Cara Membuat Suara Perkutut Besar

Cara Membuat Suara Perkutut Besar – Di kalangan pecinta burung, perkutut bersuara besar adalah perkutut dengan nilai tinggi. Alhasil para pemilik perkutut berlomba-lomba melakukan cara membuat suara perkutut besar. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan pemilik perkutut seperti berikut ini: Baca Juga: Cara Mengobati Perkutut Malas Bunyi

Cara Membuat Suara Perkutut Besar

1. Memberikan Lingkungan Hidup yang Nyaman

Salah satu faktor yang bisa membuat burung perkutut memiliki suara yang besar adalah perasaan yang nyaman dan bahagia. Hal ini tentu didukung dengan lingkungan hidup burung perkutut. Tempat tinggalnya harus nyaman agar tidak memicu stres.

Kandang burung perkutut harus memiliki dimensi yang cukup. Jangan terlalu sempit sehingga burung perkutut tidak punya ruang gerak. Selain itu, kebersihan kandang dan penggantian makanan secara rutin juga bisa mendukung.

Tidak hanya kandang, lingkungan luar juga harus diperhatikan. Jangan memelihara burung perkutut di tempat yang ramai. Beberapa gangguan seperti anak-anak dan hewan besar menjadi ancaman bagi perkutut. Jadi, letakkan di tempat yang teduh dan tidak ada gangguan.

2. Rajin Dimandikan dan Dijemur

Selain kebersihan kandang dan lingkungan hidup, kebersihan tubuh perkutut juga harus dijaga. Caranya sudah tentu dengan memandikannya secara rutin. Selain menjadikan perkutut nyaman, perkutut juga bisa memiliki bulu yang mengkilap dan cantik.

Alasan dibalik ini adalah kebersihan yang terjaga bisa menaikkan mood burung perkutut. Jika burung perkutut merasa kotor moodnya akan menjadi burung. Burung perkutut akan menjadi lesu yang tentunya akan membuatnya tidak ingin bersuara.

Baca Juga  5 Jenis Burung Perkutut Pembawa Rejeki Bagi Pemiliknya

Kemudian, jangan lupa untuk menjemurnya setelah mandi. Hal ini dikarenakan burung perkutut menjadi spesies yang suka dengan sinar matahari. Berjemur 1 hingga 2 jam sehari bisa meningkatkan kebahagiaan perkutut.

3. Memilih Makanan dengan Kualitas Baik

Makanan utama perkutut adalah biji-bijian yang mudah dicerna seperti jewawut, ilet, ketan, dan kacang hijau. Namun tidak semua biji-bijian bisa langsung diberikan. Seperti kacang hijau, sebaiknya haluskan terlebih dahulu.

Selain biji-bijian, perkutut bisa diberi makanan tambahan berupa sayuran atau buah-buahan. Dengan begitu perkutut akan mendapatkan nutrisi tambahan untuk. Nutrisi yang lengkap bisa mendorong kesehatan dan kebahagiaan burung perkutut.

Namun satu yang harus diingat, makanan yang diberikan juga harus makanan dengan kualitas tinggi. Jangan mengejar harga murah dan mengesampingkan kualitas. Nantinya, dengan pakan yang berkualitas tinggi juga meningkatkan suara perkutut.

4. Memberikan Vitamin dan Jamu

Selain makanan yang berkualitas dan bergizi lengkap, perlu tambahan nutrisi daun untuk stamina burung perkutut. Burung perkutut yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan mudah terserang penyakit sehingga burung terlihat sangat lesu dan tak mau berkicau.

untuk itu, memberi vitamin disamping makanan juga dibutuhkan. Vitaminnya bisa bermacam-macam. Yang paling umum diberikan adalah vitamin yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung.

Untuk mendampingi vitamin, pemberian jamu juga bisa dilakukan. Jenis jamu yang paling sering diberikan adalah jamu untuk daya tahan tubuh. Namun, jamu khusus untuk suara burung juga bisa digunakan

5. Memberi Stimulasi Suara

Terakhir, cara membuat suara perkutut besar adalah dengan memancingnya untuk bersuara. Burung perkutut tentu akan bersuara dengan sendirinya. Namun jika ada suara yang lebih besar, burung perkutut akan merasa tersaingi sehingga suaranya lebih keras.

Baca Juga  Ini Ciri Ciri Perkutut Katuranggan! KungMania Wajib Tau

Jika pemilik burung perkutut memiliki banyak burung dalam satu tempat, satu burung dengan burung lainnya bisa saling menstimulasi. Semakin ramai maka setiap burung akan bersuara lebih keras.

Alternatif lain adalah menggunakan suara buatan seperti suara mulut, peluit, atau bahkan rekaman suara. Bunyikan suara-suara tersebut di sekitar burung perkutut. Dengan begitu burung perkutut akan mencoba membuat suara yang lebih kuat.

Itulah sekian pembahasan tentang cara membuat suara perkutut besar. Caranya cukup mudah dan cukup dilakukan saja di perawatannrutin burung perkutur. Tak perlu perawatan yang sulit apalagi biaya yang besar, bukan?

 

Tinggalkan komentar