Tips Pemberian Makanan Burung Cendet Anakan

Rajakicau.com – Burung cendet anakan sangat membutuhkan lebih banyak nutriisi seperti protein,vitamin, kalsium, dan mineral lainnya agar cepat tumbuh, kuat dan bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Berikut adalah beberapa makanan burung cendet anakan yang sangat kami rekomendasikan, yaitu antara lain.

Tips Pemberian Makanan Burung Cendet Anakan

Tips Pemberian Makanan Burung Cendet Anakan

Makanan Dengan Kebutuhan Khusus

Burung cendet anakan sama halnya dengan seorang bayi yang bahkan belum memiliki gigi. Agar burung cendet anakan mampu bertahan hidup, berikan makanan dari voer khusus yang sudah dihaluskan atau dijadikan berupa bubur, sehingga burung cendet anakan tersebut bisa menelan makanan dengan mudah.

Voer khusus tersebut bisa berupa voer basah yang dicampur dengan dua ekor jangkrik. Atau bisa juga dicampur dengan seekor ulat kandang dan serangga lain yang mengandung protein tinggi.Baca Juga: Cara Jitu mengatasi burung cendet manja

Waktu pemberian makanan juga perlu Anda perhatikan. Dimulai dari pukul 06.00, beri beberapa suapan namun jangan sampai terlalu anakan burung tersebut kenyang. Dua jam kemudian suapi lagi anakan burung cendet dengan bubur yang sama. Menjelang siang, sebaiknya dibuatkan bubur baru yang lebih segar dan fresh agar anakan burung tetap menadapatkan protein yang cukup.

Makanan Berupa Jangkrik Muda

Makanan berupa jangkrik muda sangat direkomendasikan untuk burung cendet yang masih anakan. Dalam penyajiannya sebaiknya kepala dan kaki jangkrik dibuang terlebih dahulu. Meskipun jangkrik sangat direkomendasikan, namun pemberian makanan ini untuk anakan burung cendet sebaiknya jangan terlalu sering.

Pemberian serangga segar diberikan pada pagi hari sebanyak satu ekor dan waktu makan terakhir sebanyak satu ekor. Pemberian serangga segar ini tidak hanya diberikan saat masih anakan saja, bisa juga ketika sudah dewasa, jika tidak masalah jika sesekali diberikan makanan serangga segar sebagai variasi makanannya.

Makanan Dengan Protein Tinggi

Cendet anakan yang dirawat dengan baik akan menghasillkan cendet dewasa yang berkualitas. Untuk itu perawatan sejak dini sangat diperlukan. Pemberian makanan dengan kandungan protein tinggi sangat baik untuk kebutuhan cendet anakan. Baca Juga: Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Makanan burung cendet anakan yang mengandung protein tinggi bisa berupa serangga ataupun jangkrik. Akan tetapi dalam memberikan makanan tersebut sebaiknya kepala dan kaki serangga dihilangkan terlebih dahulu. karena cendet anakan belum mampu mencerna makanan yang besar atau memiliki tekstur yang kasar dengan baik.

Memberikan Tambahan Multivitamin

Makanan dengan protein tinggi saja tidak cukup sebagai pertumbuhan burung cedet anakan. Pemberian multivitamin secara rutin juga sangat direkomendasikan sebagai penutup kekurangan nutrisi dari burung cendet anakan tersebut. Multivitamin ini bisa didapatkan di toko burung atau toko pakan burung yang sudah terpercaya. Pemberian multivitamin cukup tiga kali dalam seminggu.

Pemberian Makanan Berdasarkan Umur Anakan

Anakan burung cendet yang masih berusia sekitar dua minggu dan hanya mempunyai beberapa helai bulu tips di sekujur tubuhnya, sehingga bisa diberi racikan makanan berupa pakan tambahan kenari, biskuit bayi,voer (fancy), atau kroto bersih.

Semua bahan ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit air yang sudah matang. Sesekali bisa ditambahkan jangkrik, ulat hongkong atau ulat bambu dalam adonan makanannya. Ingat, tambahan makanan tersebut juga ikut dihaluskan bersama bahan yang lain. Selain menu tersebut, bisa juga diberikan buah pisang atau pepaya yang dilembutkan.

Cendet anakan berusia satu bulan, tentunya sudah mulai menggunakan menu makanan yang sedikit berbeda. Cendet diberi tiga ekor ulat hongkong berukuran kecil dan diberikan setiap malam hari. Awalnya bisa dilolohkan, akan tetapi harus diajarkan untuk sedikit mandiri agar mampu memakan makanannya sendiri.

Ketika cendet anakan sudah mulai bisa mandiri, berikan voer fancy dalam dua bentuk. Yang pertama voer fancy dalam bentuk dihaluskan, yang kedua voer fancy yang ditumbuk seadanya. Sehingga menjadi voer fancy dalam wujud sedikit kasar. Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Masukan voer fancy tersebut dalam sebuah wadah dan biarkan cendet anakan mengambil makanannya sendiri. Sesekali tetap diberi jangkrik dan ulat hongkong dan letakkan ke dalam wadah makannya.

Itulah beberapa Makanan burung cendet anakan yang sudah penulis rangkum. Merawat burung cendet anakan memang tidak mudah. Asalkan berhati-hati dalam memilih makanan dan tidak sering mengganti jenis makanan. Nah, kamu sudah mencoba yang mana?