkan.

Tips yang dapat dilakukan bagi Anda yang lovebirdnya galak yaitu melakukan perawatan atau pemeliharaan dengan benar. Lovebird galak akan jarang berbunyi lagi akibat over birahi atau salah dalam perawatannya. Berikut adalah beberapa cara yang harus diketahui dan bisa dicoba untuk mengatasi masalah lovebird yang galak.

Memberi Pakan yang Sesuai

Sebaiknya pemberian EF untuk meningkatkan birahi lovebird dikurangi atau dihentikan sementara. Hal tersebut dilakukan agar burung tidak bertambah galak. Maka yang perlu diberikan adalah makanan EF untuk menurunkan birahi. Contoh pakan yang bisa digunakan untuk menurunkan birahi burung yaitu daun kemangi dan mentimun. Pakan alami penurun birahi burung tersebut sangat mudah didapatkan.

Cara Mengatasi Lovebird Galak Berikut Perlu Anda Pahami

Selain pakan alami, vitamin khusus juga dapat diberikan, misalnya seperti vitamin Natural Over Birahi untuk menurunkan birahi pada burung. Untuk pakan utama pengganti EF, Anda bisa menggunakan millet putih secukupnya untuk menyeimbangkan asupan nutrisi pada burung setiap harinya.

Mengatur Mandi Lovebird

Proses pemandian lovebird juga harus diperhatikan. Memandikan lovebird terlalu sering akan membuat burung tersebut birahinya turun akibat sering kedinginan. Banyak ahli menyarankan untuk memandikan lovebird dengan air dingin dari lemari es untuk mengatasinya. Namun jangan sampai salah mensetting atau malah bisa menyebabkan burung mengalami sakit akibat terlalu sering mandi.

Untuk menurunkan birahi, mandikan lovebird dengan frekuensi sering. Anda bisa memandikan burung 3 kali sehari pada waktu pagi, siang, dan sore. Atau bisa memandikan sebanyak 4 kali ditambah pada malam hari. Namun Anda tetap harus menyesuaikan dengan kondisi lovebird.

Mengatur Tingkat Birahi

Solusi tepat yang wajib dilakukan sebagai cara mengatasi lovebird galak adalah mengatur tingkat birahinya. Lovebird yang galak, ganas, dan agresif bisa disebabkan karena birahinya tinggi, sehingga birahi perlu diturunkan. Pemberian pakan EF penurun birahi dapat diberikan. Selain itu, Anda perlu mengontrol stress pada burung. Jangan sering dijahili oleh tangan dan jangan terlalu kasar saat merawatnya.

Namun, tidak selalu burung yang galak disebabkan oleh birahi yang terlalu tinggi. Ada juga faktor penyebab lain seperti adanya penyakit yang menyerang, burung sedang stress, dan tidak nyaman. Ciri lovebird yang over birahi yaitu bisa dilihat dari seringnya turun ke dasar sangkar, menggigit dan menyerang, mengepakkan sayap (lovebird betina), ngeruji, dan kebiasaan gesek tangkringan.

Memperhatikan Penjemuran Lovebird

Kegiatan penjemuran pada lovebird penting dilakukan. Keuntungan menjemur lovebird yaitu bermanfaat bagi proses pertumbuhan dan perkembangan, metabolisme, reproduksi, dan tingkah laku serta kondisi fisik dan mental burung tersebut. Penjemuran bisa dilakukan setelah Anda selesai memandikan lovebird. Namun jika lovebird galak, penjemuran setelah mandi sangat tidak disarankan.

Menjemur burung ini biasanya dilakukan pada pagi hari antara pukul 07.00-10.00 baik setelah mandi atau tidak mandi. Penjemuran juga dapat dilakukan di sore hari antara pukul 15.00-16.00. Ada cukup menjemur burung selama 15-30 menit saja.

Memberikan Adaptasi Pada Burung

Lingkungan tempat tinggal juga dapat menjadi penyebab lovebird menjadi galak. Misalnya terlalu banyak burung di sekitarnya, sehingga membuat kondisi sekitar menjadi bising. Maka dari itu jangan meletakkan burung terlalu berdekatan dengan burung lainnya. Hal itu dapat menyebabkan lovebird over birahi dan bisa mengalami stress.

Anda juga dapat melakukan penjinakan pada burung ini. Penjinakan ini dengan cara mengenalkan lingkungan tempat tinggal burung. Cobalah untuk membiasakan lovebird berada di tempat yang tenang, memberikan pakan dengan tangan Anda dan merawatnya dengan baik dan benar.

Itulah beberapa cara mengatasi lovebird galak yang bisa Anda terapkan di rumah. Yang paling penting jangan pernah membuat kondisi mental burung menjadi tambah down, karena hal tersebut akan membuat burung semakin galak.