Burung Selendang Biru : Jenis, Ciri Khas, Habitat & Makanan

Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru, atau juga dikenal sebagai Blue Shawl Bird, adalah salah satu jenis burung yang memiliki keunikan serta keindahan tersendiri. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas jenis spesies, ciri karakteristik, habitat, dan makanan dari burung ini. Mari simak berikut ini sobat kicau.

Baca Juga : Burung Yuhina : Jenis, Ciri Khas, Habitat & Makanan

Burung Selendang Biru

Burung Selendang Biru, atau dikenal juga sebagai Blue Shawl Bird, adalah salah satu jenis burung yang memiliki daya tarik karena keindahan bulunya dan suaranya yang merdu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang spesies ini, termasuk karakteristiknya, habitatnya, dan makanannya.

Burung ini termasuk dalam keluarga Muscicapidae dan genus Cyornis. Nama ilmiahnya adalah Cyornis unicolor. Burung ini memiliki tiga sub-spesies yang tersebar di berbagai daerah, termasuk Himalaya, Asia Tenggara, dan Semenanjung Malaya. Di Indonesia, burung ini dapat ditemukan di Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Burung Selendang Biru memiliki keunikan dan keindahan yang membuatnya menarik perhatian pecinta burung. Dari bulu biru muda yang indah hingga suara merdunya, burung ini merupakan burung yang menarik untuk dipelihara dan diamati. Keunikan ini membuat burung ini menjadi salah satu burung yang populer di kalangan para pecinta burung kicau.

Baca Juga  Burung Papilo : Jenis, Ciri Khas, Habitat & Makanan

Jenis-Jenis Burung Selendang Biru

Berikut ini adalah berbagai jenis Burung Selendang Biru yang ada di dunia:

1. Burung Selendang Biru Eropa (Cyanistes caeruleus)

Burung Selendang Biru Eropa adalah jenis yang paling umum ditemukan di wilayah Eropa. Mereka dikenal dengan bulu biru yang mencolok dengan warna kuning cerah di bagian perutnya. Burung ini memiliki panjang sekitar 10 hingga 12 sentimeter. 

Mereka biasanya hidup di hutan-hutan dan taman-taman kota di Eropa. Kicauan mereka yang merdu sering menghiasi pagi-pagi di berbagai negara Eropa.

2. Burung Selendang Biru Amerika (Thraupis episcopus)

Berbeda dengan jenis Eropa, Burung jenis ini memiliki warna biru yang lebih intens dengan bulu yang lebih tebal. Mereka ditemukan di Amerika Selatan, terutama di negara-negara seperti Brasil dan Venezuela.

3. Burung Selendang Biru Asia (Eumyias thalassinus)

Jenis ini mendiami kawasan Asia, terutama di India dan Asia Tenggara. Burung Selendang Biru Asia memiliki warna biru-hijau yang mencolok. Mereka sering terlihat di hutan-hutan pegunungan dan dataran rendah. 

Ciri Karakteristik Burung

– Fisik

Burung ini memiliki ukuran tubuh yang agak besar, sekitar 16 cm. Burung jantan memiliki warna dominan biru muda, sementara betina berwarna coklat. Jantan memiliki perut putih keabu-abuan dan penutup ekor bawah putih, sementara betina memiliki tubuh bagian atas berwarna coklat abu-abu dan lingkar mata kuning kecokelatan.

– Suara

Suara ini juga memiliki ciri khasnya sendiri. Mereka memiliki suara kicauan yang nyaring, manis, dan sering kali naik turun. Beberapa bahkan memiliki suara yang agak parau, menambah pesonanya.

Suara burung ini tergolong cukup merdu dan nyaring. Mereka sering mengeluarkan kicauan dengan nada yang naik turun secara beraturan.

