Ini Perbedaan Kenari Loper Dan Af! Pemula Jangan Tertukar

Rajakicau.com – Penggemar burung kenari yang masih pemula tentu harus tahu perbedaan antara kenari loper dan af yang bisa diketahui. Bagi yang belum mengenal burung kenari pastinya akan sedikit mengalami kesulitan untuk membedakannya. Baca Juga: 3 Ciri Ciri Kenari AF Berkualitas! Pemula Jangan Tertipu

Namun, setiap jenis kenari memiliki karakteristik yang bisa dibedakan dan pastinya khas dimiliki.  Pemelihara burung kenari pastinya tahu jika burung ini termasuk kedalam jenis burung yang memiliki kicau yang merdu. 

Selain itu juga memiliki jenis warna bulu yang cerah dan tubuhnya berbentuk kecil, namun perlu diperhatikan kenari memiliki jenis yang banyak dan berbeda nama. Simak penjelasannya berikut ini dengan jelas.

Fakta Menarik Terkait Burung Kenari

Jenis burung kenari ini tentu punya fakta menarik yang harus diketahui oleh para pemelihara burung ini agar dapat memahami cara hidup burung. Baca Juga: 6 Jenis Sayuran Buat Kenari Biar Gacor! No 4 Sering Diabaikan

Maka dari itu sebelum mengetahui perbedaan setiap jenis burung kenari maka perlu untuk mengetahui fakta menarik yang bisa didapat dari burung kenari.

Kenari jantan memiliki kemampuan menyanyi yang lebih baik daripada kenari betina. Hal tersebut karena hormone yang dimiliki berbeda, selain itu juga jantan lebih jarang untuk berkicau namun saat musim kawin lebih sering. Maka dari itu apabila menempatkan kenari dalam satu kandang maka akan mengurangi intensitas berkicau.

Perbedaan Burung Kenari Loper Dan Af

perbedaan kenari loper dan af
perbedaan kenari loper dan af

Sebenarnya perbedaan kenari loper dan af ini bisa dikenali dengan mudah, caranya tentu harus tahu jenis – jenis burung kenari yang ada. Burung kenari sendiri memiliki sekitar 8 jenis kenari diantaranya, yorkshire, kenari F2, F3, F1, AFS, AF, Lokal super (Loper) dan Lokal. Semua jenis tersebut yang biasa disebut dan didengar dalam memelihara burung kenari.

Namun bagi pemula pastinya belum mengerti maksud dari jenis kenari diatas, Maka dari itu akan dijelaskan terkait jenis burung kenari.

1. Hasil Persilangan Yang Berbeda

Persilangan antara burung kenari lokal dan jenis AF akan menghasilkan keturunan jenis burung lokal super atau sering disebut loper. Jenis burung ini merupakan burung kenari yang memiliki ukuran badan yang lebih besar dari jenis kenari lokal. 

Maka dari itu burung ini disebut dengan local super karena persilangan tersebut. Sedangkan untuk jenis kenari AF ini merupakan hasil perkawinan silang antara indukan kenari lokal dan dengan kenari F1. Baca Juga: Daftar Silangan Kenari! Pahami Biar Tidak Keliru

Disini terlihat indukan yang berbeda antara satu sama lainnya. Maka dari itu dengan perbedaan ini akan menghasilkan anakan yang berbeda pula satu diantaranya. Namun secara sifat untuk kenari ini juga tidak begitu berbeda dengan jenis lainnya untuk masalah berkicau, karena baik itu loper dan AF juga memiliki kicau yang bagus. 

Perbedaannya hanya terletak pada postur dan tampilan tubuhnya saja. Untuk warna mayoritas berwarna kuning.

2. Postur Tubuh Yang Dimiliki

Perbedaan kenari loper dan af sendiri terletak pada bentuk fisik yang ada pada burung nya. Kenari loper atau lokal super ini memiliki bentuk yang agak besar dari jenis kenari lainnya karena dihasilkan dari persilangan induknya. Sedangkan untuk kenari jenis AF memiliki postur yang lebih besar daripada loper.

Selain itu juga kenari AF nampak terlihat gagah diantara jenis kenari lainnya, perbedaan ini akan sangat mudah dilihat dan nampak pada kedua jenis kenari. Namun kenari AF ni sering dibilang dengan kenari import dengan tampilan seperti itu. Maka dari itu untuk kenari jenis AF ini banyak sekali peminatnya. Baca Juga: Ini Ciri Ciri Kenari F1 yang Berkualitas! Pemula Jangan Tertipu

Demikian uraian terkait dengan perbedaan kenari loper dan af yang bisa diketahui untuk membedakannya bisa melalui postur. Selain itu dari uraian diatas bisa diketahui fakta menarik yang dimiliki oleh burung kenari.

 

Tinggalkan komentar