(MANJUR) Cara Mengobati Burung Mencret dengan Alami

Cara Mengobati Burung Mencret dengan Benar – Kali ini Rajakicau.com Burung yang mengalami diare disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lingkungan yang kotor dan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat terganggu jika pakan yang diberikan tidak sesuai.

Gejala diare pada burung dapat dilihat dari tekstur kotorannya. Kotoran burung akan bertekstur lebih encer atau berair ketika terkena diare. Lalu bagaimana cara mengobati burung mencret tersebut?

Untuk mengatasi masalah penyakit diare pada burung, Anda perlu melakukan beberapa tindakan. Misalnya seperti membersihkan sangkar dan lingkungan tempat tinggal burung, melakukan pengobatan, karantina, dan bentuk perawatan lain. Berikut adalah cara pengobatan yang tepat yang bisa Anda lakukan jika burung mengalami mencret.

Baca Juga: Tips Memilih Vitamin Untuk Burung Kicau

Gejala Burung Mengalami DiareCara Mengobati Burung Mencret Dengan Benar

1. Tubuh Burung Lemas

Ciri ciri burung mengalami diare atau mencret bisa dengan mudah dilihat, Gejala yang terlihat biasanya kondisi tubuhnya lemas akibatnya seringnya mengeluarkan kotoran.

2. Kotoran Burung Cair atau Encer

Gejala lain saat burung mengalami mencret yaitu bisa dilihat secara visual dengan mudah, misalnya kotoran burung lebih encer atau bahkan cair.

Untuk cara mengatasi kotoran burung encer anda bisa lihat tips nya dibawah ini.

3. Burung Banyak Minum dan Tidak Gacor

Burung tidak gacor, lesu, dan sering haus. Burung akan mengalami dehidrasi tidak hanya saat diare aja. Jadi pasokan minum burung perlu selalu diperhatikan karena memang penyebab burung banyak minum adalah dehidrasi karena diare tersebut.

Faktor lain seperti terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari, cuaca ekstrim, dan suhu sekitar yang panas juga dapat menyebabkan burung dehidrasi.

Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan hal-hal kecil seperti pemberian pakan, minum, dan perawatan agar burung tidak mudah terserang penyakit.

Jika terkena penyakit diare, maka burung dapat diberikan obat atau ramuan tertentu untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi burung gangguan pencernaan dengan benar dan alami.

Cara Mengatasi Burung Gangguan Pencernaan dengan Obat

1. Memberikan Obat Tertentu

Cara utama mengatasi penyakit diare pada burung adalah dengan memberikan obat. Obat yang sering digunakan adalah obat BirdBlown dan Pedialyte. Obat Birdblown mampu mengatasi masalah pencernaan pada burung. Obat ini anti parasit, berupa bubuk yang berkhasiat menyembuhkan penyakit pencernaan pada burung yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau parasit.

Obat Pedialyte berupa larutan seperti obat oralit yang berguna untuk menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang akibat dehidrasi atau diare. Pemberian obat pedialyte dapat ditambahkan pada pakan burung dengan cara merendam pakan (biji) pada larutan pedialyte. Pakan yang menyerap larutan pedialyte sudah terbukti dapat mengembalikan stamina burung yang sebelumnya lemas akibat mencret.

2. Memberikan Obat dalam Bentuk Larutan

Obat dalam bentuk larutan juga umum digunakan. Larutan tersebut meliputi larutan glukosa dan larutan elektrolit. Cara memberikan pengobatan dengan larutan obat ini sangat mudah. Cara mengobati burung mencret dengan obat berupa larutan yaitu cukup meneteskan obat cair tersebut secara langsung ke mulut burung yang sedang mengalami mencret atau diare.

Daripada repot membeli, Anda bisa membuat sendiri obat cair berupa larutan glukosa dan larutan elektrolit tersebut. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat. Jika ingin membeli, Anda dapat mendapatkannya di kios-kios burung pada umumnya. Berikut adalah cara untuk membuat larutan glukosa dan larutan elektrolit sendiri untuk dijadikan obat burung yang terkena penyakit diare.

Kunjungi Ya ” Situs Hargaspeaker.com

Untuk membuat larutan glukosa, cukup campurkan 2 sendok teh larutan glukosa dengan 2 liter air bersih. Anda dapat meneteskannya kurang lebih sebanyak 5 tetes pada mulut burung tiap hari. Model pemberian obat cair menggunakan infus juga dapat dilakukan, namun Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya.

Sedangkan untuk membuat larutan elektrolit, cukup campurkan gula dan garam ke dalam air bersih. Larutan elektrolit dapat berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh burung yang hilang akibat diare ataupun dehidrasi. Setelah meminum obat tersebut, dijamin kondisi kesehatan burung akan memulih dan dapat aktif kembali.

Cara Mengatasi Burung Mencret dengan Alami

1. Memberikan Minuman Herbal

Ramuan herbal juga dapat dijadikan obat diare pada burung. Biasanya ramuan tersebut berupa olahan daun-daun herbal seperti teh. Adapun jenis-jenis terh tersebut adalah teh hijau, teh kamomil, teh jahe, dan teh madu. Khasiat dari ramuan teh herbal ini adalah mampu mencegah penyakit, meredakan stress, dan meningkatkan sistem imun tubuh burung.

Baca Juga ” Rekomendasi Makanan Burung Yang Sehat

Informasi mengenai penyakit diare pada burung beserta cara mengatasinya di atas sangat aman untuk Anda terapkan. Cara mengobati burung mencret atau berak cair tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, bahkan dapat dilakukan dengan membuat obat dan ramuan sendiri. Anda harus selalu memperhatikan kondisi burung, pakan burung, dan lingkungan tempat tinggal burung