Baca Juga  Burung Yuhina : Jenis, Ciri Khas, Habitat & Makanan

– Burung Selendang Biru Jantan & Betina

Perbedaan antara burung jantan dan betina dapat dilihat dari corak warna pada tubuhnya. Jantan memiliki warna biru muda yang dominan, terutama di bagian atas tubuhnya. 

Sementara itu, betina memiliki warna coklat abu-abu yang lebih mencolok. Perbedaan ini membantu dalam identifikasi jenis kelamin ketika memelihara dan memperhatikan burung ini.

Masa kawin burung ini biasanya terjadi antara bulan April hingga Juni. Pada masa ini, burung jantan akan menunjukkan sikap yang lebih aktif dan bersemangat untuk menarik perhatian burung betina. Mereka akan saling berinteraksi dan berkomunikasi melalui kicauan dan gerakan tubuh.

Habitat Burung Selendang Biru

Burung ini biasanya hidup di hutan subtropik atau hutan tropik yang lembab. Mereka dapat ditemukan di daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400 meter di atas permukaan laut. 

Habitat yang menjadi tempat tinggalnya adalah kawasan hutan primer yang jauh dari perkebunan atau pemukiman manusia. Burung ini juga sering terlihat di daerah yang dekat dengan sumber air.

Burung ini memiliki sejumlah subspesies yang tersebar di wilayah yang berbeda. Subspesies ini meliputi Uttarakhand, Nepal, India, Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

Makanan Burung Selendang Biru

1. Serangga dan Larva

Makanan utama burung ini di alam liar adalah serangga kecil dan larva. Mereka sangat terampil dalam menangkap serangga. Dengan paruhnya yang tajam, mereka dapat dengan mudah menangkap mangsa mereka. Serangga seperti kumbang, lalat, dan semut adalah kesukaan burung ini.

2. Buah-buahan Kecil

Selain serangga, burung ini juga akan memakan buah-buahan kecil yang memiliki tekstur lembut. Buah-buahan seperti berry, ceri, dan anggur merupakan makanan tambahan yang mereka sukai, terutama di musim panas ketika buah-buahan ini berlimpah.

Baca Juga  Burung Tuwu : Jenis, Ciri Khas, Habitat & Makanan

3. Pakan Voer

Ketika dipelihara sebagai burung peliharaan, Burung jenis ini dapat diberi makan voer khusus yang dirancang untuk memberikan nutrisi penting. Pakan voer ini mengandung protein, vitamin, mineral, dan nutrisi esensial lainnya yang diperlukan untuk menjaga kesehatan burung.

4. Jangkrik Kecil

Jangkrik kecil adalah pilihan makanan tambahan yang baik untuk burung ini. Mereka sangat menyukai jangkrik, dimana jangkrik juga merupakan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan burung ini.

5. Ulat Hongkong dan Kroto

Ulat Hongkong dan kroto adalah makanan tambahan lain yang dapat diberikan kepada burung ini. Mereka menyukai rasa dan tekstur dari ulat Hongkong yang lembut dan kroto yang kaya akan nutrisi. Hal ini adalah cara lain untuk memastikan bahwa burung ini mendapatkan makanan dengan gizi yang seimbang.

Tips Memelihara Burung Selendang Biru

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memelihara burung ini dengan baik:

  • Berikan makanan yang sehat dan bergizi, seperti pakan voer, jangkrik kecil, ulat hongkong, dan buah-buahan.
  • Pastikan kandang burung cukup luas dan nyaman.
  • Jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya.
  • Berikan air minum yang bersih dan segar setiap hari.
  • Jaga burung ini agar cukup beristirahat dan tidak stress.

Kesimpulan

Baca Juga : Burung Tuwu : Jenis, Ciri Khas, Habitat & Makanan

Burung Selendang Biru adalah salah satu burung kicau yang menarik perhatian banyak pecinta burung. Dengan suara kicauan yang merdu dan penampilan yang menawan, mereka menjadi burung yang populer di kalangan pecinta burung kicau.

Tinggalkan komentar