6 Cara Membuat Kenari Gacor Siang Malam! Pemula Wajib Coba

Rajakicau.com – Para pecinta burung kenari pastinya akan menginginkan kenari yang dimiliki gacor siang dan malam. Cara membuat kenari gacor siang malam juga bisa dilakukan dengan mudah dirumah. Beberapa cara ini bisa diikuti dan diaplikasikan kepada burung kenari yang dimiliki. Baca Juga: 6 Jenis Sayuran Untuk Birahi Kenari! No 4 Banyak yang Gatau

Sebetulnya apabila seorang pemelihara burung ini memperhatikan masalah pakan, kemudian perawatan diri dari burung tersebut maka mungkin bisa membuat kenari gacor.  Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi! No 6 Wajib Dilakukan (AMPUH)

Namun apabila pemeliharan tidak mengetahui ilmunya bisa jadi membuat kenari tidak bisa gacor dan malah tidak aktif berkicau. Simak penjelasan berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut:

Faktor Yang Mempengaruhi Kenari Bisa Gacor

Burung kenari bisa memiliki kemampuan berkicau yang baik siang maupun malam, namun sebaliknya kenari bisa sama sekali tidak bisa berkicau. Lantas apa faktor yang mempengaruhi kenari bisa gacor pada siang hari maupun malam hari? 

Hal tersebut tentunya dipengaruhi beberapa faktor yang dapat diketahui seperti usia kenari tersebut. Selain itu juga bisa dipengaruhi oleh kecerdasan dan daya terima yang dimiliki oleh burung kenari yang berbeda satu sama lain. 

Kontinuitas dalam mendengarkan isian untuk kenari juga berpengaruh kenari tersebut bisa gacor atau tidak. Selanjutnya lingkungan juga berpengaruh.

Cara Membuat Kenari Gacor Siang Malam

Di bawah akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kenari bisa gacor setiap harinya. Tentunya cara ini harus dilakukan optimal dan rutin agar hasilnya maksimal. Simak penjelasanya dengan seksama.

1. Memberikan Pakan Biji – Bijian

Kenari yang masih berumur 2 bulan bisa diberikan pakan biji – bijian, pakan ini wajib untuk diberikan untuk burung kenari. Cara ini ternyata bisa membuat kenari lebih cepat gacor nantinya apabila sudah bertumbuh lebih dewasa. 

Hal tersebut tentunya cocok untuk diberikan karena kenari merupakan jenis granivore. Diantara pakan yang bisa disediakan yakni Milet, Canary Seed, Biji Selada, Biji Sawi, Lin Seed dan Haver Seed. 

Jenis pakan yang disebutkan diatas bisa membuat burung kenari yang dimiliki gacor siang dan malam. Pakan tersebut bisa dibeli dan ditemui pada toko pakan burung yang ada disekitar.

2. Menyediakan Pakan Dedaunan

Cara membuat kenari gacor siang malam selanjutnya yakni dengan menambahkan pakan dedaunan untuk burung kenari. Penambahan pakan ini dimaksudkan agar kenari tidak hanya memakan satu jenis pakan saja. 

Hal tersebut dikarenakan burung kenari dalam habitat liar juga memakan dedaunan di hutan. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua daun bisa dipakaikan untuk burung kenari. 

Ada jenis daun tertentu yang boleh diberikan untuk pakan burung kenari. Diantara daun tersebut yakni daun krokot, Binahong, mengkudu, dewa dan ginseng jawa.

3. Menambahkan Extra Fooding

Makanan tambahan ini juga diperlukan untuk membuat burung kenari semakin gacor. Burung kenari memang menyukai makanan tambahan seperti buah dan juga sayuran. Ada beberapa jenis buah dan juga sayuran yang diperbolehkan untuk diberikan untuk kenari.

Beberapa jenis makanan tambahan ini tentu mudah sekali ditemui disekitar rumah, sehingga tidak usah khawatir. Diantara jenis pakan tambahan diantaranya apel, peterseli jagung muda dan masih banyak lagi.

4. Memberikan Tulang Sotong

Cara ini ternyata ampuh digunakan untuk membuat burung kenari gacor siang dan juga malam. Manfaat tulang sotong ini ternyata banyak diabaikan oleh pemilik burung kenari. Kandungan kalsium dan juga fosfor pada tulang sotong akan berguna menjaga stamina Kesehatan burung kenari.

Beberapa jenis burung yang menyukai tulang sotong ini diantaranya kacer, lovebird, kenari dan juga murai batu. Maka dari itu bisa coba untuk berikan kenari yang dimiliki dengan tulang sotong untuk konsumsinya.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Hal ini sepele namun penting untuk diperhatikan agar kenari bisa nyaman hidup dan bergerak pada kandangnya. Kenari yang tidak nyaman akibat kandang yang kotor maka sering menyebabkan depresi pada burung kenari. 

Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kualitas kicauan pada kenari. Kotoran kenari yang menumpuk harus segera dibersihkan karena apabila kotoran tersebut terjatuhi makanan dan termakan kenari maka akan sangat berbahaya. 

Kandang yang kotor akan memungkinkan bakteri dan juga parasite yang ada semakin tinggi. Hal itu menyebabkan tempat hidup kenari menjadi tidak sehat untuk ditinggali.

6. Pemasteran Kenari Waktu Malam

Satu hal lagi yang sering terlupa bagi para kenari lover yaitu melakukan pemasteran, padahal hal ini sangat bermanfaat sekali untuk burung kenari agar bisa melatih kemampuan berkicaunya.

Kami sarankan lakukan pemasteran saat malam hari dengan speaker yang sudah diisi dengan kicauan burung, hal ini agar kenari dapat merespon dan sensitif serta agar lebih dapat berkicau lebih gacor siang dan malam.

Baca juga: 5 Minuman Kenari Cepat Gacor! No 1 Joss

Uraian terkait dengan cara membuat kenari gacor siang malam yang bisa dicoba dan diterapkan. Beberapa cara di atas termasuk dasar dalam memelihara burung kenari agar kenari bisa lebih gacor nantinya dalam berkicau dan bernyanyi. Tentu harus ditunjang dengan perawatan yang berkala dan rutin.

 

Tinggalkan komentar