Begini Daftar Cara Mengobati Katarak Pada Burung

Rajakicau.com – Katarak adalah penyakit mata pada manusia yang terjadi karena paparan bahan kimia berbahaya atau dikarenakan kelainan tertentu. Selain menyerang manusia, katarak ternyata juga bisa terjadi pada burung. Penyakit ini harus segera diobati, dan cara mengobati katarak pada burung dapat diketahui dengan memahami ciri awal serta penyebab katarak terlebih dahulu.

Gejala Awal Katarak Burung

Sebelum menjelaskan cara mengobati katarak, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu gejala awal katarak pada burung. Katarak pada burung, biasanya bermula dengan munculnya flek putih pada mata. Flek ini biasanya berukuran kecil, yang kemudian semakin melebar serta menyebabkan kebutaan bahkan kematian, apabila tidak segera diobati.

Penyebab Katarak Burung

Katarak pada burung muncul karena beberapa faktor, seperti misalnya akibat dari ulat hongkong (UH). Ulat jenis ini merupakan salah jenis satu makanan yang diberikan pada barung, namun jika jumlahnya berlebihan maka dapat menyebabkan katarak.

Cara mengobati katarak pada burung

Selain faktor makanan, ternyata cahaya matahari maupun lampu yang terlalu terang juga dapat menyebabkan katarak. Burung bisa terkena katarak apabila dijemur terlalu dekat dengan cahaya.

Penyakit katarak bisa diobati menggunakan beberapa cara yang sudah terbukti ampuh. Berikut merupakan cara mengobati katarak pada burung yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengobati Katarak Pada Burung

Menggunakan Obat Tetes Madu Asli

Obat satu ini dipercaya dapat mengobati katarak pada burung. Obat tetes madu asli sendiri dihasilkan oleh lebah madu. Obat tetes ini merupakan zat yang dikumpulkan lebah madu dari pucuk daun muda kemudian dicampurkan dengan air liur lebah. Lebah biasanya menggunakan tetes madu ini untuk menambal sarang serta mensterilkan sarangnya dari bakteri, virus, jamur, dll.

Baca Juga  Cara Mengatasi Murai Batu Stress (AMPUH)

Cara mengobatinya dengan menggunakan 1 tetes obat tetes madu asli yang dicampurkan dengan 5-7 air bersih. Kemudian diteteskan pada mata burung yang sakit selama 1 kali dalam sehari. Sisa campurannya tadi, dapat digunakan untuk hari selanjutnya sampai habis.

Menggunakan Daun Kitoloid

Daun kitoloid dapat digunakan untuk menyembuhkan katarak pada burung. Bagian yang digunakan adalah tangkai bunga, batang tersebut diperas kemudian diambil airnya. Air ini bisa disimpan di dalam wadah obat tetes mata atau wadah yang lain.

Air perasan tersebut selanjutnya diteteskan pada mata burung yang sakit, dua kali sehari. Pagi hari serta sore hari. Selain tangkai, embun yang terdapat di daun kitoloid dapat digunakan sebagai obat gangguan mata pada burung. Fungsinya adalah membersihkan kotoran yang menempel pada mata.

Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih yang direbus dengan bunga kitoloid, ternyata juga dapat menyembuhkan katarak pada burung. Caranya adalah kedua bahan tersebut direbus hingga lunak, kemudian diperas. Air perasan tersebut dapat diberikan pada burung 2 kali hari, pagi dan sore hari, selama 1 minggu berturut-turut. Selain itu bisa juga diberikan pijatan di sekitar kelopak mata, hal ini dapat mempercepat pengobatan.

Menggunakan Obat Mata Berbentuk Cream

Obat ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit mata pada burung. Seperti pox (cacar) pada sekitar mata, peradangan pada mata dan kelopak mata, serta patek akibat infeksi jamur atau virus pada sekitar mata, serta bisa mengobati katarak.

Penggunaanya cukup dioleskan langsung ke mata atau kelopak mata, serta bagian lain yang terkena jamur atau radang. Pengobatannya dapat dilakukan pagi dan sore, serta pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengoleskannya.

Bawa ke Dokter Hewan

Cara mengobati katarak pada burung yang terakhir adalah membawanya ke dokter hewan. Pengobatannya dengan pemberian obat yang sesuai, operasi pengangkatan katarak, bahkan pengangkatan mata jika parah.

Baca Juga  Pakan Burung Murai Batu