6 Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi! No 6 Wajib Dilakukan (AMPUH)

Rajakicau.com – Bagi penggemar burung khususnya kenari pasti penasaran bagaimana cara mengatasi kenari macet bunyi. Sebab burung ini populer dengan warna yang beragam dan suara merdu yang khas. Baca Juga: 6 Cara Membuat Kenari Gacor Siang Malam! Pemula Wajib Coba

Kenari adalah salah satu jenis burung yang kicaunya indah dan gacor. Maka tak heran jika banyak penyuka burung yang memelihara kenari ini untuk ikut lomba atau untuk hal lainnya. Berikut penyebab dan cara mengatasi kenari yang macet bunyi:

Penyebab Kenari Macet Bunyi

Saat burung kenari mengalami masalah seperti macet bunyi tentu akan membuat pemilik pusing dan khawatir. Baca Juga: Burung Kenari Hanya Bunyi Cuit? Cukup Pakai Cara Ini Gacor Kembali

Namun, pemilik terlebih dahulu mencari penyebab macet bunyi pada burung kenari. Simak penyebab yang sering terjadi di bawah ini:

1. Burung Kenari Kurang Fit

Penyebab pertama mungkin saja burung kenari dalam kondisi yang sedang tidak fit. Hal tersebut bisa karena gangguan pencernaan, sakit setelah mabung, terkena gigitan nyamuk, dan lain-lain. Tentu saja hal yang demikian bisa membuat suara kenari macet.

2. Burung Kenari Stres

Hewan juga bisa mengalami stres. Termasuk burung kenari bisa merasa stres jika ditempatkan pada lingkungan yang tidak nyaman. Burung kenari akan malas berbunyi di lingkungan yang bising dan panas.

Baca Juga  4 Jenis Warna Kenari yang Bagus! Cocok Untuk Kontes

3. Burung Kenari Terserang Kutu

Ketiga bisa karena gigitan kutu di tubuhnya. Apabila burung digigit oleh kutu maka seluruh tubuh akan gatal sehingga membuat burung malas berbunyi. Hal tersebut sangat mengganggu burung kenari. Baca Juga: Ini Minyak Kayu Putih untuk Kenari Serak! Mudah dan AMPUH

4. Perawatan Kurang Sesuai

Mungkin terdengar mudah untuk merawat burung. Namun, burung kenari membutuhkan perawatan yang benar dan tepat. Jika pemilik merawat dengan malas-malasan dan tidak rajin maka burung juga akan macet bunyi dan tidak gacor.

5. Kenari Ganti Bulu

Saat kenari ganti bulu membuat stamina turun sehingga mengakibatkan malas berbunyi. Kenari menahan sakit saat berganti bulu.

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi
Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi

Setelah mengetahui penyebabnya, penyuka burung kenari juga harus tahu cara mengatasi macet bunyi pada burung kenari yang dipelihara. Di bawah ini cara mengatasi yang dapat dilakukan:

1. Mengurangi Kegemukan Kenari

Pertama dengan cara mengurangi badan yang gemuk pada burung kenari. Perlu diperhatikan porsi makanan dan perawatan khusus yang dibutuhkan burung tersebut. Misalkan saja bisa mengganti biji-bijian dengan buah-buahan.

Supaya burung kenari lebih banyak minum daripada makan bisa dengan sering menjemur burung di pagi hari. Hal tersebut agar burung lebih sering merasa haus daripada rasa lapar. Burung kenari yang banyak bergerak juga akan mempercepat penurunan berat badan. Baca Juga: Kaki Kenari Jamuran? Ini Cara Cepat Atasinya Dijamin Ampuh dan Gacor Kembali

2. Mengerodong Sangkar Burung

Saat burung kenari istirahat sebaiknya jangan lupa untuk menutup kerodong sangkar. Banyak pemilik kurang memperhatikan hal yang dianggap tidak penting ini. Burung yang istirahat juga membutuhkan tempat yang nyaman.

Baca Juga  Ini 5 Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Murai Batu! No 3 Sering Diabaikan

Tujuan dari menutup sangkar dengan kerodong untuk mencegah cahaya masuk ke dalam sangkar burung. Hal ini agar burung kenari bisa nyaman dan tidak stres saat beristirahat.

3. Menjemur Di Pagi Hari

Selanjutnya cara mengatasi kenari macet bunyi bisa rutin menjemur setiap pagi hari. Cukup sebentar saja dan jangan terlalu lama saat menjemur. Burung kenari membutuhkan sinar cahaya matahari pagi.

Perlu diperhatikan menjemur dengan kondisi dan suasana yang sepi. Sebab burung kenari akan stres jika ada di tempat yang ramai dan banyak orang.

4. Mengasingkan Kenari

Apabila pemilik kenari mempunyai peliharaan jenis burung yang lain bisa melakukan cara ini. Mengasingkan dari burung-burung yang lain sejenis atau yang tidak sejenis. Bisa dijauhkan dengan jarak yang cukup jauh.

Sehingga burung kenari tidak bisa mendengar suara burung yang lain. Hal tersebut untuk mencegah burung kenari stres akibat rasa takut dengan burung yang lain.

5. Memindahkan Sangkar

Yang terakhir pemilik perlu melihat terlebih dahulu apakah sangkar burung sempit atau luas. Apabila sangkar sempit maka bisa memindahkan burung ke sangkar yang lebih luas.

Dengan sangkar yang lebih luas membuat kenari leluasa saat bergerak dan nyaman sehingga akan terus gacor dan tidak macet bunyi.

6. Menggunakan Vitamin Atau Obat Khusus

Apabila kalian sudah menggunakan cara cara alami tapi kenarimu masih saja macet bunyinya, kami sarankan gunakan vitamin atau obat khusus untuk kenari macet.

Kalian bisa membelinya di toko online banyak sekali yang menjual obat untuk burung kenari yang macet bunyi. Pilih merk yang berkualitas dan juga lihat penjualan nya jika banyak berarti hasilnya sudah terbukti.

Itulah tadi beberapa penjelasan cara mengatasi kenari macet bunyi dan faktor yang menyebabkan hal tersebut. Pemilik burung kenari bisa mencoba cara di atas agar burung selalu berkicau dan gacor tentunya. Perlu diperhatikan perawatan khusus pada burung kenari.

Baca Juga  Ini 5 Ciri Perkutut Berkhodam! No 3 Sering Gasadar

 

Tinggalkan komentar